Ketua Kwarda Riau lantik Walikota Dumai sebagai Ketua Mabicab Gerakan Pramuka

Tidak ada komentar
Ketua Kwarda Riau Kak H. Kasiarudin, SH melantik Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Dumai di Pendopo Sri Bunga Tanjung, Rabu, (25/5/2022)



Kwardariau.or.id, Dumai – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau, Kak H. Kasiarudin, SH resmi melantik Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Dumai masa bakti 2021-2026 yang diketuai oleh Walikota Dumai Kak Paisal SKM.,MARS bertempat di Pendopo Sri Bunga Tanjung Kota Dumai, Rabu (25/5/2022).

Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Kwarda Gerakan Pramuka Riau nomor 11 tahun 2022 tanggal 20 April 2022 tentang Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Dumai Masa Bakti 2021-2026.




Dalam kesempatan itu, Ketua Kwarda mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak seperti dari TNI, Polri, dan dari perusahaan-perusahaan yang telah bergabung di Mabicab Gerakan Pramuka Kota Dumai.

Selain itu, ada beberapa hal yang disampaikan oleh Ketua Kwarda terkait tugas dan fungsi Majelis Pembimbing (Mabi) sebagaimana diatur di dalam Undang-undang nomor : 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan Petunjuk Penyelenggaraan.

“Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka adalah suatu badan dalam Gerakan Pramuka yang memberikan bimbingan, bantuan moril, organisatoris, material dan finansial kepada Kwartir Nasional, Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, Kwartir Ranting dan Gugus depan Gerakan Pramuka” terangnya.

Ketua Kwarda menjelaskan bahwa di Gerakan Pramuka, secara ex-officio Ketua Majelis Pembimbing mulai dari nasional hingga ke ranting ada di struktur pemerintahan.

Ketua Kwarda Riau Kak H. Kasiarudin, SH memasang tanda jabatan Ketua Mabicab Kota Dumai kepada Walikota Dumai Kak Paisal SKM, MARS



“makanya di nasional Ketua Mabinya adalah Presiden, anggota Mabinya para menteri terkait, begitu juga Daerah Ketua Mabinya adalah Kepala Daerah dengan anggotanya para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga ke tingkat ranting, Ketua Mabinya adalah Camat” jelas mantan Asisten I Setda Provinsi Riau ini.

Beliau mengingatkan bahwa Gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan non formal yang besar, yang berjenjang mulai dari Siaga sampai dengan Pandega yang berpangkalan mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi dan sistematis. Beliau juga mengingatkan akan pentingnya Satuan Karya Pramuka (Saka).

“adik-adik kita di Penegak mereka harus dilatih di Saka, di Dumai ada Saka Wira Kartika, Saka Bhayangkara, Saka Bahari, dan mereka boleh memilih dan waktu mereka enam bulan” kata beliau.

“pendidikan karakter di Gerakan Pramuka menggunakan metode Sesosif, dimana S adalah spiritual, E adalah emosional, S berikutnya adalah sosial, I adalah intelektual, dan F adalah fisik” tambah mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Dumai ini.

Penandatanganan ikrar dan berita acara pelantikan Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Dumai



Ketua Kwarda mengharapkan kepada Walikota Dumai selaku Ketua Mabicab Kota Dumai untuk terus membantu dan membimbing Kwarcab Kota Dumai sehingga proses kegiatan pendidikan kepramukaan di Kota Dumai dapat terus berjalan dengan baik sehingga anak-anak, kaum muda harapan bangsa dapat mandiri dan berakhlak serta mempunyai jiwa dan karakter serta semangat yang tinggi dalam meraih cita-citanya. 

Dan kepada Kwarcab Kota Dumai, Ketua Kwarda berpesan agar terus melaksanakan pembinaan dan pengembangan kepramukaan di Kota Dumai dan melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Mabicab setiap saat.   

Hadir pada saat pelantikan Sekretaris Kwarda Riau, Ketua Kwarcab Kota Dumai Kak Eko Wardoyo, S.Sos.,M.Si, Kkm Kal Tedung Letda Laut Tehnik Hartoni, Kadis Ops Satradar Mayor Lek Hardianto, Kasat Binmas AKP Hardiyanto, SE.,M.Si.

Penulis : Kak Irwan Yuliadi 


Tidak ada komentar

Posting Komentar