Kapolda Riau lepas kontingen Kwarda Riau mengikuti Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara Tingkat Nasional ke-IV

Tidak ada komentar
Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal selaku Ketua Mabisaka Bhayangkara memasang jaket kontingen kepada perwakilan peserta Jarwo sebagai tanda dilepasnya kontingen Pertikaranas IV Kwarda Riau di aula Mapolda Riau, Jum'at, 11/11/2022






Kwardariau.or.id, Pekanbaru – Kepala Kepolisian RI Daerah (Kapolda) Riau Kak Irjen (Pol) Muhammad Iqbal, S.IK.,MH selaku Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka (Kamabisaka) Bhayangkara melepas secara resmi kontingen Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau mengikuti Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Tingkat Nasional (Pertikaranas) ke-IV bertempat di aula Markas Kepolisian RI Daerah (Mapolda) Riau pada Jum’at, 11/11/2022.


Kapolda Riau berpesan kepada kontingen Riau agar mengikuti kegiatan Pertikaranas dengan penuh semangat dan dengan keikhlasan.


“Kakak berpesan ikuti even ini dengan penuh semangat, dengan keikhlasan bahwa adik-adik dan kakak-kakak Pembina adalah orang-orang terpilih sebagai perwakilan yang membanggakan Provinsi Riau dan sekaligus membanggakan Polda Riau” kata Kak Muhammad Iqbal.


Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal memasangkan tanjak kepada perwakilan peserta Pertikaranas IV Jarwo saat pelepasan kontingen Kwarda Riau



“untuk itu, bahwa calon-calon Pemimpin bangsa dari Kwarda atau katakanlah lapisan-lapisan generasi muda Pramuka Provinsi Riau bukan kaleng-kaleng, dia harus menggetarkan bumi pertiwi dengan akhlaknya yang baik, disiplinnya yang hebat dan wawasannya yang berada” tambah mantan Kadiv Humas Polri ini.


“dan kepada Pembina Pendamping, saya titip dampingi adik-adik Pramuka, tuntun mereka, dampingi mereka dan perhatikan mereka, kalau ada masalah jangan sungkan-sungkan, lapor Kapolda” pintanya. 


Selanjutnya Kapolda mengucapkan terimakasih kepada Kwarda Gerakan Pramuka Riau dan Bimmas Polda Riau yang telah ikut berkontribusi dalam pengiriman kontingen Kwarda Riau pada Pertikaranas IV Tahun 2022. 


Kapolda Riau bersama Asisten I Setda Provinsi Riau dan Ketua Kwarda Riau melepas bendera Kwarda Riau sebagai tanda dilepasnya secara resmi kontingen Kwarda Riau mengikuti Pertikaranas ke-IV Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Gandus, Palembang, Sumatera Selatan



Kapolda juga menyampaikan rasa bangganya melepas kontingen Pertikaranas dan langsung melihat penampilan Pembawa Acara (MC), mendengar sambutan Pimpinan Kontingen Daerah Riau Heldayati dan peserta Pertikaranas IV yang bagus, dan mengatakan inilah hasil pembinaan Kwarda Pramuka Provinsi Riau dan inilah kompetensi yang dilahirkan oleh Pramuka-Pramuka Andalan di Provinsi Riau.


Sementara Gubernur Riau diwakili Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Riau Kak Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si dalam sambutannya mengatakan Perkemahan Bakti Satuan Karya Bhayangkara atau disingkat Pertikara, merupakan sebuah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega dalam upaya menggali potensi, mengenal pengetahuan dan keterampilan di bidang kebhayangkaraan, sehingga adik-adik peserta yang mengikuti kegiatan ini diharapkan kelak akan merasakan manfaat, pengetahuan, serta keterampilan baik teknik kepramukaan di bidang kebhayangkaraan maupun kegiatan bidang lainnya.


“sebagai sebuah ajang pertemuan terbesar Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Tingkat Nasional dengan tema “Pramuka SMART, Pramuka hebat”, Pertikara Nasional juga sebagai ajang bagi adik-adik dan Kakak-kakak untuk dapat menunjukkan keberhasilan latihan dan prestasinya selama ini di Satuan Karya Bhayangkara masing-masinguntuk tergabung dalam kontingen daerah Provinsi Riau” kata Kak Masrul.


Gubernur Riau diwakili Asisten I Setda Provinsi Riau Kak Masrul Kasmy memasang jaket kontingen Pertikaranas IV Kwarda Riau sebagai tanda dilepasnya secara resmi kontingen Kwarda Riau



Berkenaan dengan kegiatan adik-adik mengikuti Pertikara ke-IV Tingkat Nasional tahun 2022, sebagai kontingen daerah Riau Provinsi Riau, Kak Masrul Kasmy menyampaikan beberapa hal :


“pertama, jadikanlah kegiatan Pertikara Tingkat Nasional ini sebagai sarana meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi adik-adik dan jangan lupa setelah kegiatan ini selesai, sebarkanlah pengalaman yang diperoleh kepada teman-teman di Satuan Karya Bhayangkara adik-adik di daerah masing-masing” kata Kak Masrul.


“kedua, sebagai utusan daerah Provinsi Riau, kami berharap adik-adik juga dapat memperkenalkan daerah Provinsi Riau yang kita cintai ini, sebagai daerah yang mempunyai potensi dan keunggulan dengan wisata dan budaya serta bidang lain”.


Ketua Kwarda Kak Kasiarudin memasang jaket kontingen kepada perwakilan peserta Pertikaranas IV



“ketiga, jagalah selalu semangat, kekompakan serta kesehatan adik-adik selama kegiatan, mulai dari keberangkatan sampai nantinya kepulangan ke daerah masing-masing”.

“keempat, teruskanlah berlatih dan membina diri di Satuan Karya Bhayangkara di daerah masing-masing, dan tentunya juga tetap mendapat bimbingan, arahan dan petunjuk dari Kepolisian setempat, agar generasi muda kita mempunyai kegiatan serta waktu yang positif dan penuh kreasi” pesannya.


Pimpinan Kontingen Daerah Riau Heldayati melaporkan Pertikaranas dilaksanakan mulai tanggal 13 s.d 18 November 2022 bertempat di Bumi Perkemahan Gandus, Palembang Sumatera Selatan.





Kontingen daerah Riau berjumlah 39 orang terdiri dari 4 orang Pembina Pendamping, 2 orang Pimpinan Kontingen, 1 orang Staf Kontingen dan 32 orang peserta dengan rincian 4 orang (2 putra 2 putri) anggota DKD Riau, 4 orang (2 putra 2 putri) anggota Saka Bhayangkara dari 7 Kwartir Cabang yakni Indragiri Hilir, Bengkalis, Kota Dumai, Kota Pekanbaru, Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Pelalawan. 


Kegiatan Pertikaranas ke-IV yang akan diikuti terdiri dari Kegiatan Umum, Kegiatan Khusus, Kegiatan Bakti Fisik dan Non Fisik, Pendalaman Krida ; Krida Ketertiban Masyarakat, Krida Lalu Lintas, Krida Pencegahan dan Penanggulangan Bencana, serta Krida Tempat Kejadian Perkara, Kegiatan Wisata, Wawasan, Keterampilan Kepramukaan dan Festival.





Pelepasan secara resmi ditandai dengan pemasangan jaket kontingen, tanjak, dan selempang oleh Kapolda Riau bersama Asisten I Setda Provinsi Riau Kak Drs. H. Masrul Kasmy,M.Si, Ketua Kwarda Riau Kak H. Kasiarudin, SH dan Direktur Binmas Polda Riau Kak Kombes Pol Wendry Purbiyantoro, SH kepada perwakilan peserta Pertikaranas IV. 


Selanjutnya Kapolda Riau bersama undangan melepas bendera Pramuka Kwarda Riau di halaman Mapolda Riau sebagai tanda dilepasnya kontingen daerah Riau secara resmi menuju Pertikaranas IV Tahun 2022.





Hadir dalam acara Bendahara Mabida Harian Kak Amrin Am, Anggota Mabida Harian Kak Prof. Soewardi MS, Kak Helmiyati, Wadir Binmas Polda Riau Kak AKBP Dermawan Marpaung, S.IK.,M.Si., Pembina Pendamping Kak Khairul Akmal, Kak Harubeni Maria, Ketua DKD Riau Raka Teguh Pratama dan undangan lainnya.


Penulis : Kak Irwan Yuliadi


 










Tidak ada komentar

Posting Komentar