Jambore Nasional XI berakhir, ini kesan dan pesan peserta Kontingen Daerah Riau

Tidak ada komentar
Peserta Jambore Nasional (Jamnas) XI Rizki Amanda dari Kwarcab Kuantan Singingi Kwarda Riau



Kwardariau.or.id, Cibubur, Jakarta – Jambore Nasional (Jamnas) XI resmi ditutup oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Kak Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso pada Sabtu, 20/8/2022 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta. 


Jamnas merupakan kegiatan perkemahan yang diadakan sekali 5 (lima) tahun oleh Kwarnas dan diikuti oleh Pramuka Penggalang yang terbaik dari seluruh Indonesia. Beragam kesan dan pesan muncul dari peserta dan pembina pendamping setelah mengikuti Jamnas XI, salahsatunya dari kontingen daerah Riau.


Pembina Pendamping Putri Jambore Nasional XI Sri Utami dari Kwarcab Kuantan Singingi



Peserta putri Jamnas XI Addini Salsabila dari Kwarcab Kampar mengatakan sangat senang dan bergembira sekali mengikuti Jamnas XI dan menyampaikan pengalamannya selama di Cibubur.


“tentunya sangat bergembira sekali mengikuti Jamnas XI, kesan selama mengikuti Jamnas XI kami sempat tidur di dalam tenda yang tergenang air” kata addini.


Pesannya kepada teman-teman Pramuka Penggalang yang telah mengikuti Jamnas XI untuk tetap semangat dan berikan manfaat setelah mengikuti Jamnas XI dan sebarkan pengalaman dan ilmu yang telah diperoleh ke Gudep.


Selain Addini, temannya di Regu putra yakni Opick Adrian menyampaikan kesannya selama mengikuti Jamnas XI.


Regu Putri Kwarcab Rokan Hulu selalu semangat mengikuti Jambore Nasional XI Tahun 2022



“selama mengikuti Jamnas, saya sangat senang sekali karena disini saya tahu cara menjaga diri sendiri, menjadi seorang Pemimpin, disiplin, bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah” kata Opick.


“terimakasih atas support dari orang tua, guru dan Kakak-kakak Pembina yang telah melatih saya” tambahnya.


Hal senada juga disampaikan oleh peserta lain seperti Mhd. Ibnu Al Hafiz dari Kwarcab Indragiri Hulu, Deby Lestari dari Kwarcab Rokan Hulu, Rizki Amanda dari Kwarcab Kuantan Singingi menyampaikan senang mengikuti Jamnas, banyak dapat teman, pengetahuan, pengalaman, melatih kemandirian dan kedisiplinan. 




Pembina Pendamping Jamnas XI juga menyampaikan kesannya seperti Kak Sri Utami dari Kwarcab Kuantan Singingi. Ia sangat senang dan banyak mendapatkan pelajaran dan pengalaman karena ini merupakan pengalaman pertamanya mendampingi Pramuka Penggalang mengikuti Jamnas.


Kak Fendry dari Kwarcab Kampar mengatakan sangat seru mengikuti Jamnas XI, apalagi selama pandemi Covid-19 tidaj boleh berkemah. Ia menambahkan Jamnas kali ini merupakan lampu hijau untuk kegiatan Pramuka se-Indonesia dan berharap mudah-mudahan di Cabang bisa membuat kegiatan perkemahan untuk peserta didik agar anggota Pramuka tambah semangat.


“jadi melalui Jamnas XI, kita bangkitkan lagi kegiatan Pramuka di Gugusdepan (Gudep), di Ranting, Cabang dan Daerah dan kepada adik-adik yang telah mengikuti Jamnas XI 2022, mudah-mudahan adik-adik tetap mengikuti kegiatan kepramukaan, sekali Pramuka tetap Pramuka” kata Kak Fendry.


“ajak lagi teman-temannya untuk mengikuti kegiatan Pramuka dan berbagi pengalaman, katakan Pramuka itu seru, ceria seperti tema Jamnas, Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi” tambahnya.


Kak Almi Yelly Pembina Pendamping Putri Kwarcab Rokan Hulu menceritakan kesannya selama mendamping adik-adik peserta Jamnas.


“adik-adik luar biasa, di saat tenda terendam dan seluruh pakaian basah, dalam keadaan menggigil adik-adik masih tetap ceria dan saling berbagi serta keesokannya mereka masih kuat untuk mengeringkan pakaiannya” kata Kak Almi Yelly.



“saya bangga bisa mendampingi adik-adik yang luar biasa sehingga karakter adik-adik berupa kemandirian dan kedisiplinan bisa ditingkatkan untuk masa depannya” tambahnya.


Tak kalah menarik juga kesan dari Pembina Pendamping Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK) Kwarda Riau Kak Oki Aminawa dan Kak Lizawati.


“selama di Cibubur, dalam keadaan aman, sehat, tanpa kurang satu apapun dan bisa mengikuti semua kegiatan” kata Kak Oki.


Sementara Lizawati menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kwarda Riau yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk membawa Pramuka Berkebutuhan Khusus mengikuti Jamnas XI.


“kami di Cibubur, banyak mendapatkan ilmu, seperti apa itu Pramuka sebenarnya, apalagi anak yang kami bawa anak Pramuka Berkebutuhan Khusus” kata Kak Liza.


“banyak ilmu yang mereka dapat, dan yang paling sangat berharga yang mereka dapatkan adalah mendapatkan teman-teman dari berbagai Provinsi” tambahnya.


“Alhamdulillah, anak-anak kami banyak mendapatkan prestasi dan anak-anak kami mampu menjawab pertanyaan dari Panitia dan mampu bersaing dengan anak reguler lainnya.


Selain itu, orang tua dari Fazela Hayati peserta PBK putri dan orang tua Rasyid Hakim peserta PBK putra mengaku sangat senang dan bangga anaknya bisa mengikuti Jamnas serta selamat pergi dan pulang. Ia mengucapkan terimakasih kepada Kwarda Riau, semoga Kwarda Riau terus maju.


Sebagaimana diketahui, kontingen daerah Riau pada Jambore Nasional XI terdiri dari Pimpinan Kwarda berjumlah 7 orang, Pimpinan Kontingen Daerah 6 orang, Kwartir Maker 4 orang, Pembina Pendamping 28 orang, Pramuka Penggalang 192 orang, Pramuka Berkebutuhan Khusus 4 orang dengan jumlah keseluruhan 241 orang. Kegiatan dilaksanakan tanggal 14 s.d 21 Agustus 2022 bertempat di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta.


Penulis : Kak Irwan Yuliadi

Tidak ada komentar

Posting Komentar