BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

LT IV digelar, Ketua Kwarda : hasil LT dapat dijadikan acuan sejauhmana pembinaan Pramuka Penggalang

 

Ketua Kwarda Riau Kak Kasiarudin, SH memberikan sambutan pada pembukaan Lomba Tingkat IV Kwarda Riau di Bumi Perkemahan Pusdiklatda Riau, Rabu sore, 10/5/2023

Kwardariau.or.id - Pekanbaru – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau Kak Kasiarudin, SH memberikan sambutan pada pembukaan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Empat (LT IV) di Bumi Perkemahan Pusdiklatda Riau, Rabu sore, 10/5/2023.


Ka Kwarda menyampaikan Lomba Tingkat merupakan salah satu bentuk kegiatan Pramuka Penggalang untuk Regu Berprestasi dimulai dari Regu Berprestasi di Gugusdepan, Kwartir Ranting, Kwartir Cabang, Kwartir Daerah sampai ke Kwartir Nasional. 



Beliau menjelaskan bahwa Lomba Tingkat (LT) berbeda dengan kegiatan-kegiatan Pramuka Penggalang lainnya seperti Jambore, Gladian, Persami atau bentuk kegiatan lainnya. LTmerupakan kegiatan Penggalang yang memerlukan pengetahuan, keterampilan, kekompakan serta kerjasama dengan anggota regu untuk meraih prestasi tertinggi.


“bagi Kwartir, hasil Lomba Tingkat dapat juga dijadikan acuan atau pedoman sampai sejauhmana pola dan mekanisme pembinaan Pramuka, khususnya Pramuka Penggalang yang telah dilaksanakan selama ini” kata Kak Kasiarudin.



“Apakah latihan di Gugusdepan telah sesuai dengan ketentuan dan petunjuk yang berlaku, apakah sudah sesuai dengan Syarat Kecakapan Umum (SKU), Syarat Kecakapan Khusus (SKK) serta Syarat Pramuka Garuda (SPG)” tambahnya. 


“Untuk itu saya mengharapkan agar kepada Pusdiklat atau Puslitbang, juga dapat memantau perkembangan pembinaan Pramuka, khususnya Pramuka Penggalang melalui kegiatan Lomba Tingkat ini” harapnya.



Selanjutnya beliau mengungkapkan keikutsertaan Kwarda Riau pada Lomba Tingkat V Nasional yang diselenggarakan 5 tahun sekali, Regu Berprestasi utusan Kwarda Riau tidak pernah mencapai hasil yang mengecewakan, selalu masuk 10 besar tingkat nasional apakah itu regu berprestasi putra atau regu berprestasi putri, dan berharap di LT V Nasional 2023 regu berprestasi utusan Kwarda Riau, dapat meningkatkan prestasi yang telah diraih oleh regu berprestasinya sebelumnya.


Selain itu, Ka Kwarda berharap kepada tim juri tetap semangat menjaga netralitas, integritas serta menanamkan nilai-nilai kejujuran dalam pelaksanaan Lomba Tingkat IV dengan tujuan agar peserta LT IV dapat mengambil hikmah dan nilai karakter setelah mereka dewasa. Kepada panitia penyelenggara beliau mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas waktu, tenaga serta pikiran untuk mensukseskan kegiatan Lomba Tingkat IV Kwarda Riau tahun 2023.



Ketua Panitia LT IV Kwarda Riau, Kak Linda Usmayati dalam laporannya menyampaikan kegiatan LT IV diikuti oleh Regu Berprestasi Tinggi utusan Kwartir Cabang se-Daerah Riau dengan rincian 11 Regu Penggalang Putra, 11 Regu Pramuka Putri didampingi oleh 1 orang Pembina Pendamping Putra dan 1 orang Pembina Pendamping Putri, dipimpin oleh 1 orang Pimpinan Kontingen. Jumlah keseluruhan 209 orang. Kak Linda menambahkan Kwarcab yang tidak mengirimkan peserta pada LT IV adalah Kwarcab Rokan Hilir.



LT IV digelar mulai tanggal 10 s.d 14 Mei 2023 bertempat di Bumi Perkemahan Pusdiklatda Riau, memperlombakan 27 mata lomba dengan tema membangun regu tangguh. Regu Berprestasi Tinggi pada LT IV akan menjadi utusan Kwarda Riau pada LT V Nasional yang digelar pada tanggal 17-23 Juni 2023 mendatang di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.  


Penulis :Kak Irwan Yuliadi (Humas Kwarda Riau) 


« PREV
NEXT »