Kwarda Gerakan Pramuka Riau gelar Rapat Kerja Daerah Tahun 2022

Tidak ada komentar
Ketua Kwarda Riau Kak H. Kasiarudin memberikan piagam penghargaan kepada Bupati Rokan Hilir Kak Afrizal Sintong sebagai tuan rumah Rakerda Gerakan Pramuka Riau tahun 2022



Kwardariau.or.id, Bagansiapiapi – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau gelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tanggal 27 s.d 29 Mei 2022 bertempat di Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir. 

Ketua Kwarda Riau Kak H. Kasiarudin, SH menyampaikan bahwa pelaksanaan Rakerda tahun 2022 merupakan Rakerda yang pertama pasca Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Gerakan Pramuka Riau tanggal 20-21 Maret lalu.

“Tahun 2022 adalah tahun kerja ketiga masa bakti Kwarda Riau 2019-2024, tentunya telah banyak program-program yang dilaksanakan dan dijalankan oleh Pengurus Kwarda Riau dengan segala kemampuan dan kendala yang dihadapi oleh Pengurus, terutama masalah situasi dan kondisi menghadapi pandemi Covid-19” katanya.

Foto bersama setelah pemasangan tanda peserta Rakerda



“ada 4 tujuan dilaksanakannya Rakerda ini, pertama, untuk menerima masukan, saran dan evaluasi terhadap program kerja 2022 yang tengah dijalankan, kedua, diharapkan penyusunan program kerja 2023 sejalan dan searah dengan program Kwarcab se-Daerah Riau” jelas Ka Kwarda.

“selanjutnya yang ketiga adalah menyampaikan informasi hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2022, dimana tahun ini kita mengikuti kegiatan Jambore Nasional, Kemah Bela Negara tingkat Nasional, Peran Saka Nasional dan tentunya membutuhkan persiapan dan dana yang cukup besar” tambahnya.

Ketua Kwarda Riau Kak H. Kasiarudin didampingi Ketua Mabicab Rokan Hilir Kak Afrizal Sintong memasang tanda peserta Rakerda 2022 kepada perwakilan peserta utusan Kwarcab Rokan Hulu Kak Ade Hakespa dan Kota Pekanbaru Kak Desrir Miftah pada pembukaan Rakerda, Jum'at, 27/5/2022 malam di Gedung Misran Rais Bagansiapiapi



“terakhir, diharapkan adanya sinkronisasi antara program kerja Kwarnas dengan program kerja Kwarda serta jajaran di bawahnya baik Kwarcab, Kwarran, Gudep maupun Satuan Karya Pramuka” ucapnya.

Untuk itu, melalui Rakerda ini Ketua Kwarda mengajak peserta Rakerda untuk membuat program-program yang baik dan bermutu untuk kepentingan generasi muda dan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pasca pandemi Covid-19.

Beliau mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Riau yang telah banyak membantu program Kwarda Riau dalam upaya membina dan mengembangkan kegiatan kepramukaan di Provinsi Riau.

Sambutan Ketua Kwarda Riau pada pembukaan Rakerda Gerakan Pramuka Riau tahun 2022



Selain itu, beliau mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Rokan Hilir dan jajaran, Kwarcab Rokan Hilir sebagai tuan rumah Rakerda dalam membantu terselenggaranya kegiatan Rakerda dengan baik dan sukses.

Ka Kwarda bertekad untuk mengoptimalkan program-program yang telah ditetapkan untuk tahun 2023 dan berkomunikasi secara intens dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau. 

Sementara itu, Bupati Rokan Hilir Kak Afrizal Sintong mengajak para Andalan di Kwartir dan Pembina Pramuka di Gugusdepan untuk bekerjasama dan berkolaborasi dalam membina peserta didik sehingga keberadaan Gerakan Pramuka dirasakan di dalam kehidupan nyata oleh anggota Pramuka itu sendiri, lingkungan keluarga dan masyarakat.




Beliau juga mengungkapkan bahwa mulai tahun ajaran baru bulan Juli 2022, sebahagian sekolah sudah mulai menerapkan kurikulum merdeka belajar sebagai perubahan kurikulum 2013, perubahan esensial dari kurikulum merdeka belajar adalah profil pelajar Pancasila.
“untuk mewujudkan kegiatan-kegiatan pembiasaan yang dilakukan di sekolah, disinilah peran strategis organisasi Gerakan Pramuka untuk menciptakan kegiatan yang menarik, menantang, menyenangkan sesuai dengan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan sehingga keberadaannya dirasakan sebagai satu-satunya ekstrakurikuler wajib di sekolah menjadi penting dan bernilai strategis” kata Kamabicab Rokan Hilir.

“melalui Rakerda ini, mari para Pembina Pramuka yang berada di garis depan menjadi sahabat, teman bagi adik-adik atau peserta didik untuk mengatasi persoalan peserta didik dalam rangka mempersiapkan diri menuju masa depan yang lebih baik, menjadi penerus bangsa yang memiliki daya saing secara global melalui peningkatan keterampilan ilmu pengetahuan, ketangkasan, disiplin yang kuat, fisik dan mental tentunya menjadi generasi yang tangguh di masa kini dan masa yang akan datang” ajak Bupati.  

Ketua Panitia Kak Muhammad Ridwan dalam laporannya menyampaikan bahwa Rakerda diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri dari Pimpinan Kwarda, Anggota Mabida Harian, Ketua LPK, Kepala Pusdiklat, Kepala Puslitbang, Kepala Pusinfo dan Protokol, Ketua Satgas Pramuka Peduli, Ketua DKD Riau dan 3 (tiga) orang utusan Kwarcab se-Daerah Riau.

Acara Rakerda terdiri dari paparan Kadispora Provinsi Riau, paparan program kerja Kwarda tahun 2022, paparan rencana program kerja tahun 2023, laporan pelaksanaan program kerja Kwarcab se-Daerah Riau, penyampaian hasil Sidang Paripurna Daerah Riau tahun 2022, pembahasan rencana program kerja 2023 melalui rapat komisi, penyampaian hasil rapat komisi, pembentukan tim perumus dan penyampaian hasil rapat tim perumus pada penutupan Rakerda Riau 2022. 

Penulis : Kak Irwan Yuliadi 


Tidak ada komentar

Posting Komentar