Target Hidupkan Gudep dan Saka Dirgantara TNI AU, Pinsaka Dirgantara Nasional Gelar KML

Tidak ada komentar
Pinsaka Dirgantara Nasional memberikan arahan kepada peserta KML di Pusdirga Komplek Buperta Cibubur 24/03/2022

Kwardariau.or.id - Jakarta, Pimpinan Saka (Pinsaka) Dirgantara tingkat nasional menggelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML). Kegiatan yang digelar sejak tanggal 20 hingga 27 Maret 2022 yang dihelat bekerja sama dengan dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka tingkat Nasional (Pusdiklatnas) dilaksanakan di Pusat Dirgantara Cibubur, Jakarta.

Kegiatan KML diikuti oleh 23 peserta yang berasal dari Saka Dirgantara seluruh Indonesia dengan melibatkan tim pelatih yang berasal dari Pusat Pendidikan Pramuka Nasional. Saka Dirgantara Lanud Roesmin Nurjadin mengirimkan kak febriko sebagai peserta.

Foto bersama Pinsaka Dirgantara Nasional dengan Peserta KML dari Saka Dirgantara Lanud Roesmin Nurjadin.

Pimpinan Saka Dirgantara Nasional  
Marsekal Pertama Fajar Aridianto yang akrab di panggil kak Fajar berpesan kepada peserta agar selalu semangat dalam membina peserta didik di satuan masing-masing. Menurutnya kegiatan KML di Cibubur tersebut dilaksanakan karena adanya pamong yang belum mengikuti kursus pembina.

"Kita akan latih pembina agar mengerti tentang pembinaan pramuka guna memperkuat Saka Dirgantara di daerah. Beberapa waktu yang lalu  kita juga telah mengadakan hal yang serupa berupa Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD). Selanjutnya kita akan mengadakan Pelatihan Pamong Saka dan Pelatihan Instruktur Saka," terang kak Fajar. 


Hal senada disampaikan oleh Kasubdit Saka Dirgantara Letkol Rizal, dikatakannya kegiatan ini diperuntukkan bagi pembina yang sudah melaksanakan KMD. Ini merupakan agenda rutin Saka Dirgantara  Nasional dengan melibatkan peserta berbagai daerah di seluruh Indonesia,  kegiatan ini adalah sarana mendidik pembina untuk memimpin Gugusdepan (Gudep) didaerah masing masing.

"Semoga ilmu didapatkan  para pembina bisa lebih meningkat ketahap yang lebih tinggi yaitu dengan mengikuti KPD dan KPL. Sehingga ada regenerasi untuk  mengantikan para pembina dan pelatih  yang sudah sepuh agar ilmu dari beliau tidak terputus begitu saja. Dan kami juga menyampaikan  kepada pembina pembina di saka dirgantara didaerah  jangan  khawatir dan  merasa tidak diperhatikan, kami  tetap akan undang menjadi peserta di kegiatan selanjutnya dengan persyaratan yang berlaku," ungkap kak Rizal.

Pimpinan Kursus kak M. Iqbal dari Pusdiklatnas menyampaikan bahwa kegiatan yang di laksanakan oleh Pimsaka Dirgantara Nasional tidak hanya untuk kepentingan Saka Dirgantara semata. Tetapi lebih diarahkan bagaimana membina satuan di Lanud, komplek perumahan TNI AU agar mampu menghidupkan kembali Gudep di tempat mereka dan ini adalah target sebenarnya dari kegiatan ini.

"Salah satu tujuan dari Pendidikan Pramuka adalah pembentukan  karakter peserta didik (Anggota Pramuka) yang berada di Gudep makanya kami  menyambut baik kegiatan ini. Karena target utama kegiatan bukan sekedar membangun Saka Dirgantara saja tapi lebih jauh bagaimana menghidupkan kembali gudep diperumahan TNI AU maupun Lanud seluruh Indonesia. Kalau ini bisa terjadi artinya gudep teritorial bisa berkembang  seperti tahun 70-an dan pendidikan karakter benar-benar kita laksanakan sejak dini di lingkungan tempat tinggal mereka," papar kak Iqbal.

Penulis : Kak Febriko 
Editor :  Kak Lukman Prayitno

Tidak ada komentar

Posting Komentar