BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

39 Anggota Saka Wira Kartika Kodim 0313/KPR Dikukuhkan, Dandim: Adik-adik harus punya banyak karya bukan gaya

Proses penyiraman air bunga oleh Dandim 0313/KPR, perwira, serta pamong saka kepada anggota yang telah resmi menjadi anggota Saka Wira Kartika Kodim 0313/KPR.




Kwardariau.or.id, Kampar - 39 Anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) Wira Kartika Kodim 0313/KPR angkatan VIII resmi dikukuhkan Komandan Kodim (Dandim) 0313/KPR (Kampar, Pelalawan, Rokan Hulu) Kak Letkol Arh. Mulyadi SIP di Sanggar Pramuka Saka Wira Kartika Komplek Makodim 0313/KPR Jalan Sudirman Lenggini, Kampar, Ahad (5/2/2022).  

Kegiatan pengukuhan ini diawali dari rangkaian perkemahan pengembaraan selama tiga hari yang dimulai sejak 2 sampai dengan 5 Februari, Jumat hingga Minggu di wilayah Bangkinang. 

Pengukuhan Anggota Saka Wira Kartika ini dilaksanakan usai anggota Penegak dan Pandega dinyatakan telah memenuhi syarat. Salah satu syarat yang harus dipenuhi yakni telah mengikuti latihan rutin selama 4 bulan.


 

Sebelum pengukuhan dilaksanakan, anggota Saka dibekali materi tentang Krida Saka Wira Kartika dan Bela Diri Militer oleh Pamong Saka Wira Kartika Kodim 0313/KPR. 

Selain itu anggota yang hendak dikukuhkan juga mengikuti jurit malam dan pengembaraan. Jurit malam sendiri memiliki tujuan melatih mental dan melatih kepercayaan sebagai bentuk dari pendidikan karakter. 

Setelah itu dilakukan pemasangan badge Saka Wira Katika secara simbolis dan dilanjutkan dengan penyiraman air bunga oleh Dandim 0313/KPR, perwira, serta pamong saka kepada anggota yang telah resmi menjadi anggota Saka Wira Kartika Kodim 0313/KPR.




Dandim 0313/KPR Kak Letkol Arh. Mulyadi mengucapkan selamat kepada anggota yang telah dikukuhkan. 

“Serta ucapan terimakasih atas partisipasi berbagai pihak selama kegiatan dilaksanakan,” ucapnya. 

“Saka Wira Kartika merupakan salah satu Saka yang terhormat. Para calon anggota yang ingin bergabung harus melalui prosedur yang telah ada sejak angkatan pertama hingga generasi-generasi selanjutnya,” ujar Kak Mulyadi. 

Dia merasa bangga pada generasi-generasi yang dikukuhkan tersebut. “Yang perlu sekarang adalah adik-adik punya karakter bukan punya banyak gaya, tapi adik-adik punya banyak karya,” ungkapnya.  

Selanjutnya Kak Mulyadi menyampaikan bahwa TNI telah bekerjasama dengan pihak Kwartir. Mulai dari Kwarnas, Kwarda, Kwarcab, Kwarran hingga Gugus Depan. 

"Dari Gudep-gudep itu kita ambil putra putri terbaik yang punya dedikasi tinggi untuk menyumbangkan tenaga, pikiran dan hal-hal yang positif untuk bergabung ke Saka wira kartika ini,” tuturnya. 

Dandim 0313/KPR ini menambahkan kegiatan-kegiatan ke depan perlu dikembangkan mulai dari sekarang. Serta perlu ditetapkan target-target yang akan dicapai kedepannya. Kita harus punya target. 

“Termasuk adik-adik yang di depan saya. Kembangkan diri kalian. Anda adalah generasi-generasi penerus kita,” tambahnya. 

Pada kesempatan itu, Kak Mulyadi berharap Anggota Saka Wira Kartika bisa memberikan contoh-contoh yang baik dan menjadi teladan bagi adik-adik dan rekan-rekan anggota. Karena sudah banyak anggota Pramuka yang patut di contoh.

“Saya adalah salah satu contoh yang mengikuti Pramuka dan saya bisa mengembangkan diri saya dan bisa menjadi Komandan Kodim. Ini adalah nilai-nilai yang perlu kita siapkan dari sejak dini,” ungkapnya. 

Dia berpesan di Saka Wira Kartika ini tidak ada kata-kata malas dan tidak ada kata-kata banyak gaya. 

“Namun di Saka ini kita adalah manusia-manusia yang produktif dan siap untuk berkarya,” tutup Kak Mulyadi.

Hadir dalam acara Kepala Staf Kodim 0313/KPR, Komandan Koramil, Perwira Staf, Pamong Saka, Bintara, Tamtama serta anggota Saka Wira Kartika dari angkatan pertama. 

Pewarta: Amanda Wulandari
Editor: Rasid Ahmad
« PREV
NEXT »