Bupati Bengkalis harapkan peserta Kemah Konservasi Lingkungsan se-Daerah Riau bisa berkarya dan membuat aksi lingkungan hidup

Tidak ada komentar
Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah Kak Bustami HY memberikan sambutan pada pembukaan Kemah Konservasi Lingkungan se-Daerah Riau di Pantai Tanjung Lapin Rupat Utara, 28/7/2022



Kwardariau.or.id , Rupat Utara – Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bengkalis Kak Bustami HY menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada pembukaan Kemah Konservasi Lingkungan se-Daerah Riau di Pantai Tanjung Lapin, Rupat Utara, Kamis (28/7/2022).


Pemerintah Kabupaten Bengkalis menyambut baik serta memberikan apresiasi yang tinggi atas digelarnya Kemah Konservasi Lingkungan Daerah Riau tahun 2022 di Kecamatan Rupat Utara dengan harapan peserta kemah nantinya dapat berperan aktif serta menanamkan nilai-nilai penting dalam upaya pelestarian sekaligus menjaga kebersihan lingkungan sehingga memberi manfaat signifikan bagi keberlangsungan hidup manusia masa kini dan dimasa yang akan datang.


Sekda Bengkalis yang juga Ketua Kwarcab Bengkalis Kak Bustami HY menerima piagam penghargaan dari Kwarda Riau diserahkan oleh Asisten I Setda Provinsi Riau Kak Masrul Kasmy



Beliau menyampaikan Allah SWT telah mengkaruniakan Riau secara umum dan Kabupaten Bengkalis khususnya dengan berbagai kekayaan alam yang luar biasa lewat panorama pantai, laut, sungai, dan keragaman hayati serta flora dan fauna. 


“Anugerah ini tentunya harus kita jaga bersama agar kelak tetap dapat dinikmati dan dirasakan generasi penerus kita di masa mendatang” katanya.


“namun demikian seiring kemajuan teknologi, pemanfaatan sumber daya alam hayati yang berlebihan, menurunnya kualitas dan daya dukung lingkungan, hilangnya keanekaragaman hayati penting dan ditambah pula dengan pertumbuhan penduduk dalam jumlah besar, pengkonversian lahan hutan menjadi perkebunan, pertanian, lahan permukiman, industri, dan sebagainya mengakibatkan lingkungan terus mengalami kerusakan dari tahun ke tahun sehingga dapat mengganggu keseimbangan ekosistem yang ada” tambahnya.





“fenomena kerusakan tersebut, tentunya harus segera kita cegah agar tidak menimbulkan efek negatif yang lebih parah lagi kedepannya” ujarnya.


Lebih lanjut beliau menjelaskan, salah satu usaha preventif yang bisa dilakukan adalah dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat, terutama kaum muda untuk senantiasa peduli akan lingkungan sekitarnya, dan berbuat nyata dalam melestarikan lingkungan yang lebih dikenal dengan istilah tindakan konservatif.





“memang sejatinya, tidak semua orang memiliki kepedulian dan berminat dalam membahas isu-isu lingkungan, apalagi berbuat nyata untuk melestarikan alam” katanya.


“Namun demikian, hal tersebut, tentunya tidak berlaku bagi Gerakan Pramuka, sebagai wadah pendidikan yang melaksanakan pendidikan guna membentuk jiwa-jiwa yang memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun negara kesatuan republik indonesia, mengamalkan pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup” tambahnya.


Sekda yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Bengkalis mengaku optimis melalui kegiatan kemah konservasi lingkungan daerah Riau tahun 2022 ini, upaya konservasi alam dan kelestarian lingkungan hidup dengan menerapkan metode kepramukaan pasti dapat kita lakukan secara baik dan berkelanjutan karena pramuka dapat menjadi pelopor dalam gerakan peduli konservasi baik dalam lingkungan gerakan pramuka sendiri maupun secara umum, dalam mengajak masyarakat luas untuk ikut serta melakukan tindakan konservatif pada lingkungan sekitar. 





“melalui tagline, pramuka beraksi, alam Riau lestari, kami yakin, kegiatan kemah konservasi lingkungan yang merupakan semangat positif untuk mengajak masyarakat ikut serta aktif melakukan tindakan konservatif dapat kita implementasikan, demi terwujudnya kenyamanan dan kebersihan di bumi lancang kuning termasuk Kabupaten Bengkalis tentunya” katanya.


“harapan kami, setelah kegiatan ini para anggota pramuka bisa berkarya dan membuat aksi lingkungan hidup dalam ruang lingkup kepramukaan dan senantiasa terpatri dalam kehidupan sehari-hari” harapnya.


“gaung dan gema dari kegiatan ini juga diharapkan hendaknya dapat tersampaikan kepada masyarakat luas dengan baik, sehingga dapat memasyarakat dan menjadi gerakan bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan” tambahnya. 





Kemah Konservasi Lingkungan se-Daerah Riau dibuka secara resmi oleh Gubernur Riau diwakili oleh Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Riau Kak Masrul Kasmy. Hadir saat pembukaan, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Riau Kak Kasiarudin, Wakil Ketua Kwarda bidang Binamuda Kak Jon Haril, bidang organisasi dan hukum Kak Riza Pahlefi, bidang sarana dan prasarana Kak Ikhsan, Sekretaris Kwarda, para Andalan Kwarda, Pengurus Kwarcab Bengkalis, Pengurus DKD Riau, Camat Rupat Utara, Kapolsek Rupat Utara, dan tamu/undangan. 


Penulis : Kak Irwan Yuliadi

Tidak ada komentar

Posting Komentar