BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Dari Lapangan LT IV Kwarda Riau, Peserta Akui Tambah Ilmu Hingga Target Juara Umum

 

Peserta Lomba Tingkat IV Kwarda Riau sedang membuat pionering di Bumi Perkemahan Pusdiklatda Riau, Kamis, 11/5/2023


Kwardariau.or.id, Pekanbaru - Terik matahari yang menyengat kulit tak menyurutkan semangat para peserta Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Empat (LT IV) Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau di Bumi Perkemahan Pusdiklatda Riau, Kamis (11/5/2023). Sigap, tangkas, cekatan dan kompak dalam membangun suatu objek sederhana ditunjukkan peserta di mata lomba pionering. 


Lapangan bumi perkemahan yang terletak di Jalan Pramuka, Rumbai Timur jadi saksi bisu totalitas peserta. Peluh yang bercucur tak menjadi penghalang bagi mereka untuk terus berpacu dengan waktu menyelesaikan objek yang mereka kerjakan. Materi terus dirangkai dari tangan-tangan cekatan nan terampil untuk membangun objek sederhana yang nanti akan dinilai oleh dewan juri. 



Menjadi yang terbaik pastinya adalah obsesi yang sama-sama mereka targetkan di helat lima tahunan ini. Utusan dari 11 Kwarcab se-Daerah Riau ini sama-sama ingin mempersembahkan yang terbaik untuk daerahnya. 


"Walaupun kita ingin juara dan menjadi yang terbaik, tapi kita harus tetap menjunjung tinggi sportifitas. Kekompakan harus kami jaga," ujar Pemimpin Regu Putri dari Kwarcab Indragiri Hilir, Maulida saat ditemui di lapangan. 



Bersama tim regunya yang terdiri dari 6 orang, Maulida optimis mampu mengerjakan tantangan lomba tepat waktu. "Yang penting kita tidak boleh merasa sok paling oke. Kita bersama-sama mengerjakan setiap pekerjaan dan tantangan yang ada," kata siswi MTs Riadatul Jannah kelas VIII Inhil ini. 


Mewakili teman-teman satu regunya, Maulida mengaku banyak yang didapat dari kegiatan yang diselenggarakan 10-14 Mei 2023 tersebut. Selain tambah kawan, menurutnya banyak ilmu yang didapat. "Bisa sharing pengalaman. Dapat ilmu-ilmu baru, khususnya tentang kepramukaan. Kawan pun bertambah," ungkap Maulida sembari menyebutkan kontingen Inhil mengikuti semua mata lomba yang ada.



Semangat yang sama juga ditunjukkan Regu Rajawali Siak. Regu putra utusan dari Kabupaten berjuluk Negeri Istana itu bahu membahu menyelesaikan materi lomba cabang pionering. 

"Jauh-jauh hari kami sudah mempersiapkan diri, baik mempersiapkan mental maupun keterampilan agar bisa melewati tantangan lomba," ungkap Pemimpin Regu Rajawali Siapa Ghalib Safari Desmon. 

Menjadi juara umum agaknya bukanlah hal yang berlebihan bagi dirinya bersama kawan seregunya. "Pengennya jadi juara umum. Kalaupun tak bisa minimal juara tiga," kata siswa SMPN 3 Tualang ini. 



Bersama-sama anggota regunya, Habib Nino Azis, Farel foniza, Dian Perdana, Rendy Ramdani, Khalhafi Azmi, Syahrul Rizal dan Ibnu Fajar dirinya siap berjuang demi mengharumkan Kabupaten Siak, khususnya sekolahnya yang sempat meraih predikat sebagai Gudep Ramah Lingkungan tingkat Provinsi Riau tahun 2022.


Seperti diketahui, LT IV Kwarda Riau diselenggarakan selama lima hari. Ada 27 mata lomba yang diperlombakan. Kegiatan diikuti 11 Kwarcab dari 12 Kwarcab di Provinsi Riau. Ada 209 peserta putra dan putri turut ambil bagian di kegiatan ini. 


Penulis: Kak Sri Lestari

« PREV
NEXT »