Wisata Jamda 2021, Keliling Museum Lihat Uang Kuno

Tidak ada komentar
Pemandu Wisata, Kak Rizki Armando tengah memberi arahan kepada peserta Karya Wisata Jamda Riau 2021 sebelum memasuki Museum Sang Nila Utama, Ahad (19/12/2021). Foto : Andri Fikos


Kwardariau.or.id, Pekanbaru - Kegiatan Karya Wisata Jambore Daerah Riau 2021yang digelar sejak Sabtu (18/12/2020) bertepatan dengan pameran yang kuno yang digelar Museum Sang Nila Utama. Hal inipun dimanfaatkan para peserta Jamda Riau 2021 untuk melihat langsung alat tukar zaman kolonial yang berusia lebih dari 100 tahun lalu.

Di tempat yang sama, para peserta juga berkesempatan berkeliling museum untuk melihat koleksi-koleksi barang kuno dan langka lainnya. Begitu juga kebudayaan di zaman dahulu.

Menurut salah satu pemandu wisata, Kak Rizki Armando kepada Kwardariau.or.id, kegiatan karya wisata dibagi dalam beberapa sesi. Setiap seisinya diikuti oleh peserta yang berbeda sesuai dengan nomor urutnya.

"Namun setiap berkunjung ke museum mereka selalu antusias. Pasalnya banyak peninggalan zaman dahulu yang memang yang pertama kali mereka lihat ketika berkunjung ke museum," ungkap Kak Rizki yang juga Andalan Cabang Kota Pekanbaru tersebut.

Disamping mengunjungi Museum Sang Nila Utama yang beralamat di Jalan Jendral Sudirman tersebut, para peserta juga diajak untuk melihat objek wisata yang ada di Kampung Bandar meliputi Masjid Raya Senapan, Makam Marhum Pekan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah, rumah tenun hingga rumah jadi.

"Rumah kadi ini merupakan tempat persinggahan Sultan Siak jika sedang berkunjung ke Senapelan. Adik-adik juga dipandu oleh Pokdarwis Kampung Bandar saat tiba disana," papar Kak Rizki.

Penulis: Kak Lukman Prayitno

Tidak ada komentar

Posting Komentar