BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Besok, Gudep PP Daarun Nahdhah Bangkinang Gelar Donor Darah




Kwardariau.or.id, Bangkinang - Gugusdepan Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Bangkinang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kampar akan menggelar aksi donor darah di lingkungan sekolah, Jumat (13/1/2023) besok. Kegiatan yang akan dimulai pada pukul 08.00 sampai 12.00 WIB tersebut diharapkan sebagai ajang edukasi dan sosialisasi mengenai donor darah kepada santri dan guru agar mereka mau terlibat secara langsung sebagai pendonor.

Hal ini diungkapkan ketua panitia, Kak Ina Pergiyanti, Kamis (12/1/2023) pagi. Dikatakannya, kegiatan tersebut merupakan kegiatan kedua yang akan dilaksanakan di Ponpes Daarun Nahdhah Bangkinang. Pada kegiatan sebelumnya hanya diperoleh 31 kantong darah, padahal peserta yang mendaftar lebih dari 100 orang, namun banyak yang tidak memenuhi persyaratan pemeriksaan kesehatan sebagai pendonor dan belum cukup 17 tahun.

“Kegiatan donor darah kali kami menargetkan bisa memperoleh 100 kantong darah. Untuk mencapai jumlah target yang diinginkan, panitia kegiatan sudah berupaya mensosialisasikan kepada seluruh santri Ponpes Daarun Nahdhah Bangkinang," ujar Kak Ina, sapaan akrabnya.

Sementara Ketua Tim PMI Kabupaten Kampar,  dr. Nurzami mengungkapkan hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum dan sesudah mendonorkan darah. Ia meminta agar calon pendonor tidur minimal 4 jam sebelum donor dan mengkonsumsi makanan 3-4 jam sebelum menyumbangkan darah.

"tidak begadang sebelumnya, badan dalam kondisi sehat. Kemudian tidak sedang mengkonsumsi obat tertentu, dan tentunya lolos pemeriksaan kesehatan yang ditentukan. Kegiatan semacam ini sangat bagus untuk kesehatan dan dapat berkontribusi untuk menambah stok kebutuhan darah di PMI,” ujar dr Nurzami.

Penulis: Kak Ina Pergiyati/ Kak Lukman Prayitno
Editor: Kak Lukman Prayitno
« PREV
NEXT »