Kwarda Riau selenggarakan Semarak Ramadhan IV di Rokan Hulu

Tidak ada komentar
Ketua Kwarda Riau Kak H. Kasiarudin memasang tanda peserta Semarak Ramadhan IV di Desa Babussalam Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu pada Jum'at, 22/4/2022


Kwardariau.or.id ,Pasir Pengaraian– Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau melalui Dewan Kerja Daerah (DKD) melaksanakan Semarak Ramadhan IV pada tanggal 21 s.d 24 April 2022 dimana tahun ini dipusatkan di Desa Babussalam Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu.

Semarak Ramadhan IV dibuka oleh Gubernur Riau diwakili oleh Asisten I Kak Masrul Kasmy. Turut hadir, Ketua Kwarda Riau Kak H. Kasiarudin, Wakil Ketua Kwarda Riau bidang pembinaan anggota muda Kak Jon Haril, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau Kak Boby Rachmat, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Rokan Hulu Kak H. Ibnu Ulya bersama Pengurus, Kepala Desa Babussalam, Pengurus DKD Riau dan undangan lainnya.

Asisten I yang juga Ketua Harian Mabida Riau Kak Masrul Kasmy menyampaikan apresiasi dan bangga atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwarda Riau bersama Kwarcab Rokan Hulu seperti kegiatan sosial, penyerahan bantuan, perlombaan dan penanaman kurma.

Ketua Kwarda Riau Kak H. Kasiarudin menerima bibit kurma dan pinang dari Kepala Desa Babussalam Kak Basron pada pembukaan Semarak Ramadhan IV di Desa Babussalam Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Jum'at, 22/4/2022



“Hari ini dari Kwarda Riau membawa barokah, kami mohon kepada Bapak/Ibu yang mendapatkan bantuan ini tolong do’akan sehingga Corona cepat selesai, sehingga negeri kita berkah” kata Kak Masrul. 

“mari kita do’akan agar Kakak-kakak di Gerakan Pramuka diberikan kekuatan oleh Allah SWT untuk menolong sesama, mari kita bersama-sama dalam ketakwaan kepada Allah SWT apalagi di bulan Ramadhan ini, bulan suci bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh hikmat dan do’a-do’a kita dikabulkan oleh Allah SWT” tambahnya.

Ketua Kwarda Riau menyampaikan kegiatan ini telah diprogramkan oleh DKD Riau dan telah disepakati pada Rapat Kerja dan ini merupakan proses pendewasaan, proses belajar baik para Penegak dan Penggalang, proses pembentukan karakter sesuai dengan tri bakti, bina diri, bina satuan dan bina masyarakat.

“Alhamdulillah kegiatan ini sudah terikut tri bina, yang paling penting dalam pembentukan karakter adalah terus berbuat untuk masyarakat, apalagi di dalam bulan Ramadhan, bulan penuh berkah dan rahmat, mudah-mudahan kita dilindungi oleh Allah SWT” kata Kak Ilal sapaan akrab Kak Kasiarudin.

Ketua Kwarda Riau Kak H. Kasiarudin menyerahkan paket sembako kepada warga Desa Babussalam pada pembukaan Semarak Ramadhan IV di Desa Babussalam Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Jum'at, 22/4/2022



“dan ini perlu dikembangkan, dan masyarakat lebih mengetahui tentang Pramuka, yang dikenal selama ini hanya berkemah dan api unggun saja dan itu hanya sebagian kecil daripada cara-cara Pramuka membangun membina diri satuan” tambahnya. 

Beliau menambahkan kegiatan semarak Ramadhan dilaksanakan secara rutin setiap bulan Ramadhan dengan Kwartir Cabang yang berbeda. Kegiatan ini merupakan wujud pengamalan Dasadarma dan Trisatya Pramuka dan diharapkan dapat membantu sesama, saling silaturrahmi sehingga mendapatkan ganjaran pahala di bulan yang penuh berkah.

“saya selaku Ketua Kwarda Riau mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah setempat, tokoh masyarakat, pengurus masjid dan mushola, tokoh pemuda yang banyak membantu adik-adik kami dalam melaksanakan kegiatan Semarak Ramadhan IV ini” ucap beliau.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau Boby Rachmat menyerahkan paket sembako kepada warga Desa Babussalam pada pembukaan Semarak Ramadhan IV Kwarda Riau di Desa Babussalam Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Jum'at, 22/4/2022



“dan juga kepada para donatur yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu, semoga amal bakti saudara-saudara dibalas oleh Allah SWT” tambahnya.
Sementara Ketua Kwarcab Rokan Hulu Kak Ibnu Ulya menyampaikan 4 pesan kepada peserta Semarak Ramadhan 1443 H, pertama Gerakan Pramuka memiliki banyak kegiatan yang bermanfaat apalagi saat ini kegiatan kepramukaan telah disesuaikan dengan kemajuan zaman, Insya Allah melalui Gerakan Pramuka kalian bisa menimba ilmu dan keterampilan yang lebih banyak disamping memperoleh pendidikan di sekolah, kedua, tanamkan kebanggaan kepada anak-anak Indonesia, giatlah belajar dengan tekun dan rajin, tingkatkan ketaatan beribadah terutama pada bulan Ramadhan yang penuh berkah ini disertai aktifitas membaca Al Qur’an, tadarus di mesjid, hormati orang tua dan guru-guru, eratkan persahabatan dan keakraban dengan rekan-rekan kalian. 

Ketiga, jadilah remaja yang aktif, kreatif, energik, jauhi kegiatan yang tidak bermanfaat, yang merusak masa depan, ajak rekan-rekan kalian untuk mengisi kegiatan waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat yang dapat dijadikan bekal ketika dewasa kelak. Keempat, persiapkan diri untuk semua dengan baik untuk melanjutkan kepemimpinan negeri ini di masa-masa yang akan datang. 

Ketua Kwarcab Rokan Hulu Kak Ibnu Ulya menyerahkan paket sembako kepada warga Desa Babussalam pada pembukaan Semarak Ramadhan IV Kwarda Riau di Desa Babussalam Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Jum'at, 22/4/2022



Kepala Desa (kades) Babussalam Kak Basron menyambut baik diadakannya kegiatan semarak Ramadhan tahun ini di Desa Babussalam dan saat ini Desa Babussalam sedang menggalakkan penanaman kurma dan Kades memberikan bibit pohon kurma dan pohon pinang untuk ditanam oleh peserta Semarak di Desa Babussalam.

“Desa Babusaalam menggalakkan kurma, dan Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan anak-anak kita ini ada kenanganan, maka kami hibahkan 15 pokok kurma dan bidara untuk ditanam” kata Kak Basron.

“Kami mengucapkan terimakasih dengan adanya kegiatan ini yang dipusatkan di Desa Babussaalam” tambahnya.

Ketua Harian Mabida Kak Masrul Kasmy menyerahkan paket sembako kepada warga Desa Babussalam pada pembukaan Semarak Ramadhan IV Kwarda Riau di Desa Babussalam Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Jum'at, 22/4/2022



Ketua Panitia Semarak Ramadhan IV Raka Teguh Pratama melaporkan tema kegiatan adalah mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa dengan selogan berbakti untuk kebahagiaan yang disingkat dengan Berkah.

“terdapat 3 kegiatan besar yang dilaksanakan pada Semarak Ramadhan IV yakni kegiatan berbagi, berbakti, dan berprestasi”kata Raka.

"Berbagi ialah memberikan santunan, paket sembako kepada anak yatim, kaum du'afa dan orang miskin, kemudian berbakti ialah memperbaiki kamar mandi, plafon, lemari Musholla As Salam, mengecat Musholla MI Darussalam, mengecat turab dan penanaman bibit pohon kurma dan pinang dan berprestasi melaksanakan kegiatan lomba azan, hafalan pendek ayat suci Al-qur'an, lomba rangking 1, lomba bercerita kisah nabi, lomba kaligrafi, dan lomba menggambar dengan tema kegiatan se Desa Babussalam” jelasnya".

“peserta semarak Ramadhan IV dibagi dalam dua kelompok, yakni kelompok bakti dan kelompok prestasi. Untuk kelompok bakti diikuti oleh utusan Dewan Kerja Cabang Rokan Hulu, Kampar, Bengkalis, Kota Pekanbaru, Siak dan Rokan Hilir sedangkan untuk kelompok prestasi diikuti 11 SD/sederajat se Kecamatan Rambah dengan total peserta sebanyak 62 orang” tambahnya.

Penulis : Kak Irwan Yuliadi



Tidak ada komentar

Posting Komentar