Kwarda Riau selenggarakan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) di Kwarcab Siak

Tidak ada komentar


 

Ketua Kwarda Riau Kak Kasiarudin menyerahkan Tunggul Latihan kepada Pemimpin Kursus Kak Elifton sebagai tanda diresmikannya Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) Kwarda Riau di Bumi Perkemahan Tengku Buwang Asmara, Kwarcab Siak, 21/11/2022 malam.

Kwardariau.or.id, Siak Sri Indrapura – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau Kak Kasiarudin membuka secara resmi Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) bertempat di Bumi Perkemahan Tengku Buwang Asmara pada Senin, 21/11/2022 malam.

 

Peresmian pembukaan ditandai dengan penyerahan tunggul latihan oleh Ketua Kwarda kepada Pemimpin Kursus Kak Elifton dan pemasangan tanda peserta KPD kepada perwakilan peserta.

 

Ketua Kwarda Riau dalam sambutannya menyampaikan kebutuhan Pelatih Pembina Pramuka khususnya di daerah Riau, masih sangat diperlukan agar pola pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka dapat terus berjalan dengan baik dan lancar.

 

Ketua Kwarda memasang tanda peserta KPD kepada perwakilan peserta pada acara pembukaan KPD di Bumi Perkemahan Tengku Buwang Asmara, Kwarcab Siak, 21/11/2022 malam


“Untuk itu saya berharap KPD yang diselenggarakan kali ini, dapat menghasilkan para calon pelatih yang kreatif, inovatif dan up to date, sehingga lahir Pembina-pembina baru yang terampil dalam membina dan mengembangkan Gerakan Pramuka baik di Gugusdepan maupun satuan” kata Kak Kasiarudin.

 

Lebih lanjut Ketua Kwarda menginginkan para calon pelatih Pembina Pramuka yang dihasilkan pada KPD tahun ini agar terus menggali potensi dirinya agar lahir Pembina-pembina Pramuka yang bertanggungjawab yaitu terselenggaranya pendidikan kepramukaan yang teratur dan terarah sesuai dengan visi dan misi Gerakan Pramuka.

 

Kemudian, terjaganya pelaksanaan Prinsip Dasar Pendidikan Kepramukaan dan Metode Pendidikan Kepramukaan pada semua kegiatan Pramuka.

 

Wakil Ketua Kwarda Riau bidang pembinaan anggota dewasa dan juga sebagai Sekretaris Kwarcab Siak Kak Mahadar memasang tanda peserta KPD kepada perwakilan peserta

Pembinaan pengembangan mental, moral, spiritual, fisik, intelektual, emosional, dan sosial peserta didik, sehingga memiliki kematangan dalam upaya peningkatan kemandirian serta aktivitasnya di masyarakat.

 

Terwujudnya peserta didik yang berkepribadian, berwatak, berbudi pekerti luhur, dan sebagai warga yang setia, patuh dan berguna bagi bangsa dan negaranya.

 

Selain itu, para calon Pelatih Pembina Pramuka diharapkan menghasilkan para Pembina Pramuka yang memiliki peran sebagai orang tua yang dapat memberi penjelasan, nasehat, pengarahan dan bimbingan, kemudian Guru yang mengajarkan berbagai keterampilan dan pengetahuan, Kakak yang dapat melindungi, mendampingi dan membimbing adik-adiknya, yang memberi kesempatan untuk memimpin dan mengelola satuannya.

 

Foto bersama setelah pemasangan peserta. Hadir dari Pelatih Pusdiklatnas Kak Abustan Idris

Peran lainnya adalah para Pembina Pramuka yang dihasilkan oleh para calon Pelatih Pembina Pramuka diharapkan sebagai mitra, teman yang dapat dipercaya, bersama-sama menggerakkan kegiatan-kegiatan agar menarik, menyenangkan dan penuh tantangan sesuai usia golongan Pramuka.

 

Selanjutnya sebagai Konsultan, tempat bertanya, dan berdiskusi tentang berbagai masalah, motivator, memotivasi untuk meningkatkan kualitas diri dengan berkreativitas, berinovasi, dan aktualisasi diri, membangun semangat untuk maju serta terakhir memiliki peran sebagai sasilitator, memfasilitasi kebutuhan dalam kegiatan peserta didik.

 

Foto bersama setelah pembukaan KPD Kwarda Riau di Kwarcab Siak tahun 2022

“selaku Ketua Kwarda Riau saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang banyak membantu terselenggaranya kegiatan ini, terutama kepada pemerintah Kabupaten Siak dan Kwartir Cabang Siak sebagai tempat penyelenggaraan KPD ini” ucapnya.

 

Sementara Ketua Kwarcab Siak diwakili Sekretaris Kak Mahadar dalam sambutannya mengharapkan kepada para Pelatih agar memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada para peserta KPD untuk dikembangkan di daerah masing-masing.

 

“kepada para peserta Kursus saya ucapkan selamat mengikuti Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar, semoga nanti menjadi Pelatih-pelatih yang handal dan bisa diandalkan” kata Kak Mahadar.

 

“selama sepekan di Siak, mari sama-sama kita ciptakan suasana yang harmonis, selaras, terkoordinasi, terkendali, terimplementasi, saling membaur, bersahabat, sharing ilmu dan pengalaman” tambahnya.

 

Ketua Panitia Penyelenggara KPD Kak Nurman melaporkan jumlah peserta sebanyak 67 orang dengan rincian 42 orang utusan Kwartir Ranting (Kwarran) se-Kwarcab Siak dan 25 orang utusan Kwarcab se-Daerah Riau, diantaranya Kampar, Indragiri Hulu, Rokan Hilir, Kota Dumai, Pelalawan dan ada dua orang dari luar Riau yakni satu orang utusan Kwarcab Karimun dan satu orang utusan Kwarcab Kepulauan Anambas.

 

Kegiatan KPD berlangsung mulai tanggal 21 s.d 27 November 2022 bertempat di Bumi Perkemahan Tengku Buwang Asmara, Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. 1 orang Pelatih dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Nasional yakni Kak Abustan Idris hadir dan ikut melatih di KPD.

 

KPD tahun ini terdiri dari dua kelas, kelas A sebagai Pemimpin Kursus Kak Elifton dan kelas B sebagai Pemimpin Kursus Kak Desrir Miftah dan anggota Tim Pelatih berasal dari Pusdiklatda Riau dan Pusdiklatcab Siak.

 

Hadir pada pembukaan KPD Sekretaris Pusdiklatda Riau Kak Herry Syahrial, Tim Pelatih KPD, Pengurus Kwarcab Siak, Pengurus Pusdiklatcab Siak dan undangan lainnya.  

 

Penulis : Kak Irwan Yuliadi 

 





Tidak ada komentar

Posting Komentar