BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Ka Kwarda Riau Tutup Perjusami Pramuka Penegak Saka Wira Kartika Korem 031/Wira Bima

 

Ketua Kwarda Riau Kak Kasiarudin melepas tanda peserta Kegiatan Perjusami Pramuka Penegak Saka Wira Kartika Korem 031/Wira Bima sebagai tanda ditutupnya kegiatan pada Minggu, 19/2/2023 di Bumi Perkemahan Pusdiklatda Riau

Kwardariau.or.id - Pekanbaru - Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau Kak H. Kasiarudin menutup secara resmi kegiatan Perjusami Pramuka Penegak Saka Wira Kartika yang digelar dari hari Jumat hingga Minggu, 17-19 Februari 2023. Kegiatan yang ditaja oleh Korem 031/Wira Bima tersebut resmi ditutup di Bumi Perkemahan Pusdiklatda Riau, Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Minggu (19/02/2023).


Ka Kwarda Kak Kasiarudin dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Korem 031/Wira Bima atas terselenggaranya kegiatan Perjusami Penegak Saka WIra Kartika. Ia mengaku sangat senang dan bangga kepada para peserta yang telah mengikuti kegiata Perjusami. 


“Dan berharap agar Saka Wira Kartika kedepannya dapat lebih baik,” ujarnya. 

Foto bersama pemenang lomba Kegiatan Perjusami Pramuka Penegak Saka Wira Kartika Korem 031/Wira Bima


“Harapan kita tentu kegiatan ini akan terus berlanjut dengan varian-varian yang tentunya yang menyenangkan sesuai dengan dinamika di masyarakat kita,” ucap Kak Kasiaruddin.


Pada kesempatan itu Ka Kwarda yang akrab Kak Ilal ini juga menyampaikan tentang Komponen Cadangan (Komcad). Hal ini sesuai dengan arahan dan sosialisasi yang telah diberikan Kementerian Pertahanan Repulik Indonesia dan telah ditindaklanjuti oleh Kwarda Riau bidang Organisasi, Hukum dan Bela Negara.


“Telah disampaikan ke internal kita (untuk) mensosialisasikan ini agar nanti adik-adik dapat mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi untuk menjadi Komponen Cadangan TNI,” tuturnya.

Foto peserta Kegiatan Perjusami Pramuka Penegak Saka Wira Kartika Korem 031/Wira Bima saat upacara penutupan


Menurutnya, hal ini sejalan dengan kegiatan kepramukaan yang terjadi dilapangan. Sesuai dengan tujuan gerakan kepramukaan yakni mendidik generasi yang cinta bangsa, patriotisme, berakhalak mulia, serta berkemampuan fisik yang hebat, kuat dan tangguh.


“Dan Kakak yakin adik-adik tidak asing dengan seleksi dan tes ini nanti karena adik-adik telah menerima pembekalan itu di satuan karya yang adik-adik pilih, khususnya di Wira Kartika yang memiliki lima krida yang berkaitan dengan kebencanaan, navigasi, pioneering, mountaineering dan sebagainya. Tentu adik-adik telah menerima pembekalan itu dari instruktur sakanya,” jelasnya.


Foto Ka Kwarda Riau bersama peserta Kegiatan Perjusami Pramuka Penegak Saka Wira Kartika Korem 031/Wira Bima


Sementara itu, Kasiter 031/Wira Bima, Kak Santoso melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh anggota Saka Wira  Kartika yang berada di 8 Kodim jajaran Wira Bima. Meliputi 12 kabupaten/kota, total peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 273 orang. 


Para peserta diberikan pendalaman materi tentang lima krida di Saka Wira Kartika dengan pelatih dari pamong-pamong Saka Wira Kartika dari Korem 031/Wira Bima yang telah mengikuti kegiatan khusus sebagai pelatih Saka Wira Kartika. Ditambah dengan materi motivasi, wawasan kebangsaan, PBB dan santiaji Saka Wira Kartika.


“Santiaji adalah sebuah materi yang (menjadi) cikal bakal atau sumber roh dari pada Saka Wira Kartika itu. Contoh dalam hal ini Saka Wira Kartika (memilki) krida yang berkaitan dengan angkatan darat. Jadi santiaji yang diberikan adalah santiaji-santiaji yang menumbuhkan kekompakan, seperti yel-yel, dasadharma pramuka, trisatya pramuka,” terang Kak Santoso.


“Terkait perlombaan Santiaji dalam kegiatan ini terdapat empat kriteria yang menjadi penilaian para juri. Yakni yel-yel, kekompakan/kebersamaan, kreativitas, dan kerapian/kebersihan. Dewan juri sendiri terdiri atas Pasi Wanwil Korem 031/WB Mayor Arh Gunawan, Pasi Bakti Siter Korem 031/WB Mayor Arh Erlaba Perangin Angin, serta Pembina pramuka Kak Isabela,” ungkap Kak Santoso. 


Kak Santoso berharap kepada para peserta agar dapat memberi contoh kepada rekan-rekan,keluarga, dan masyarakat, bahwa pengenalan Saka Wira Kartika dapat diaplikasikan  dalam kehidupan sehari-hari, contohnya wawasan kebangsaan.


“Apa yang telah kita sampaikan kepada mereka, diharapkan mereka dapat memahami dan bisa menularkan kepada rekan-rekan pramuka yang lain maupun keluarga mereka,” harap Kak Santoso.


Berikut Pemenang lomba Santiaji pada kegiatan Perjusami Saka Wirakartika: 

Juara 1: Saka Wira Kartika Kodim 0313/KPR

Juara 2: Saka Wira Kartika Kodim 0303/Bengkalis

Juara 3: Saka Wira Kartika Kodim 0322/Siak


Pewarta: Amanda Wulandari

Editor: Rasid Ahmad

« PREV
NEXT »