Bimtek ditutup, Kwarnas : Kwarcab Siak satu-satunya di Indonesia yang telah melaksanakan program Gudep ramah lingkungan

Tidak ada komentar
Bupati Siak Alfedri didampingi Sekretaris Komisi Abdimas Kwarnas Irawan Laliasa menyerahkan piagam penghargaan kepada perwakilan peserta dari Kwarda Sumatera Utara Kak Bambang pada penutupan Bimtek Gudep Ramah Lingkungan, Selasa, 26/10/2021



Kwardariau.or.id, Siak Sriindrapura – Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Gugusdepan (Gudep) Ramah Lingkungan yang diikuti 48 orang peserta utusan Kwarda se-Sumatera, Kwarcab se-Riau dan Kwarran se-Kabupaten Siak resmi ditutup Selasa malam, 26/10/2021 oleh Sekretaris Komisi Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Irawan Laliasa bertempat di Balairung Datuk Empat Suku kediaman Bupati Siak.

 

“Selama dua hari dua malam mulai Minggu 24 Oktober hingga Selasa 26 Oktober malam ini, kami 48 peserta dengan tekad dan semangat untuk mengikuti kegiatan Bimtek Gudep Ramah Lingkungan” kata Joni dari Kwarda Lampung mewakili kesan dan peserta Bimtek.

 

“terimakasih atas semua ilmu dan motivasi yang Kakak berikan, Insya Allah kami bukan saja menyadari betapa pentingnya arti melestarikan lingkungan tetapi kami akan berkomitmen untuk melaksanakan pelestarian lingkungan hidup ini mulai dari diri pribadi kami dan akan kami tularkan ke keluarga kami, anak-anak kami serta peserta didik kami agar Indonesia sebagai rumah besar kita menjadi lebih baik tetap asri dan lestari dengan berbagai keanekaragaman hayati” tambahnya.

 

Sekretaris Komisi Pengabdian Masyarakat Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Irawan Laliasa menyerahkan piagam penghargaan kepada Kak Liza perwakilan peserta Bimtek dari Kwarda Jambi pada penutupan Bimtek Gudep Ramah Lingkungan Regional Sumatera, pada Selasa malam, 26/10/2021 di Balairung Datuk empat Suka kediaman Bupati Siak.

“selama kurang lebih 9 sampai dengan 10 jam, para peserta yang sudah tidak muda lagi, berjibaku dengan materi yang disampaikan oleh para narasumber yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing” ujarnya.

 

“namun, materi bahasan yang begitu menguras tenaga, waktu dan pikiran ini menjadi terasa begitu indah, menyenangkan dan Insya Allah dapat terserap dengan baik dan efeketif berkat kepiawaian Narasumber yang handal dan peserta Bimtek yang haus ilmu dan selalu berkeinginan mengubah dunia sekitarnya agar menjadi lebih indah” jelasnya.

 

“dua hari telah kita lalui, banyak hal tentunya yang telah disampaikan oleh Narasumber, Insya Allah kami semua dapat mengambil idrah yang Insya Allah juga akan jadikan oleh-oleh dan pada akhirnya akan kami laksanakan di Kwartir Daerah, Kwartir Cabang dan Gugusdepan kami masing-masing” tambahnya.

 

Kesan dan pesan peserta oleh Kak Joni dari Kwarda Lampung pada penutupan Bimtek Gudep Ramah Lingkungan Regional Sumatera

Ketua Narasumber Sonny Prima Sanjaya dalam laporannya menyampaikan “dengan melihat antusias peserta, bagaimana mereka mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat, maka dapat kami sampaikan bahwa seluruh peserta dinyatakan lulus”.

 

“kemudian, kami mewakili Kwarnas Gerakan Pramuka mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Kwartir Cabang Siak dan Kwartir Daerah Riau yang telah berkenan dengan penuh hangat menerima kedatangan kami” tambahnya.

 

“terimakasih atas partisipasi pada kegiatan ini, titip salam kami dari Kwarnas kepada Ketua Kwartir Daerah Kakak-kakak, sekali lagi kami ucapkan terimakasih atas support yang diberikan kepada kami dan demi terlaksananya kegiatan ini” ujarnya.

 

Laporan Ketua Narasumber Kak Sonny Prima Sanjaya pada penutupan Bimtek Gudep Ramah Lingkungan Regional Sumatera


“dan kami mohon ma’af atas segala kekurangan yang ada dan semoga kita dapat berjumpa kembali dalam kegiatan lain yang terkait dengan pelesetarian lingkungan hidup” tambahnya.

 

Sementara Bupati Siak Alfedri dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan visi dan misi dengan Siak Hijau, sudah ada Perbup tahun 2018 dan ditingkatkan menjadi Peraturan Daerah Siak Kabupaten Hijau.

 

“ini sangat sinergi antara program Siak Kabupaten Hijau dengan program Gudep ramah lingkungan, dan kawan-kawan dari daerah telah melihat Gudep ramah lingkungan di Kecamatan Bungaraya, Sungai Apit dan Siak” katanya.

 

Sambutan Sekretaris Komisi Abdimas Kwarnas Kak Irawan Laliasa sekaligus menutup acara Bimtek secara resmi

“mohon juga pembinaan-pembinaan dari Kwarnas dalam pengembangan Gudep ramah lingkungan dan sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada Kwarnas yang telah menunjuk Kabupaten Siak sebagai tuan rumah pelaksanaan Gudep ramah lingkungan dan diberkahi oleh Allah SWT. Aamiin.” tambahnya. 

 

Sekretaris komisi pengabdian masyarakat Kwarnas Irawan Laliasa mengatakan bahwa “di seluruh Kwarda, mohon ma’af itu (pelaksanaan Gudep ramah lingkungan) yang langsung berjalan hanya ada di Kwarda Riau dan ini berada di Kabupaten Siak” katanya.

 

“jangan dipertahankan ini tapi harus ditingkatkan sekalipun ini sulit” tambahnya.

 

“kami melihat secara langsung, luar biasa bukan hanya cerita adminsitratif, bukan hanya informasi administrasi tetapi informasi lapangan, satu-satunya di Indonesia yang melaksanakan secara utuh Gudep ramah lingkungan hanya ada di Kwarda Riau dan terutama di Kwarcab Siak” jelasnya.

 

Suasana penutupan Bimtek

“Kakak-kakak peserta harus optimis, apapun orang berbicara Gudep ramah lingkungan berangkat dari regional Sumatera, berangkat dari Riau dan berangkat dari sini” ujarnya.

 

“kepada Kakak-kakak yang telah mengikuti Bimtek ini, jangan terlena berhenti sampai disini dan kita akan melaksanakan kegiatan Bimtek di regional lainnya” tambahnya.

 

Irawan Laliasa yang juga Ketua Kwarda Sulawesi Tenggara sangat terkesan dengan apa yang sudah dilaksanakan oleh Kwarcab Siak karena beliau menemukan dari sisi pengorganisasiaan, dari sisi partisipatif dari bawah sampai keatas di jakaran Kwartir dan Majelis Pembimbing sudah berjalan di Siak dan menyampaikan jika ada waktu dan kemampuan akan membawa Kwarcab yang ada di Sulawesi Tenggara studi banding ke Siak.

 

“terimakasih kami ucapkan kepada Bupati selaku Kamabicab, Kwarda, Kwarcab Siak dan peserta bimtek atas terlaksananya kegiatan Bimtek ini berkat kerjasama” katanya.

 

Foto bersama setelah penyerahan Piagam penghargaan kepada perwakilan peserta

“dengan ucapan Alhamdulillahirabbil’alamiin, Bimtek Gudep ramah lingkungan di Kabupaten Siak ini saya nyatakan ditutup dengan resmi” ucapnya.

 

Acara penutupan ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan kepada perwakilan peserta.

 

Hadir saat penutupan, Andalan Kwarnas Bayu Tresna, Sonny Sanjaya, Bupati Siak Alfedri, Wakil Ketua Kwarda Riau Joko Pujiono, Sekretaris Kwarda Indra Irianto, Ketua Harian Kwarcab Siak Jamaluddin, Sekretaris Kwarcab Mahadar dan undangan lainnya. 



Penulis     : Kak Irwan Yuliadi

Editor : Kak Abbas Abdurrahman

Tidak ada komentar

Posting Komentar