Jambore Daerah Riau 2021 Resmi Dibuka, Kak Masrul Kasmy: Selamat Mengikuti Jambore

Tidak ada komentar

 

Ketua Mabida Harian Riau, Kak Masrul Kasmy foto bersama dengan Kamabicab Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT (nomor 5 dari kanan) usai pembukaan Jambore Daerah Riau 2021 di Bumi Perkemahan Sialang Rampai, Sabtu (18/12/2021). Foto: LUKMAN PRAYITNO

Kwardariau.or.id, Pekanbaru,  - Gubernur Riau H Syamsuar selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Riau diwakili Ketua Mabida Harian, Kak Masrul Kasmy membuka secara resmi penyelenggaraan Jambore Daerah Riau 2021, Sabtu (18/12/2021). Kegiatan yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Sialang Rampai Kota Pekanbaru tersebut diikuti oleh 341 peserta, pimpinan kontingen, pembina pendamping dan petugas dari 10 Kwarcab se Riau.


Turut hadir dalam kegiatan pembukaan Jambore Daerah Riau tersebut Walikota Pekanbaru selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Kota Pekanbaru, Kak Dr H Firdaus MT, Ketua Kwartir Cabang Kota Pekanbaru Kak Masykur Tarmizi dan ketua kwarcab lainnya.


Ketua Panitia Penyelenggara Jamda Riau 2021 kak Ario Wibowo SE mengatakan, dari 341 orang tersebut, jumlah peserta pramuka penggalang putra berjumlah 144 orang. Sedangkan peserta Pramuka Penggalang putri mencapai 147 orang, pimpinan kontingen 10 orang, pembina pendamping 20 orang dan petugas 20 orang.


"Jumlah 341 tersebut berasal dari 10 kwartir cabang. Sedangkan dua kwartir cabang yang tidak mengirimkan peserta yaitu Kwartir Cabang Indragiri Hulu dan Kuantan Singingi," ungkap Ario.


Sementara itu dalam pelaksanaan Jambore Daerah Riau 2021, para peserta akan mengikuti berbagai kegiatan yang mengarah pada tujuan Gerakan Pramuka yaitu Pembinaan mental dan Spiritual.. kemudian Wawasan kebangsaan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi.


"Juga mengarah kepada persaudaraan dan persahabatan, peningkatan keterampilan melalui pelatihan. Kesehatan jasmani dan rohani serta aksi pramuka peduli," jelasnya.


Sementara itu Ketua Mabida Harian Riau, Kak Masrul Kasmy mengapresiasi para peserta yang ternyata lebih dari 97 persen telah mengikuti vaksinasi. Sedangkan sisanya pria yang juga menjabat plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau tersebut berencana untuk mengirim petugas vaksinasi.


"Alhamdulillah hampir semuanya telah divaksin. Sedangkan sisanya yang belum di vaksin, InsyaAllah kita turunkan tim vaksinasi," tuturnya.


"Disamping itu kami mengucapkan terimakasih kepada Kota Pekanbaru yang telah bersedia menjadi tuan rumah. Apalagi ini merupakan kedua kalinya setelah pada 2017 lalu juga dipercaya sebagai tuan rumah," tambahnya.


Disisi lain, Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus MT mengatakan pihaknya akan mengembangkan lokasi Bumi Perkemahan Sialang Rampai yang berada di kawasan Pusat Olahraga Terintegrasi. Menurutnya saat ini luas lahan mencapai 18 hektare yang akan diperluas menjadi 30 hektar.


"Tentunya nanti kami berencana untuk membangun islamic center juga. Sehingga saat kegiatan kepermukaan seperti ini, pembinaan iman fan taqwa para peserta juga lebih memadai dengan keberadaan islamic center nantinya," ungkapnya.


 Penulis : Kak Lukman Prayitno

Tidak ada komentar

Posting Komentar