Tingkatkan mutu Pembina Pramuka, Kwarda Riau gelar Karang Pamitran

Tidak ada komentar
Ketua Kwarda Riau Kak Kasiarudin memasang tanda peserta kepada perwakilan peserta sebagai tanda dibukanya Karang Pamitran Daerah Riau, Kamis, 25/8/2022 malam di aula Buper Pusdiklatda Riau




Kwardariau.or.id, Pekanbaru – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau Kak Kasiarudin membuka secara resmi Karang Pamitran Daerah pada Kamis, 25/8/2022 malam di aula Bumi Perkemahan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah (Pusdiklatda) Riau. 


Ka Kwarda dalam sambutannya menyampaikan bahwa tantangan bagi para Pembina saat ini adalah bagaimana menciptakan kegiatan dan latihan kepramukaan yang kreatif, inovatif serta disukai oleh anak-anak muda sesuai dengan jiwa dan semangat anak-anak muda.


Ketua Kwarda Kak Kasiarudin menyebabkan Tunggul Latihan kepada Ketua Tim Fasilitator Kak Dedi Hendri pada pembukaan Karang Pamitran Daerah Riau, Kamis, 25/8/2022 malam di aula Buper Pusdiklatda Riau



“sebagai tenaga pendidik, Kakak-kakak diharapkan dapat memberikan suri tauladan, motivasi dan semangat serta pengetahuan kepramukaan di sekolah atau pangkalan Kakak-kakak nantinya” kata Kak Ilal.


“Kakak-kakak juga diharapkan mengembangkan kemampuan peserta didik agar mandiri, berkarya serta mempunyai kreatifitas” tambahnya.


Lebih lanjut Ka Kwarda mengatakan Karang Pamitran merupakan alat bagi para Pembina Pramuka Pramuka untuk mengembangkan potensinya, guna meningkatkan mutu penyelenggaraan program kegiatan peserta didik yang sesuai dengan aspirasi kaum muda dan perkembangan masyarakat dengan menerapkan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan secara efektif, kemudian meningkatkan pembinaan anggota dewasa di Gerakan Pramuka khususnya tersedianya Pembina Pramuka yang mahir dan bermotivasi tinggi dalam jumlah memadai agar tercipta kegiatan kepramukaan yang berkualitas.





Ka Kwarda mengingatkan pentingnya pengelolaan administrasi dan organisasi di Gerakan Pramuka dan menyampaikan apresiasi kepada Tim Fasilitator dan Kwartir Cabang yang telah mengirimkan peserta pada kegiatan Panitia Karang Pamitran Daerah Riau Tahun 2022.


“ucapan terimakasih saya sampaikan kepada Kakak-kakak Tim Fasilitator yang telah berkenan hadir meluangkan waktunya memberikan pengetahuan dan pengalaman serta pendampingan kepada semua peserta” kata beliau.   





“dan juga kepada Kwartir Cabang yang telah mengirimkan utusan Pembina terbaiknya agar pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka khususnya di daerah-daerah terus berjalan dengan baik dan berkesinambungan” tambahnya.


Ka Kwarda berpesan kepada Panitia agar mematuhi dan tetap mentaati protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung


Pembukaan kegiatan ditandai dengan pemasangan tanda peserta kepada perwakilan peserta dan penyerahan tunggul latihan oleh Ketua Kwarda kepada Ketua Tim Fasilitator Kak Dedi Hendri.





Ketua Panitia Pelaksana Kak M. Kasir dalam laporannya menyampaikan Karang Pamitran diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan mutu Pembina Pramuka melalui kegiatan saling tukar menukar pengalaman membina di Gugusdepan masing-masing.


“Karang Pamitran Daerah Riau dilaksanakan tanggal 25 s.d 28 Agustus 2022 bertempat di Bumi Perkemahan Pusdiklatda Riau” kata Kak Kasir.


“sampai dengan Pembukaan, jumlah peserta yang sudah hadir dengan rincian sebagai berikut, peserta dari Kwarda Riau yang sudah konfirmasi 11 orang, Kwarcab Indragiri Hulu, Indragiri Hilir belum ada konfirmasi, Kampar 4 orang, Bengkalis 4 orang, Kota Dumai 5 orang, Kota Pekanbaru 5 orang, Kuantan Singingi 5 orang, Rokan Hulu 5 orang, Siak 5 orang, Rokan Hilir 5 orang, Pelalawan 5 orang, dan Kepulauan Meranti 5 orang” jelasnya.


“jadi jumlah peserta yang sudah melakukan pendaftaran ulang sebanyak 59 orang dari 72 orang peserta” tambahnya. 


“kegiatan Karang Pamitran Daerah Riau menggunakan metode ceramah, diskusi/curah gagasan, praktek dengan jumlah materi 28 jam pelajaran” ujarnya.


Hadir dalam pembukaan kegiatan Wakil Ketua Kwarda bidang pembinaan anggota dewasa Kak Mahadar, Wakil Ketua bidang sarana dan prasarana Kak Ikhsan, Kabid Layanan Kepemudaan Dispora Riau Kak Helfandi, Sekretaris Kwarda, Kepala Puslitbangda Kak M. Ikhsan, Sekretaris Pusdiklatda Kak Herry Syahrial, Andalan Kwarda, Tim Fasilitator, Panitia dan tamu/undangan.


Penulis : Kak Irwan Yuliadi


 


Tidak ada komentar

Posting Komentar