Gubri Irup Peringatan Hari Pramuka ke-61: Mengabdi Tanpa Batas, Membangun Ketangguhan Bangsa

Tidak ada komentar
Gubernur Riau Kak Syamsuar menyematkan tanda penghargaan Gerakan Pramuka berupa Lencana Darma Bakti kepada salah satu penerima Tanda Penghargaan Kak Syahrial Abdi pada Peringatan Hari Pramuka ke-61 Tingkat Kwarda Riau, Kamis, 18/8/2022 di halaman Balai Pauh Janggi Gedung Daerah Riau



Kwarda.or.id, Pekanbaru - Gubernur Riau (Gubri) yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau, H Syamsuar bertindak sebagai inspektur upacara besar peringatan Hari Pramuka ke-61, Kamis (18/8/2022) di lapangan upacara Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru. Kegiatan ini mengusung tema Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa.

Pada momentum peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun 2022, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar berharap Pramuka semakin jaya kedepannya serta terus mewujudkan budaya tolong menolong dalam semangat persaudaraan.



Menurutnya, bentuk mewujudkan budaya tolong menolong ini juga telah sesuai berdasarkan tema Hari Pramuka ke-61 ini yaitu "Mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa". Tema ini menunjukkan untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang.

Selanjutnya, ia menerangkan, dalam suasana pandemi COVID 19 yang saat ini masih melanda, gerakan Pramuka telah melakukan banyak hal dalam membantu mengatasi dan menanggulangi Pandemi COVID 19 tersebut.




"Saya berharap agar kegiatan ini terus dilaksanakan sehingga Pandemi COVID 19 segera melandai dan kita bisa lebih leluasa mengadakan berbagai kegiatan kepramukaan," ujar gubernur membacakan amanah Ketua Kwartir Nasional, Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso.

Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih atas peran serta semua yang terlibat dalam membantu menanggulangi pandemi COVID 19, antara lain melalui kegiatan gerakan kedisiplinan nasional dengan mematuhi protokol kesehatan dan mengajak sebanyak mungkin orang untuk juga patuh pada protokol kesehatan.

"Serta kegiatan gerakan kepedulian nasional dengan menunjukkan sikap empati dan simpati siap menolong mereka yang terdampak karena Pandemi COVID-19," lanjutnya.




Gubri Syamsuar mengungkapkan, sikap seorang Pramuka sejati yang siap menolong siapapun yang membutuhkan bantuan. 

"Percayalah apa yang kakak-kakak dan adik-adik lakukan akan menjadi ladang amal bagi kakak dan adik semua yang semoga menjadi pahala yang dicatat kebaikannya," harapnya.

Untuk diketahui, Peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun ini Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga menyelenggarakan Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022.




Jamnas tersebut dilaksanakan di Buperta Cibubur dari 14 - 21 Agustus 2022 dan ikuti oleh kontingen dan seluruh Indonesia ditambah dari gugus depan yang berpangkalan di perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dan sejumlah / undangan para pandu dan tokoh pandu dari berbagai negara.

Kemudian, Jambore Nasional tersebut diselenggarakan dengan tema "Ceria Berdedikasi Berprestasi". Pada kesempatan tersebut, Gubri juga berharap, tema yang telah ditetapkan melalui kegiatan kepramukaan akan menumbuhkan semangat yang juga meningkatkan imunitas.




"Hal yang juga penting dalam menjaga kesehatan kita terutama di masa pandemi COVID 19," tuturnya.

Syamsuar juga mengajak untuk tetap ceria dalam menjalin persaudaraan dengan sesama anak bangsa dengan selalu berdedikasi dalam semua aktivitas, baik di sekolah, kampus, tempat perkemahan maupun lainnya dan berusaha mencapai prestasi sebaik-baik ya dalam bidang-bidang yang tekuni.

"Dirgahayu Pramuka, semoga Pramuka kita semakin berjaya," tutupnya.

Di giat itu, diserahkan secara simbolis 1.000 kantong darah kepada PMI Pekanbaru oleh Ketua Mabida Riau. 1000 kantong darah itu hasil aksi donor darah dari kwarda dan seluruh kwarcab di Riau




Kegiatan lainnya adalah memberikan piagam penghargaan Melati, Dharma Bakti, Karya Bakti dan Panca Warsa kepada anggota pramuka dewasa yg telah memenuhi syarat. 

Upacara juga disemarakkan atraksi drumband persembahan SDN 009 Langkan, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan. Atraksi siswa-siswa itu mencuri perhatian peserta upacara. (***)

Penulis: Sri Lestari 

Tidak ada komentar

Posting Komentar