BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Buka TC Jambore Nasional XI Kontingen Daerah Riau, Ka Kwarda harapkan adik-adik persiapkan diri lebih baik

Ketua Kwarda Riau Kak H. Kasiarudin didampingi Sekretaris Mabida Riau Kak Indrawansyah memasang tanda peserta TC Jamnas XI Konda Riau sebagai tanda dibukanya TC pada Sabtu, 18/6/2022 di aula Buper Pusdiklatda Riau





Pekanbaru,  Kwardariau.or.id  – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau, Kak H. Kasiarudin, SH membuka Training Center (TC) Jambore Nasional XI Kontingen Daerah Riau bertempat di aula Buper Pusdiklatda Riau, Sabtu (18/6/2022).

Ketua Kwarda menyampaikan kegiatan Jambore adalah ciri khas Pramuka/scouting yang dicetuskan oleh Lord Baden Powell dan kegiatan Jambore merupakan  alat bagi Gerakan Pramuka dan bukan merupakan tujuan.

Sambutan Ketua Kwarda sekaligus membuka acara TC secara resmi



“untuk itulah dalam setiap kegiatan Jambore, baik di tingkat Ranting sampai Nasional maupun Jambore Dunia, para peserta disuguhkan kegiatan-kegiatan yang penuh dengan keterampilan, pengetahuan, serta pengalaman dengan harapan setelah mengikuti Jambore dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang mempengaruhi jiwa, watak dan karakter peserta didik” kata Kak Kasiarudin.

Lebih lanjut Ka Kwarda mengatakan event Jambore Nasional selalu ditunggu-tunggu oleh peserta didik dan para Pembina setiap lima tahun.

Laporan Ketua Panitia TC Jamnas XI Kak Lukman Hakem



“tidak semua peserta didik dapat merasakan kegiatan Jambore Nasional, oleh karena itu sangat beruntung dan bersyukur sekali adik-adik dapat mengikuti event Jambore Nasional kali ini” sebut Kak Ilal yang pernah mengikuti Jambore Nasional tahun 1977. 

“dibutuhkan persiapan yang baik, terencana serta matang mengikuti event Jambore Nasional kali ini, apalagi Jambore Nasional tahun ini kita masih dihadapkan dengan pandemi Covid-19” tambahnya.

“untuk itulah Kwarda Riau mempersiapkan bekal kepada Kakak-kakak Pembina Pendamping dan adik-adik agar kegiatan Jamnas dapat diikuti dengan baik, sukses dan lancar” ujarnya.

Peserta TC mendengarkan sambutan Ka Kwarda



Ka Kwarda mengharapkan adik-adik dapat mempersiapkan diri lebih baik dan dapat memberikan pengalaman pembekalan ini kepada anggota regunya di Kwarcab masing-masing sehingga anggota regu dapat mengikuti dan menjalankan setiap kegiatan hingga selesai jambore Nasional nantinya.

“selamat mengikuti TC Jamnas XI 2022 dengan penuh semangat dan kegembiraan” ucap Ka Kwarda.

Ketua Panitia Pelaksana TC Kak Lukman Hakem melaporkan kegiatan TC dilaksanakan selama dua hari, tanggal 18-19 Juni 2022 bertempat di Bumi Perkemahan Pusdiklatda Riau, diikuti oleh 6 orang utusan Kwartir Cabang se-Daerah Riau yang terdiri dari para Pembina Pendamping, Pemimpin Regu dan Wakil Pemimpin Regu. Selain itu juga diikuti 4 orang Pembina Pendamping Pramuka Berkebutuhan Khusus.




“jumlah peserta TC berjumlah 74 orang terdiri dari Pembina Pendamping 26 orang, Pemimpin Regu dan Wakil Pemimpin Regu 44 orang” kata Kak Hakem.

“materi TC Jamnas XI terdiri dari upacara pembukaan, dinamika kelompok, permainan persahabatan, adat, budaya dan seni melayu Riau, membangun disiplin, semangat dan yel-yel regu, manajemen regu, mars dan hymne Jamnas XI dan upacara penutupan” jelasnya.

Hadir pada saat pembukaan TC, Sekretaris Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau Kak Indrawansyah, Anggota Mabida Harian Kak Prof. Soewardi MS, Bendahara Mabida Harian Kak H. Amrin Am, Wakil Ketua Kwarda Riau bidang pembinaan anggota muda Kak Jon Haril, Sekretaris Kwarda, dan beberapa orang Andalan Kwarda Riau.

Penulis : Irwan Yuliadi
« PREV
NEXT »