BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

147 Pramuka Berpartisipasi pada Kegiatan KKP Jilid III





Kwardariau.or.id, Pekanbaru-  Sebanyak 147 anggota pramuka ikut berpartisipasi dalam kegiatan Kelas Kreatif Pramuka Jilid III yang dilaksanakan Bidang Kehumasan dan Informatika, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Riau, Sabtu (25/2/2023). Kegiatan yang dilaksanakan seca┼Ľa offline di Sekretariat Kwarda Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru tersebut mengangkat tema 'Cara Mudah Menulis Berita Kegiatan'.


Tidak tanggung-tanggung, Kwarda Riau menghadirkan Purna Andalan Daerah bidang Kehumasan, kak Lukman Prayitno sebagai narasumber. Apalagi pria yang karib disapa kak Luno tersebut, merupakan mantan wartawan media nasional yang terbit di daerah, Riau Pos (Jawa Pos Group) dan Riaun Online (patner Kumparan).


Menurut kak Luno, membuat berita harus memperhatikan unsur 5w+1h. Pasalnya berita yang dibuat penulis baru dianggap berita juga memenuhi unsur 5w+1h tersebut.



"Agar mudah menulis berita maka salah satu caranya adalah dengan memenuhi unsur 5w1h. Ini wajib bahkan ketika belum ada blackberry android, banyak pewarta pemula atau pewarta magajg yang menuliskannya pada tangan atau pada tempat yang mudah dilihat," ungkap Andalan Cabang Kwarcab Pekanbaru tersebut.


Selain itu, terang kak Luno, memilih judul harus tepat. Dikatakannya, semakin pendek judul justru semakin bagus. Apalagi jika link sebuah berita dibagikan via pesan singkat ataupun media sosial.


"Membuat berita mulai dari pemilihan judul yang tepat, semakin pendek judulnya maka semakin bagus pilihan judul berita tersebut. Kemudian lead berita disesuaikan dengan judul berita dengan menggunakan unsur 5w 1h," terangnya.



Sementara itu dalam KKP jilid III ini, selain belajar teori pada peserta offline sebanyak 18 orang dan online 129 peserta juga diajak untuk membuat berita kegiatan sederhana. Bahkan kak Luno langsung mempraktekkan cara mewawancarai narasumber yaitu kak Ina Pergiyati dari Kampar.


Disisi lain, para peserta online yang berasal dari berbagai daerah bahkan juga aktif bertanya yang dibacakan oleh moderator kak Amanda. Semua pertanyaan juga dijawab kak Luno, bahkan tidak lupa ia memberikan nomor kontak wa-nya agar para peserta KKP jilid III bisa berkonsultasi jika membuat berita pada masa mendatang.


Penulis : Indah Purnama Sari, Penegak Laksana Ambalan MAN 2 Indragiri Hilir

Editor : kak Lukman Prayitno

« PREV
NEXT »