Perdana, Kwarda Riau laksanakan Penilaian Gudep Ramah Lingkungan

Tidak ada komentar
Tim Penilai Gudep Ramah Lingkungan Kwarda Riau Kak Febriandi, Kak Ismed, Kak Yuherlis dan Kak Mahadi melakukan penilaian di Gudep 03.061-03.062 pangkalan SMPN 4 Siak Hulu Kwarcab Kampar pada Kamis, 3/11/2022


 

Kwardariau.or.id, Pekanbaru – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau melalui bidang pengabdian masyarakat, penanggulangan bencana dan lingkungan hidup (Abdimasgana dan LH) melaksanakan penilaian Gugus Depan (Gudep) Ramah Lingkungan Tingkat Daerah Riau Tahun 2022.

 

Menurut Staf Kwarda Riau bidang Abdimasgana dan LH yang juga salah seorang Tim Penilai Kak Ajis Putra menyampaikan dalam melaksanakan penilaian, Penilai Gudep Ramah Lingkungan dibagi dalam dua tim dan langsung melakukan visitasi/kunjungan ke Gugusdepan yang dinilai.

 

Foto bersama Tim Penilai setelah melaksanakan penilaian di Gudep 02.017-02.018 SMPN. 1 Tembilahan Kwarcab Indragiri Hilir pada Jum'at, 4/11/2022 di Tembilahan

“Tim 1 terdiri dari Andalan Kwarda Riau Kak Yuliana Efendi, Daniel Gemindo, Satgas Pramuka Peduli Kak Aguswandi, dan saya sendiri” kata Kak Ajis.

 

“sedangkan untuk tim 2 terdiri dari Andalan Kwarda Riau Kak Ismed Ainuni, Kak Febriandi Efda Putra, Kak Yuherlis dan Satgas Pramuka Peduli Kak Mahadi” tambahnya.

 

Lebih lanjut Kak Ajis menjelaskan Gudep mana saja yang sudah dilakukan penilaian yakni ada 9 (sembilan) Gugus Depan yang berpangkalan di SMP utusan 9 Kwarcab.

 


“Penilaian Gudep Ramah Lingkungan pertama dilakukan oleh Tim Penilai 2 di Gudep 01.063-01.064 pangkalan SMPN. 1 Rambah Kwartir Cabang Rokan Hulu pada tanggal 28 Oktober 2022” jelas Kak Ajis.

 

Tim Penilai Gudep Ramah Lingkungan Kwarda Riau melaksanakan penilaian di Gudep 05.059-05.060 SMPN 1 Bagan Sinembah Kwarcab Rokan Hilir pada Jum'at, 4/11/2022.

“penilaian selanjutnya dilakukan secara serentak oleh kedua Tim mulai tanggal 3 s.d 5 November 2022 dengan rincian Tim Penilai 1 di Gudep 04.043-04.044 pangkalan SMPN 3 Tualang Kwarcab Siak tanggal 3 November 2022, Gudep 02.017-02.018 pangkalan SMPN 1 Tembilahan Kwarcab Indragiri Hilir tanggal 4 November 2022, Gudep 01.097-01.098 pangkalan SMP IT AL-Khansah Rengat Kwarcab Indragiri Hulu tanggal 4 November 2022, Gudep 01.013-01.014 pangkalan SMPN. 3 Teluk Kwarcab Kuantan Singingi tanggal 5 November 2022” ungkapnya.

 

“Tim Penilai 2 di Gudep 03.061-03.062 pangkalan SMPN. 4 Siak Hulu Kwarcab Kampar tanggal 3 November 2022, Gudep 11.045-11.046 pangkalan SMPN. 34 Kwarcab Kota Pekanbaru tanggal 3 November 2022, Gudep 05.069-05.070 pangkalan SMPN. 1 Bagan Sinembah Kwarcab Rokan Hilir tanggal 4 November 2022, Gudep 06.117-06.118 pangkalan SMPN. 10 Rupat Kwarcab Bengkalis tanggal 5 November 2022" tambahnya.

 

Menurut Waka Abdimasgana LH Kwarda Riau Kak Ario Wibowo, kegiatan penilaian Gugus Depan Ramah Lingkungan Tingkat Kwarda Riau ini adalah perdana, dan untuk tahun 2022 ini penilaian difokuskan kepada Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan program ini akan berlanjut untuk setiap tahunnya.

 


Tim Penilai memiliki kesan tersendiri saat melakukan penilaian, salah satunya saat berkunjung ke Gudep 04.043-04.044 pangkalan SMPN. 3 Tualang Kwarcab Siak, Tim Penilai langsung disambut oleh Waka Abdimasgana dan LH Kwarcab Siak Kak Jon Efendi dan Kamabigus. Dalam sambutannya Kamabigus Kak Surtini menyebutkan sangat berterima kasih atas kunjugan ke Gudepnya dan kami berterima kasih kepada Kwarda Riau telah membuat program Gudep Ramah Lingkungan.

 

“di Gudep atau sekolah ini kami buat bagaimana anak-anak betah, nyaman belajar dan beraktivitas ditempat ini, karena itu kami selalu berbuat, nilai tak dinilai kita harus berbuat yang terbaik sehingga menimbulkan aman, nyaman, tenang, hijau, bersih di Gudep maupun disekolah. Intinya kita harus berbuat nyaman di Gudep ini” kata Kak Surtini.

 


Sementara salah seorang tim penilai di tim 1 Kak Daniel Gemindo mengatakan Alhamdulillah sangat berterima kasih atas sambutan yang diberikan oleh Gudep yang dikunjungi. Menurutnya, penilaian Gudep ramah lingkungan yang ditaja oleh Kwarda Riau direncanakan bersifat berkelanjutan, dimana setiap tahun akan dilakukan penilaian.

 

“target Kwartir Daerah Riau membuat kegiatan ini adalah agar menumbuhkan rasa peduli dari anggota Gerakan Pramuka mulai dari adik-adik Pramuka, Pembina, lingkungan sekolah/Gudep maupun lingkungan di masyarakat” kata Kak Daniel.

 

Tim Penilai melakukan penilaian Gudep Ramah Lingkungan di Gudep 06.117-06.118 SMPN 10 Kwarcab Bengkalis pada Sabtu, 5/11/2022

Mewakili tim penilai 2, Kak Febriandi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kwarcab, Kwarran, Kepala Sekolah selaku Kamabigus, Pembina gudep serta adik-adik Pramuka Penggalang yang telah menyambut dengan baik Tim Penilai Gudep Ramah Lingkungan Kwarda Riau tahun 2022 dan dengan penuh semangat mempersiapkan segala sesuatunya dalam penilaian Gudep Ramah Lingkungan.

 

“Saya mewakili tim penilai ingin menyampaikan Alhamdulillah, ini adalah kali pertama Kwartir Daerah Riau melakukan penilaian Gudep ramah lingkungan dan merupakan penilaian Gudep ramah lingkungan tingkat daerah yang dilaksanakan di indonesia” kata Kak Febriandi.

 

“Kita dapat berbangga bahwa salah satu Kwarcab di Riau yang menjadi acuan Gudep ramah lingkungan tingkat nasional” tambahnya.

 

Sekretaris bidang Abdimasgana dan LH ini menjelaskan tujuan utama dari penilaian ini adalah peserta didik dan anggota dewasa dapat mengimplementasikan Dasa Darma ke 2 yaitu Cinta Alam dan Kasih sayang sesama manusia.

 

“Insyaallah kami akan melakukan penilaian se objektiv mungkin di setiap Gudep yang berpartisipasi” katanya.

 

“Kami juga mengucapkan selamat kepada Gudep yang telah menjadi perwakilan Kwarcab pada lomba Gudep Ramah Lingkungan tahun 2022 dan menjadi kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi Gudep yang telah menjadi utusan Kwarcab” tambahnya.

 

Lebih lanjut, Kak Febriandi mengungkapkan kesannya atau catatannya selama melakukan penilaian Gudep Ramah Lingkungan.

 

Pertama, ada beberapa gudep yang telah melaksanakan Gudep ramah lingkungan dan dari program Gudep ramah lingkungan mereka dapat menghasilkan pendapatan dari apa yang telah mereka lakukan seperti penjualan pupuk kompos, hasil daur ulang sampah kemudian di jual, dan lainnya.

 

Kedua, ada 2 Gudep yang mempunyai satpam lingkungan dan Duta Lingkungan Pramuka yaitu anggota Pramuka yang akan mengingatkan para warga-warga sekolah untuk tetap menjaga kebersihan lingkungannya, biasanya guru atau pembina yang melakukannya.

 

Ketiga, persiapan mengikuti lomba Gudep ramah lingkungan sudah maksimal yang dilakukan oleh Gudep-gudep yang mengikuti lomba.

 

Keempat, untuk penilaian berikutnya, Gudep agar tetap mempertahankan dan meningkatkan lebih baik lagi.

 

Ketua Mabigus SMP Negeri 1 Bagan Sinembah Kak Hj. Parida Warni ketika memberikan sambutan di hadapan Tim Penilai menyampaikan Pramuka merupakan bahagian integrasi yang tidak akan pernah terpisahkan di sekolah dan setiap warga sekolah juga harus dapat menyukseskan program-program yang dilaksanakan oleh sekolah yang salah satunya adalah adiwiyata.

 

“Alhamdulillah sekolah kami telah mendapatkan predikat adiwiyata nasional dan saat ini menuju adiwiyata mandiri” kata Kak Hj. Parida.

 

“Program Gugusdepan ramah lingkungan juga hampir sama dengan program adiwiyata tetapi yang membedakan adalah dilaksanakan oleh Gugusdepan atau Extra Pramukanya” tambahnya.

 

Kak Hj. Parida menjelaskan ada beberapa hal yang telah dilaksanakan oleh Gudep 05.069-05.070 menuju gudep ramah lingkungan diantaranya pertama, pemasaran hasil daur ulang sampah, hasil pupuk kompos yang dihasilkan oleh pabrik kompos yang kami buat sendiri.

 

Kemudian, melaksanakan piket mingguan Pramuka ramah lingkungan, ketiga memilih Duta Lingkungan Pramuka yang akan mengingatkan warga sekolah pada umumnya dan Pramuka khususnya untuk tetap menjaga lingkungan.

 

“Saya selaku mabigus juga mendukung semaksimal mungkin untuk program adiwiyata dan Gudep ramah lingkungan serta ucapan terima kasih kepada para Pembina dan adik-adik Penggalang yang telah berusaha dengan keras” ucapnya.

 

“tak lupa sembah jari 10 kami haturkan kepada Kwarcab yang telah menunjuk kami sebagai perwakilan Kwarcab” tambahnya.

 

Penulis : Kak Irwan Yuliadi

 

 

 

 

 

 




Tidak ada komentar

Posting Komentar