BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Bentuk Saka Adhyasta Pemilu, Bawaslu Pekanbaru Koordinasi ke Batang



Ketua Bawaslu Batang memberikan Buku Materi Saka Adhyasta Pemilu Kepada Ketua Bawaslu Pekanbaru di Aula Bawaslu Batang, Kamis, 26/1/2023




Kwardariau.or.id, Batang - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pekanbaru melakukan kunjungan ke Bawaslu Kabupaten Batang Kamis (26/01/2023). Kunjungan tersebut untuk melakukan koordinasi percepatan pembentukan Satuan Karya Pramuka (Saka) Adhyasta Pemilu.

Kunjungan ini langsung dipimpin Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru Indra Khalid Nasution. Ia didampingi Koordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Rizqi Abadi, Koordiv Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Yasrif Yakub Tambusai. Selain itu juga ikut serta Koordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Riau Amiruddin Sijaya serta Staf Bawaslu Kota Pekanbaru Febriko dan Reza M. Ikhsan.


Mereka disambut langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Batang Mahbrur, Koordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Khikmatun, Koordiv Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Pelatihan Khadik Anwar, Koordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa Akhmad Farichin. Selain itu juga hadir Koordinator Sekretariat Luthfiyah, seluruh staf sekretariat dan Dewan Saka Adhyasta Pemilu Batang. 

Menurut Koordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Riau Amiruddin Sijaya koordinasi ini merupakan cikal  terbentuknya Saka Adhyasta Pemilu di Provinsi Riau. Sehingga koordinasi ini sangatpenting dalam memperkuat pengawasan partisipatif.


"Apalagi sifat dasar kepramukaan adalah kesukarelawanan dan keikhlasan. Sehingga bisa menjadi tangan panjang Bawaslu untuk mensosialisasikan program. Kemudian juga meningkatkan peran serta masyarakat dalam kegiatan pengawasan partisipatif", ujar Kak Amiruddin.

Senada dengannya, Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru, Indra Khalid Nasution mengatakan koordinasi ini juga untuk mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus ada dalam pembentukan Saka Adhyasta Pemilu. Terlebih Bawaslu Batang menjadi perintis terbentuknya Saka Adhyasta Pemilu pertama di Provinsi Jawa Tengah. 




"Pengetahuan serta pengalaman terkait Saka Adhyasta Pemilu ingin kita pelajari dan aplikasikan agar Bawaslu Kota Pekanbaru. Sehingga bisa secepatnya membentuk Saka Adhyasta Pemilu demi terciptanya pemilu yang berintegritas", ungkap Kak Indra. 

Sementara itu Ketua Bawaslu Batang, Mahbrur mengatakan kedatangan Bawaslu Kota Pekanbaru menjadi sebuah kehormatan bagi Bawaslu Batang. Apalagi ditunjuk sebagai rujukan dalam pembentukan Saka Adhyasta Pemilu di Provinsi Riau Khususnya Kota Pekanbaru.




"Melalui Bawaslu Provinsi Jateng dan kita dipercaya untuk menjadi ketua tim pembentukan Saka Adhyasta Pemilu di Jateng. Dari 35 kabupaten/kota sudah terbentuk 30 pangkalan saka yang sudah dilantik oleh Kwartir Cabang," jelas kak Mahbrur.

Menurut kak Mahbrur, pendirian pangkalan saka adalah kewenangan dari Kwartir Cabang. Sedangkan Saka Adhyasta Pemilu Batang yang sudah terbentuk sejak tahun 2020. Dan sekarang terdapat 40 orang anggota aktif dalam kegiatan latihan mingguan", tutup Kak Mahbrur.

Penulis : Kak Febriko
Editor : Kak Lukman Prayitno
« PREV
NEXT »