BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Hadiah Resmi Diserahkan, Berikut Daftar Pemenang Lomba Kehumasan Kwarda Riau 2022


Ketua Kwarda diwakili Wakil Ketua bidang Kehumasan dan Informatika Kak Alfa Frisa Septania memberikan sambutan pada acara penyerahan hadiah lomba kehumasan Kwarda Riau tahun 2022 di aula Kwarda, Kamis, 29/12/2022


Kwardariau.or.id, Pekanbaru - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau menggelar kegiatan penyerahan hadiah lomba kehumasan 2022 di Aula Kwarda, Jalan Diponegoro 15 Pekanbaru, Riau, Kamis (29/12/2022). 

Hadir pada kesempatan penyerahan hadiah lomba kehumasan tersebut yakni Ketua Kwarda yang diwakili Wakil Ketua Bidang Kehumasan dan Informatika Kak Alfa Frisa Septania, Sekretaris Kwarda Kak Indra Irianto, Sekretaris Pusat Informasi Kak Irwan Yuliadi, Ketua Dewan Kerja Daerah (DKD) Riau Kak Raka Teguh Pratama didampingi pengurus DKD, Tim Juri Lomba Kehumasan Kak Oki Helfiska, Kakak Pembina dari berbagai Kwarran/Kwarcab di Riau dan peserta lomba kehumasan Kwarda Riau. 

Ketua Panitia Pelaksana, Kak Irwan Yuliadi dalam laporannya menyampaikan, Lomba kehumasan ini adalah merupakan tahun ke-3. Dimana tahun 2020 dan 2021 sudah kita selenggarakan dengan berbagai macam lomba. Ditahun ini kita melihat antusias dari peserta lomba maka setiap tahun itu bervariasi lombanya. Tetapi yang tidak terlewatkan itu adalah lomba media sosial karena ini memang sudah menjadi wadah komunikasi informasi Gerakan Pramuka. 




"Dan tentunya ini harus menjadi pemicu semangat," ujar Kak Irwan. 

"Tentunya DKD sudah tahun ketiga juga dan ini juga pedomannya lebih utama ke media sosial karena memang apapun informasi sekarang kita tidak punya media sosial maka kita akan ketinggalan informasi," ungkapnya. 

Kak Irwan menjelaskan, di tahun ini ada 8 lomba di Kehumasan, 6 Bidang Kehumasan dan 2 dari Dewan Kerja Daerah (DKD) Riau. Untuk yang pertama adalah lomba video pendek, Kemudian lomba fotografi ini kita bagi dua kategori 1 kelompok Siaga Penggalang dan kelompok Penegak dan Pandega. 

"Kemudian untuk berikutnya adalah lomba reportase karena reportase ini di lomba-lomba sebelumnya belum ada. Jadi kita adakan tahun ini agar terlatih adik-adik ini terutama dalam bidang jurnalistik meliput kegiatan kepramukaan seperti perkemahan, bakti sosial, hal-hal yang lain yang memang harus sebaiknya diliput karena tagar kita adalah setiap pramuka adalah pewarta," jelasnya.

Wakil Ketua Kwarda bidang kehumasan dan informatika Kak Alfa Frisa Septania menyerahkan piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada Juara 1 Fotografi kategori Siaga/Penggalang Masya Hanifa Khairunisa dari pangkalan SMP Negeri 34 Pekanbaru



Kemudian selanjutnya, kata Kak Irwan, adalah lomba media sosial Kwarran/Kwarcab. Tahun lalu kita kategorinya kita pisah-pisah namun tahun ini karena keterbatasan jumlah lomba jadi kita gabung. Kemudia lomba logo duta humas pramuka Riau 2023 ini adalah lomba logo yang Insya Allah tahun depan diadakan duta humas Pramuka Riau. 

"Tentu mulai sekarang sudah diboomingkan dan nanti di tahun 2023 tinggal pelaksanaan," katanya.

"Kemudian dari DKD ada dua lomba yakni lomba video Rewind Dewan Kerja se-Daerah Riau dan sayembara logo Perkemahan Wirakarya Daerah 2023," tambah Kak Irwan. 

Ia juga menyampaikan bahwa Lomba ini waktunya sangat singkat, dimulai tanggal 9 s.d 26 Desember 2022. Dewan juri sudah melakukan penilaian pada 27 Desember 2022 lalu dan kita umumkan tanggal 28 Desember dan diserahkan hadiahnya tanggal 29 Desember. Untuk pemenang tahun ini anggaran hadiahnya mengalami penaikan dibandingkan tahun lalu. ]

Foto bersama



"Semoga memberikan semangat dan dorongan kepada adik-adik dalam berkarya," pungkas Kak Irwan. 

Wakil Ketua Bidang Kehumasan dan Informatika Kwarda Riau, Kak Alfa Frisa Septania dalam sambutannya menyampaikan kita orang-orang Humas ingin bagaimana adik-adik yang memang sudah ikut menjalani proses pendidikan karakter di Kepramukaan itu bukan untuk dirinya sendiri lagi kita harus sudah mulai mensyiarkannya ini dengan sepenuh hati bukan tugas kwartir lagi. 

"Setiap pramuka adalah pewarta dan setiap pramuka adalah kantor berita. Dari bidang kita bagaimana kita semua harus sudah mulai memberi pengaruh yang baik di media sosial. yang negatif-negatif itu perlu Pramuka menetralisirnya," jelasnya. 

"Pramuka bukan hanya pendidikan luar sekolah lagi. Bagaimana di Pramuka itu sudah harus menggoreskan masa depan. Kompetensi kompetensi berawal dari hobi seperti reporter, broadcaster ini yang dibutuhkan zaman now. Informasi sudah bisa diambil dari mana saja," terang Kak Alfa Frisa.

Sekretaris Pusat Informasi Kwarda Riau yang juga Ketua Panitia Lomba Kehumasan tahun 2022 Kak Irwan Yuliadi menyerahkan piagam dan uang pembinaan kepada Juara 1 Lomba reportase Eghi Rahmadani dari pangkalan SMK Negeri 1 Kandis


"Kita ingin pastikan bahwa di Pramuka ada masa depan. Pramuka bukan hanya sekadar kemah, gembira-gembira tetapi disini kita merajut mimpi untuk masa depan," ujarnya. 

Kak Alfa juga menyampaikan, bagaimana kita membranding menginformasikan kepada khalayak tentang kebanggaan kita terhadap Pramuka. Kami memberikan apresiasi yang tinggi untuk teman-teman dari kwarran TV. 

"Ini benar-benar menginspirasi," ujarnya.

Wakil Ketua Bidang Humas dan Informatika Kwarda yang akrab disapa Kak Noni ini juga berharap ke depannya adik-adik yang jadi pemenang dan yang belum jadi pemenang ini juga akan kita libatkan menjadi tim Kehumasan Kwartir Daerah Riau. 

"Adik-adik adalah duta dutanya Pramuka Riau yang dengan identitas itu dan jabatan itu kita sudah punya misi sendiri bagaimana kita bisa menjadi corong yang bagus untuk menyebarkan yang baik," pesannya. 

Sekretaris Kwarda Riau Kak Indra Irianto menyerahkan hadiah kepada Juara 3 Lomba logo duta Humas Pramuka Riau Nur Fatin Hamira Hutabarat dari pangkalan SMAS LKMD Kandis



"Yang kami inginkan harus ada efeknya dan harus ada keberlanjutan bukan hanya sekadar upacara dan seremoni saja," tegas Kak Noni.

"Semoga dengan support kakak pembina, teman-teman Pusinfo Kwarda, website, teman-teman humas dan yang lain, Pimpinan Kwartir serta Dewan Kerja Daerah Riau kita akan berbuat lebih baik di tahun 2023," harapnya. 

Berikut daftar pemenang Lomba Kehumasan Kwarda Riau:
Lomba Video Pendek Penegak/Pendega
Juara 1 Wan Ahmad Dani dari Pangkalan Gudep MAN 1 Siak
Juara 2 M. Siddik dari pangkalan Gudep SMA Swasta LKMD Kandis
Juara 3 Aidil dari pangkalan Gudep SMA Negeri 1 Tempuling

Lomba Reportase
Juara 1 Eghi Rahmadani dari pangkalan Gudep SMK Negeri 1 Kandis
Juara 2 Ramadani dari pangkalan Gudep  SMK Baiturrahman Kandis
Juara 3 Feby Ayu Lestari dari pangkalan UIN Suska Riau

Lomba Media Sosial
Juara 1 Kwarcab Rokan Hulu
Juara 2 Kwarran Talang Muandau
Juara 3 Kwarran Kandis

Lomba Logo Duta Humas Pramuka Riau 2023
Juara 1 Hanif Hikami dari pangkalan UIN Suska Riau
Juara 2 Qonita Qobilla dari pangkalan MA Al Ihsan Kampar
Juara 3 Nur Fatin Hamira Hutabarat dari pangkalan SMAS LKMD Kandis

Lomba Fotografi
Kategori Siaga/Penggalang
Juara 1 Masya Hanifa Khairunisa dari pangkalan SMP Negeri 34 Pekanbaru
Juara 2 Aika Hana Dias dari pangkalan SMP Negeri 34 Pekanbaru
Juara 3 Asyifa Putri dari pangkalan SMP Negeri 34 Pekanbaru

Kategori Penegak/Pandega
Juara 1 Muhammad Arif Hidayat dari pangkalan SMK Negeri 1 Kandis
Juara 2 Iqbal MR dari pangkalan SMK Darel Hikmah 
Juara 3 Muhammad Rizal dari pangkalan MAN 1 Kepulauan Meranti

Lomba Video Rewind Dewan Kerja
Juara 1 DKR Tenayan Raya
Juara 2 DKC Rokan Hulu
Juara 3 DKC Indragiri Hilir

Lomba Sayembara Logo PW Daerah Riau
Juara 1 Nurhafizah Lubis dari pangkalan UIN Suska Riau
Juara 2 Hanif Hikami dari pangkalan UIN Suska Riau
Juara 3 Izza Desmita 

Pewarta: Kak Rasid Ahmad
« PREV
NEXT »