Buka Perkemahan Saka Pariwisata, ini harapan Bupati Indragiri Hulu terkait Pelestarian Pariwisata

1 komentar
Bupati Indragiri Hulu Kak Rezita Meylani Yopi selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka memasang tanda peserta kepada perwakilan peserta sebagai tanda dibukanya Perkemahan Saka Pariwisata se-Kabupaten Indragiri Hulu pada Kamis, 3/11/2022 sore di kawasan wisata Danau Raja Rengat





Kwardariau.or.id, Rengat – Bupati Indragiri Hulu selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kak Rezita Meylani Yopi membuka Perkemahan Saka Pariwisata se-Kabupaten Indragiri Hulu bertempat di kawasan wisata Danau Raja, 3/11/2022. 

Kamabicab mengatakan Perkemahan Saka Pariwisata merupakan wadah pertemuan dalam rangka mempererat tali persaudaraan bagi Pramuka Penegak dan Pandega dan juga menjadi wahana dalam menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, pengalaman serta wawasan tentang Saka Pariwisata.

“sesuai pesan dari kegiatan ini yakni pelestarian wisata, Kakak mengharapkan melalui kegiatan perkemahan ini nantinya memberikan bekas yang tampak dan nyata, yakni semakin tumbuhnya semangat kepedulian para anggota Pramuka untuk ikut berperan membantu pemerintah dalam pelestarian serta pengembangan sektor kepariwisataan di Kabupaten Indragiri Hulu” kata Kak Rezita.

Penaikan bendera Saka Pariwisata



“Kakak juga mengharapkan melalui kegiatan ini mampu menjadi dorongan bagi seluruh anggota Pramuka dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat, terutama kaum muda untuk senantiasa peduli akan lingkungan sekitarnya dan berbuat nyata dalam upaya pelestarian lingkungan” tambahnya.

Lebih lanjut, Kak Rezita mengatakan upaya pengembangan pariwisata adalah bagian dari komitmen pemerintah daerah dalam pencapaian visi Kabupaten Indragiri Hulu dan dilaksanakannya kegiatan perkemahan ini adalah menjadi bagian menuju pencapaian visi tersebut.

Sambutan Bupati Indragiri Hulu selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka sekaligus membuka Perkemahan Saka Pariwisata se-Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2022 di Kawasan wisata Danau Raja Rengat



“oleh karenanya momentum kegiatan ini juga diharapkan dapat memunculkan hasil karya dan aksi terkait upaya pelestarian lingkungan dalam ruang lingkup kepramukaan khususnya bagi pengembangan wisata Danau Raja” harap Bupati termuda se-Indonesia ini.

“gaung dan gemakanlah kegiatan ini agar tersampaikan kepada masyarakat luas dengan baik, sehingga dapat memasyarakat dan menjadi gerakan bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan” ajaknya.

“akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiim, Perkemahan Satuan Karya Pramuka Pariwisata Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2022, secara resmi saya nyatakan dibuka” ucapnya.

Laporan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Indragiri Hulu Kak Atan pada pembukaan Perkemahan Saka Pariwisata se-Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2022



Sementara Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Indragiri Hulu Kak Atan dalam laporannya menyampaikan kegiatan Perkemahan Saka Pariwisata atau yang lebih dikenal dengan Kemah Pelestarian Wisata Cabang Indragiri Hulu tahun 2022 diselenggarakan untuk ke II kali setelah pada tahun 2019 dilaksanakan oleh Kwartir Cabang Indragiri Hulu.

Tujuan dilaksanakan perkemahan adalah peningkatan kesadaran akan wisata daerah, penghayatan terhadap makna keanekaragaman budaya Indonesia, tumbuhnya komitmen untuk mengembangkan budaya daerah dan kearifan lokal, penguatan budaya daerah sebagai akar budaya nasional, dan peningkatan kerjasama antar Kwarran dalam mengoptimalkan kontribusi Gerakan Pramuka pada pembangunan bangsa.

Kak Atan menambahkan kegiatan dilaksanakan tanggal 3 s.d 6 November 2022 bertempat di wisata danau raja dengan tema mewujudkan generasi sadar akan wisata dan budaya dan slogan cinta wisata lestarikan dengan karya.

Bupati Indragiri Hulu bersama tamu/undangan mengunjungi peserta Perkemahan di tapak perkemahan setelah Pembukaan Perkemahan Saka Pariwisata se-Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2022



Peserta Perkemahan berjumlah 84 orang yang terdiri dari 42 orang Penegak dan Pandega putra dan 42 orang Penegak dan Pandega putri dimana masing-masing Kwartir Ranting mengirimkan sebanyak 6 orang.

Kegiatan perkemahan dibagi dalam 4 kelompok, yaitu kelompok yaitu kegiatan umum terdiri dari ibadah keagamaan, upacara pembukaan dan penutupan, kegiatan lomba terdiri dari lomba baju adat, tapak tenda, masakan khas Indragiri Hulu, kreasi tempat sampah, yel-yel, pentas seni dan mancing mania, dan kegiatan wawasan terdiri dari wawasan wisata dan budaya dan wawasan organisasi Gerakan Pramuka dan Saka Pariwisata. 
    
Pembukaan kegiatan ditandai dengan penaikan bendera Saka Pariwisata dan pemasangan tanda peserta kepada perwakilan peserta. Setelah membuka Perkemahan, Bupati dan undangan mengunjungi peserta perkemahan ke tenda-tenda. 

Hadir pada pembukaan kegiatan Forum Koordinasi Pimpinan Kabupaten Indragiri Hulu, Bendahara Kwarda Riau Kak Joko Pujiono, Pengurus Kwarcab Indragiri Hulu, Camat se-Kabupaten Indragiri Hulu, para Pengurus Kwartir Ranting se-Kabupaten Indragiri Hulu, para Kepala Sekolah selaku Ketua Mabigus, para Pelatih dan Pembina Pramuka, Anggota DKD Riau M. Rizal Helmi, Pengurus DKC Indragiri Hulu dan tamu/undangan. 

Penulis : Kak Irwan Yuliadi

 










1 komentar

  1. By reading this Jackpot City review, have the ability to|you possibly can} be sure that|ensure that|make sure that} we now have rigorously vetted its credentials, so that you don’t should. However, in case you are ever not sure about your local laws and legality, it’s finest to examine for your self. We assist dozens of 퍼스트카지노 golf equipment and lots of of athletes with model promotion and monetization.

    BalasHapus