Kelola Aplikasi Simuka, Kwarda Riau latih admin dan operator se-Daerah Riau

Tidak ada komentar
Ketua Kwarda Riau Kak HM Azaly Djohan memasang tanda peserta kepada perwakilan peserta Kak Darmansyah pada pembukaan pelatihan aplikasi Simuka, Jum'at, 26/11/2021 di hotel Winstar Pekanbaru


Kwardariau.or.id, Pekanbaru – Seiring dengan telah dilaunchingnya aplikasi sistem informasi manajemen Pramuka (SIMUKA), Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau menggelar pelatihan aplikasi Simuka bagi admin dan operator se-Daerah Riau yang dilaksanakan pada tanggal 26 s.d 28 November 2021 bertempat di Hotel Winstar Pekanbaru. 

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Riau HM Azaly Djohan dalam sambutannya pada pembukaan pelatihan Jum’at (26/11/2021) menyampaikan harapannya agar peserta yang mengikuti pelatihan aplikasi Simuka dapat memanfaatkan betul aplikasi ini agar seluruh anggota Pramuka semakin mudah mendapat informasi atau kegiatan-kegiatan lainnya melalui aplikasi ini.





“Melalui pelatihan ini juga, kami mengharapkan sumbang saran agar aplikasi ini dapat berjalan dengan baik dan lancar dan dengan harapan menjadi lebih sempurna” kata Azaly Djohan.

“Untuk diketahui bahwa mungkin saat ini, Kwarda Riau adalah satu-satunya yang memanfaatkan aplikasi ini untuk memudahkan setiap anggota Pramuka melakukan aktifitas atau kegiatan Pramuka. Dengan demikian kegiatan-kegiatan Kepramukaan di daerah kakak dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga Gerakan Pramuka terus mendapat citra positif ditengah-tengah masyarakat sebagai tempatnya kaum muda yang suka berkarya” tambahnya.





Kepala Pusat Informasi dan Protokol Kwarda Riau Jeffri Hunter menyampaikan Kwarda Riau perlu mengembangkan dan mengimplementasikan sistem informasi manajemen dengan menggunakan teknologi informasi melalui Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pramuka (SIMUKA).

“Tujuannya yang pertama adalah menyediakan informasi yang berguna dalam menganalisis data dan pengambilan keputusan bagi Kwartir dan gugus depan, kedua memudahkan pekerjaan dan pengelolaan data di tingkat Kawrtir dan gugus depan” kata Jeffri.




“Kemudian menyediakan informasi yang akurat berkenaan peserta didik, anggota dewasa, portofolio dari setiap anggota dan informasi kwartir dan gugus depan yang menjadi target pengembangan Gerakan Pramuka di Kwarda Riau” tambahnya.

“Dan menyediakan layanan yang dapat digunakan sebagai media pengendali, perencana, evaluasi dan sebagai sarana perbaikan yang berkelanjutan” ujarnya.

Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan M. Setiagam dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya pelatihan ini adalah agar admin dan operator yang ditugaskan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) dapat memahami dan menjalankan aplikasi Simuka dengan baik serta meningkatnya kemampuan peserta dalam bidang teknologi informasi.

“Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pramuka (SIMUKA) Kwartir Daerah Riau dilaksanakan pada tanggal 26 s.d 28 November 2021 bertempat di Hotel Winstar Pekanbaru” kata Agam.

“Peserta pelatihan adalah utusan Kwarcab se-Daerah Riau, masing-masing Kwarcab mengirimkan dua orang terdiri dari 1 orang Andalan/Staf Kwarcab sebagai admin dan 1 orang perwakilan dari Kwartir Ranting sebagai operator” tambahnya.

“Narasumber pelatihan merupakan Pengurus Pusat Informasi dan Protokol Kwarda Riau dengan materi tentang kebijakan pendataan Kwarda Riau, desain pengembangan Simuka, skenario pelatihan, penjelasan aplikasi SIMUKA, modul individu anggota dewasa, modul individu anggota muda/peserta didik, modul Kwarcab, modul Kwartir Ranting, modul Gugus Depan, Keluaran (KTA, THB, THL dan Rekap), diskusi Minor Update, mekanisme koordinasi admin Kwartir dan Gudep” jelasnya.

Hadir saat pembukaan pelatihan, Anggota Mabida Harian Prof. Soewardi MS, Amrin Am, Wakil Ketua Kwarda bidang organisasi dan hukum H. Kasiarudin, Kepala Pusdiklatda Riau H. Sarifuddin, Andalan Kwarda Aprizal, dan undangan lainnya.

Penulis : Kak Irwan Yuliadi 

Tidak ada komentar

Posting Komentar