BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) Kwarda Riau ditutup, 66 orang peserta dinyatakan lulus


 

Peserta Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) Kwarda Riau kelas B foto bersama dengan Tim Pelatih sebelum penutupan KPD di Bumi Perkemahan Tengku Buwang Asmara Kwarcab Siak beberapa waktu yang lalu

Kwardariau.or.id, Siak Sri Indrapura – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Siak diwakili Ketua Harian Kak Jamaluddin menutup secara resmi Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) Kwarda Riau bertempat di Bumi Perkemahan Tengku Buwang Asmara pada Sabtu, 26/11/2022 malam.

 

Pada sambutannya, Kak Jamaluddin mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kwarda Riau atas kepercayaan yang diberikan kepada Kwarcab Siak sebagai tuan rumah penyelenggaraan KPD tahun 2022.

 

Peserta Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) Kwarda Riau kelas A foto bersama dengan Pelatih setelah Upacara Pembukaan Latihan beberapa waktu yang lalu di Bumi Perkemahan Tengku Buwang Asmara Kwarcab Siak

“dengan diadakannya KPD ini tentu adanya peningkatan pengetahuan, adanya peningkatan kualitas dari Kakak-kakak yang mengikuti KPD” kata Kak Jamal.

 

Lebih lanjut Kak Jamal menyampaikan perkembangan kegiatan kepramukaan di Kabupaten Siak, dimana semenjak Kwarcab Siak dipimpin oleh Kak Alfedri selama dua periode mulai tahun 2013 sampai dengan 2023 banyak kemajuan dan prestasi yang dicapai diantaranya pada tahun 2014 Kwarcab Siak dianugerahi oleh Kwarda Riau sebagai Kwarcab tergiat.

 

Upacara Api Unggun menandai penutupan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) Kwarda Riau di Bumi Perkemahan Tengku Buwang Asmara Kwarcab Siak

‘kita berkomitmen, mari kita berniat, untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan yang sudah kita peroleh selama KPD di Siak Sri Indrapura ini” ajaknya.

 

Sementara Pemimpin Kursus kelas B Kak Desrir Miftah mewakili Tim Pelatih melaporkan tujuan dilaksanakannya KPD adalah untuk menghasilkan Pelatih Pembina Pramuka yang memiliki kompetensi yang andal. Materi KPD disajikan dengan pendekatan andragogi, berfokus pada pembelajaran diri interaktif progresif dengan melibatkan peserta secara langsung dalam proses pembelajaran, dengan pokok kurikulum 70 jam pelajaran.

 

Laporan Pemimpin Kursus yang disampaikan oleh Pemimpin Kursus kelas B Kak Desrir Miftah pada penutupan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) Kwarda Riau di Bumi Perkemahan Tengku Buwang Asmara Kwarcab Siak

“hasil yang dicapai dalam pelaksanaan KPD Tahun 2022 ini adalah peserta mampu memahami materi yang disajikan” kata Kak Iir sapaan akrabnya.

 

“selanjutnya berdasarkan penilaian, maka Tim Pelatih menyepakati bahwa peserta KPD sebanyak 66 orang dinyatakan 100 persen lulus” tambahnya.

 

Sambutan Ketua Kwarcab Siak diwakili Ketua Harian Kak H Jamaluddin sekaligus menutup Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) Kwarda Riau Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Tengku Buwang Asmara Kwarcab Siak

“dengan ketentuan 1 peserta dinyatakan lulus ditangguhkan dan 5 peserta dinyatakan lulus bersyarat” jelasnya.

 

Salah seorang peserta KPD utusan Kwarcab Kepulauan Anambas Kwarda Kepulauan Riau Kak Nedi ketika menyampaikan kesannya mengatakan tidak menyangka bisa mengikuti kegiatan KPD dan bertemu dengan Kakak-kakak Pelatih hebat dan peserta hebat dari berbagai Kwarcab.

 

“satu kata untuk KPD Kwarda Riau adalah luar biasa” kata Kak Nedi.

 

Sedangkan peserta lainnya Kak Jaini utusan Kwarcab Indragiri Hilir juga turut menyampaikan kesan dan pesannya selama mengikuti KPD.

 

Pemimpin Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) kelas A Kak Elifton menyerahkan kembali Tunggul Latihan kepada Pembina Upacara Kak H Jamaluddin pada penutupan Kursus di Bumi Perkemahan Tengku Buwang Asmara Kwarcab Siak

“selama KPD dilaksanakan ada suasana yang berbeda karena bertemu dengan sahabat baru para pembina mahir lanjut dari Kwarcab lain bahkan di luar provinsi Riau serta dapat saling berbagi informasi, pengetahuan dan keterampilan” kata Kak Jaini.

 

“Para pelatih yang tak kenal lelah memberikan bimbingan, pendampingan terhadap peserta KPD Riau 2022, Pelatih memberikan materi dengan lugas,mudah dicerna dan dipahami. Semoga ini tetap dipertahankan” tambahnya.

 

Ia berpesan, agar tetap semangat untuk membina dan melatih serta berbagi, karena di luar sana banyak sahabat kita para Pembina Pramuka membutuhkan untuk di dampingi demi membentuk karakter anak bangsa.

 

Penutupan ditandai dengan penyerahan kembali tunggul latihan dari Pemimpin Kursus kepada Kwarda Riau dan pelepasan tanda peserta KPD.

 

Hadir pada penutupan KPD Sekretaris Pusdiklatda Riau Kak Herry Syahrial, Tim Pelatih KPD, Pengurus Kwarcab Siak, Pengurus Pusdiklatcab Siak dan undangan lainnya.  

 

Penulis : Kak Irwan Yuliadi 



« PREV
NEXT »