Kwarcab Bengkalis Salurkan Bantuan Paket Sembako

Tidak ada komentar



Kwardariau.or.id - Bengkalis, Bertempat di Halaman Gedung Kelapa Hijau Bengkalis, Ketua Kwartir Cabang Bengkalis, Kak H. Bustami HY melepaskan keberangkatan Satgas Pramuka Peduli Kwartir Cabang Bengkalis untuk membagikan paket kebutuhan barang pokok kepada pihak yang berhak menerima di Kecamatan Bengkalis (24/04/2022).

Kegiatan yang dikemas dengan nama Pramuka Peduli Kaum Dhuafa ini diinisiasi oleh Satgas Pramuka Peduli sebagai bentuk pengamalan dari sila kelima Dasa Dharma, yakni rela menolong dan tabah. Sumber dana yang digunakan adalah sumbangan dari keluarga besar Gerakan Pramuka Bengkalis dan donatur lainnya.




Dalam laporannya, Ketua Satgas Pramuka Peduli Kwartir Cabang Bengkalis, Kak Jefri Anas menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan Pramuka Peduli Kaum Dhuafa serta jumlah yang terkumpul dari penggalangan dana yang dilaksanakan selama dua hari.

“Tujuan dari kegiatan Pramuka Peduli Kaum Dhuafa yang dilaksanakan setiap tahun ini adalah untuk meningkatkan jiwa sosial, sikap rela menolong, sikap berbagi kepada yang memerlukan serta sebagai wadah kegiatan bakti bagi anggota Gerakan Pramuka kepada masyarakat.” Lapor Kak Jefri Anas. “Jumlah yang terkumpul dari penggalangan dana yang dilaksanakan selama dua hari adalah sebesar Rp8.100.000,-. Dana tersebut dibelikan 54 paket bahan pokok yang setiap paketnya terdiri terdiri beras, minyak goreng, telur, gula, dan berapa bahan lainnya,” ungkapnya lagi..

Dalam pengarahannya, Kak H. Bustami HY menyambut baik terlaksanamya kegiatan Pramuka Peduli Kaum Dhuafa ini dan berharap ianya dapat mengasah jiwa kesetiakawanan sosial para amggota Gerakan Pramuka serta merupakan bagian dari penerapan kode kehormatan dalam kehidupan sehari-hari.




“Jangan kita menilai dari besar atau kecilnya bantuan yang diberikan, tetapi ini adalah upaya pengejawantahan dari nilai-nilai moral yang terkandung dalam kode kehormatan anggota Gerakan Pramuka.” Ucap Kak H Bustami HY dalam pengarahannya. “Sebagai seorang pramuka, upaya mengasah kecerdasan sesosif, khususnya kecerdasan sosial dapat dilaksanakan dengan kegiatan-kegiatan seperti ini.”

Kecerdasan sosial merupakan kemampuan dalam memahami serta mengelola hubungan antar manusia. Kecerdasan sosial adalah kecerdasan yang mengangkat fungsi jiwa sebagai perangkat internal diri yang memiliki kemampuan dan kepekaan dalam melihat makna yang ada di balik kenyataan.

Turut hadir dalam pelepasan ini kakak-kakak pimpinan dan andalan Kwartir Cabang Bengkalis, antara Kak Muhammad Fadhli, Kak M. Sarbini, Kak Hj. Maria U, dan andalan lainnya serta anggota Satgas Pramuka Peduli.

Usai upacara pelepasan ini, Satgas Pramuka peduli bergerak mengantar langsung paket-paket bantuan tersebut ke rumah para penerimanya, dimulai dari Desa Simpang Ayam hingga Desa Ketam Putih.

Penulis : Kak Fitri

Tidak ada komentar

Posting Komentar