Tiga pesan Gubernur Riau saat melepas kontingen Perkemahan Antar Saka Tingkat Nasional

Tidak ada komentar


Gubernur Riau diwakili Asisten I Kak Masrul Kasmy didampingi Ketua Kwarda Kak Kasiarudin dan Sekretaris Dispora Riau Kak Rosdi menyerahkan cenderamata kepada Pinkonda Riau Mhd. Rizal Helmi pada acara melepas kontingen Peran Saka Tingkat Nasional, Kamis, 29/9/2022 sore di Teras Balai Pauh Janggi Gedung Daerah Riau



Kwardariau.or.id, Pekanbaru – Gubernur Riau (Gubri) selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka yang diwakili oleh Asisten I bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Kak Masrul Kasmy melepas secara resmi keberangkatan kontingen daerah (Konda) Riau mengikuti Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peran Saka) Tingkat Nasional, Kamis, 29/9/2022 di teras Balai Pauh Janggi Komplek Gedung Daerah Riau. 


Acara melepas kontingen ditandai dengan pemasangan tanjak, selempang oleh Asisten I didampingi Ketua Kwarda kepada perwakilan peserta dan penyerahan cenderamata kepada Pimpinan Kontingen. 


Gubri dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kak Masrul Kasmy mengatakan Peran Saka merupakan sebuah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega dalam upaya menggali potensi, mengenal pengetahuan dan keterampilan sehingga peserta yang mengikuti kegiatan ini kelak akan merasakan manfaat, pengetahuan serta keterampilan.


Pemasangan tanjak oleh Gubri diwakili Asisten I Kak Masrul Kasmy dan selempang oleh Ketua Kwarda kepada perwakilan peserta pada acara melepas kontingen daerah Riau mengikuti Perkemahan Antar Saka tingkat Nasional tahun 2022



“sebagai sebuah ajang pertemuan Saka yang terbesar dengan motto “Pramuka Aktif, Cendikia, Akrab dan Kreatif atau disingkat PACAK”, Peran Saka juga sebagai ajang bagi adik-adik untuk menunjukkan keberhasilan latihan dan prestasinya selama ini di Satuan Karya” kata Kak Masrul.


Lebih lanjut mantan Ketua Kwarcab Kepulauan Meranti ini menyampaikan ada 3 hal pesan Gubri kepada adik-adik yang mengikuti Peran Saka Nasional.


“Pertama, jadikanlah kegiatan Peran Saka Nasional sebagai sarana meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi Adik-adik dan jangan lupa setelah kegiatan selesai, sebarkanlah pengalaman yang telah diperoleh kepada teman-teman di Saka di daerah masing-masing” kata beliau.


Sambutan Gubri diwakili oleh Asisten I Setda Provinsi Riau Kak H. Masrul Kasmy sekaligus melepas keberangkatan kontingen daerah Riau secara resmi



“Kedua, sebagai utusan daerah Riau, kami berharap adik-adik dapat mempromosikan wisata dan budaya serta UKM yang berasal dari daerah Adik-adik agar daerah kita menjadi terkenal dan menjadi tempat yang nyaman untuk disinggahi sehingga dapat menggerakkan roda ekonomi daerah” sebut mantan Penjabat Bupati Rokan Hulu ini.


“Ketiga, jagalah selalu semangat, kekompakan serta kesehatan Adik-adik selama mengikuti kegiatan, mulai dari keberangkatan sampai nantinya kepulangan ke daerah masing-masing” tambahnya. 


Sebelumnya, Pimpinan Kontingen Daerah Riau Mhd. Rizal Helmi melaporkan Peran Saka Nasional dilaksanakan pada tanggal 2-9 Oktober 2022 bertempat di Bumi Perkemahan Dipati Amir Serumpun Sebalai, Provinsi Bangka Belitung.


Laporan Ketua Pimpinan Kontingen Daerah Riau Mhd. Rizal Ramli pada acara melepas keberangkatan kontingen





Ia menambahkan, kontingen daerah Riau terdiri dari Pimpinan Kontingen 1 putra 1 putri, Pembina Pendamping dari Kwarda 1 putra 1 putri, Pembina Pendamping dari Saka 1 putra 1 putri, staf kontingen 1 putra 1 putri dan peserta berjumlah 21 orang yang merupakan anggota Saka se-Daerah Riau.


Rizal menjelaskan peserta Peran Saka berasal dari Saka Wanabakti Indragiri Hilir, Saka Pariwisata Indragiri Hilir, Saka Wira Kartika Kampar, Saka Pariwisata Bengkalis, Saka Bhayangkara Bengkalis, Saka Bahari Dumai, Saka Bhayangkara Dumai, Saka Dirgantara Pekanbaru, Saka Widya Budaya Bakti Pekanbaru, Saka Bakti Husada Rokan Hulu, Saka Kencana Rokan Hulu, Saka Wira Kartika Rokan Hilir, Saka Kalpataru Pelalawan, Saka Wanabakti Pelalawan, Saka Wira Kartika Siak dan Saka Bakti Husada Pekanbaru.





Hadir pada acara melepas kontingen Sekretaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau Kak Rosdi, SE.,M.Si, Bendahara Mabida Harian Kak Amrin Am, Sekretaris Kwarda Kak Indra Irianto, Andalan Kwarda, Ketua DKD Riau Raka Teguh Pratama bersama Pengurus DKD dan undangan.


Penulis : Kak Irwan Yuliadi





Tidak ada komentar

Posting Komentar