Lusa Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-61, Gubri Serahkan 1000 Kantong Darah

Tidak ada komentar



Ketua Harian Mabida Harian yang juga Asisten I Setda Provinsi Riau Kak H. Masrul Kasmy ikut mendonorkan darahnya pada kegiatan Bulan Bakti Pramuka Kwarda Riau, Senin, 15/8/2022 di aula Gedung Darma Wanita Provinsi Riau.

Kwardariau.or.id, Pekanbaru - Gubernur Riau yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau, Kak H Syamsuar  akan memimpin upacara puncak peringatan Hari Pramuka ke-61, Kamis (18/8/2022) lusa di lapangan upacara Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru. Di giat itu, diserahkan secara simbolis 1.000 kantong darah kepada PMI.

Demikian dikatakan Ketua Panitia Peringatan Hari Pramuka ke-61, Kak Dedi Hendri, Selasa (16/8/2022). "Upacara diikuti ratusan peserta mulai dari tingkat siaga, penggalang, penegak, pandega dan pembina," ujar Kak Dedi.

Dedi menyebutkan, di upacara ini akan diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan. Yakni, penyerahan secara simbolis 1000 kantong darah dari Kwarda Riau ke Ketua Mabida Riau untuk diserahkan kepada PMI Pekanbaru.




"1000 kantong darah itu hasil aksi donor darah dari kwarda dan seluruh kwarcab di Riau," ungkap Kak Dedi.

Kegiatan lainnya dikatakan Dedi adalah memberikan piagam penghargaan Melati, Dharma Bakti, Karya Bakti dan Panca Warsa kepada anggota pramuka dewasa yg telah memenuhi syarat. 

Upacara juga disemarakkan atraksi drumband persembahan SDN 009 Langkan, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan




Rangkaian peringatan Hari Pramuka ke-61 disebutkan Dedi akan ditutup dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma. "Rombongan peserta upacara akan menuju ke TPM Kusuma Dharma untuk berziarah sebagai bentuk menghormati jasa para pahlawan," tutur Kak Dedi. 

Hari Pramuka ialah hari yang diperingati sebagai hari lahirnya Gerakan Pramuka di Indonesia. Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

Hari Pramuka yang ditetapkan pada tanggal 14 Agustus itu berdasarkan pada sejarah lahirnya gerakan kepramukaan di Indonesia.


Lahirnya Gerakan Pramuka Indonesia itu berdasarkan adanya Kepanduan Nasional yang telah ada sejak 1923. Namun, Gerakan Pramuka Indonesia mulai diresmikan pada 14 Agustus 1961 oleh Presiden Soekarno.
(Les)

Penulis : Kak Sri Lestari 









Tidak ada komentar

Posting Komentar