Lestarikan lingkungan, Kwarda Riau gelar Kemah Konservasi di Rupat Utara

Tidak ada komentar
Gubri diwakili Asisten I yang juga Ketua Harian Mabida Gerakan Pramuka Riau Kak Masrul Kasmy didampingi Ketua Kwarda Kak Kasiarudin, Sekda Bengkalis Kak Bustami HY secara bersama-sama menyerahkan bibit tanaman kepada peserta Kemah Konservasi Lingkungan se-Daerah Riau sebagai tanda dibukanya kegiatan di Pantai Tanjung Lapin Rupat Utara, Kamis, 28/7/2022.



Rupat Utara, Kwardariau.or.id – Gubernur Riau (Gubri) selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka yang diwakili oleh Asisten I bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Kak Masrul Kasmy membuka Kemah Konservasi Lingkungan se-Daerah Riau di Bumi Perkemahan Pantai Tanjung Lapin Rupat Utara Kabupaten Bengkalis, Kamis, 28/7/2022. 


Gubri dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kak Masrul Kasmy menyampaikan Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan karakter bagi generasi muda telah menanamkan jiwa dan semangat peduli terhadap sesama dan alam sekitar. Hal tersebut tercantum dalam pengamalan kode kehormatan Pramuka berupa Satya dan Darma Pramuka. 





“Salah satu wujud pengamalan satya dan dharma Pramuka adalah “ Ikut serta membangun masyarakat” dan “ Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia”, kata Kak Masrul Kasmy.


“maka pada hari ini kita akan melaksanakan serangkaian kegiatan yang diikuti oleh utusan Pramuka se-daerah Riau dan juga adik-adik dari Kwarcab Bengkalis agar tempat yang kita laksanakan kegiatan ini menjadi rindang, asri dan nyaman” tambahnya.


Lebih lanjut Kak Masrul mengatakan bahwa Gubernur Riau yang juga Ketua Mabida Gerakan Pramuka Riau Kak Syamsuar sangat mengapresiasi kegiatan ini, dengan harapan ditempat lain juga dilaksanakan berbagai kegiatan serupa guna mendukung pelestarian lingkungan, khususnya di Provinsi Riau, sehingga masa depan alam dan bumi ini terjaga dengan baik sebagai warisan anak cucu kita kelak.


Sambutan Gubernur Riau diwakili oleh Asisten I Setda Provinsi Riau sekaligus membuka Kemah Konservasi Lingkungan se-Daerah Riau Tahun 2022



“Apalagi dalam jiwa setiap anggota Pramuka telah terpatri dan tertanam jiwa mencintai alam dan juga terdapat satuan-satuan yang mendukung upaya pelestarian lingkungan seperti Pramuka Peduli dan Satuan Karya Kalpataru, sehingga saya yakin kegiatan ini benar-benar membawa manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar” tambah Ketua Harian Mabida Gerakan Pramuka ini.


“Kegiatan Pramuka banyak menanamkan nilai pendidikan moral, etika, dan pembentukan karakter adik-adik. Maka dari itu pemerintah tidak meragukan lagi dengan pendidikan yang ada di kepramukaan, bahkan pemerintah sudah mewajibkan para siswanya yang berada di SMP maupun SMA untuk mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka” ujarnya.


Penaikan bendera kegiatan



Mantan Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Riau ini mengingatkan dan menegaskan pentingnya pendidikan kepramukaan bagi pengembangan generasi muda di tengah pengaruh era informasi digital yang mempengaruhi gaya dan perilaku peserta didik.


“Pendidikan kepramukaan harus bisa menjadi solusi untuk pembentukan karakter siswa. Pendidikan pramuka tidak hanya membuat anak-anak kita lebih berkarakter dan mempunyai kepribadian yang positif. Pramuka juga mengajarkan siswa bagaimana mengenal lingkungan hidup dan bertahan hidup dalam keadaan darurat, berbagai pengetahuan dan ilmu bertahan hidup seperti menggunakan berbagai benda di alam sekitar, yang akan membuat siswa lebih tangguh dan mencintai alam yang ada disekitarnya” jelasnya.


“apa yang sudah dilakukan oleh Gerakan Pramuka, sangat membantu program pemerintah dalam upaya membangun di segala bidang baik fisik maupun manusianya, sehingga Insyaallah visi dan misi Provinsi Riau dapat tercapai” tambahnya.





Pada kesempatan ini diberikan piagam penghargaan dan cenderamata oleh Kwarda Gerakan Pramuka Riau kepada Bupati Bengkalis, Ketua Kwarcab Bengkalis dan Camat Rupat Utara. Pembukaan kegiatan ditandai dengan penyerahan bibit tanaman dan pemasangan tanda peserta kepada perwakilan peserta.





Ketua Sangga Kerja Kemah Konservasi Eka Indra Setiawan melaporkan kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 28 s.d 31 Juli 2022, diikuti oleh utusan Kwarcab se-Daerah Riau. Kegiatan terdiri dari kegiatan wawasan dan lapangan seperti jumpa tokoh, penanaman bibit pohon, Pramuka jaga lingkungan, pengenalan konsep dan permasalahan konservasi, budidaya spesies udang, Pramuka adalah Humas Pemuda, ekonomi kreatif masyarakat Rupau Utara dan pemilihan Duta Konservasi.


Hadir dalam pembukaan kegiatan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau Kak Kasiarudin, Wakil Ketua bidang binamuda Kak Jon Haril, Wakil Ketua bidang organisasi dan hukum Kak Riza Pahlefi, Wakil Ketua bidang sarana dan prasarana Kak Ikhsan, Sekretaris Kwarda, Sekretaris Daerah Bengkalis Kak Bustami HY, Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bengkalis, Camat Rupat Utara, Kapolsek Rupat Utara, Pengurus Dewan Kerja Daerah Riau dan tamu/undangan. 


Penulis : Kak Irwan Yuliadi


Tidak ada komentar

Posting Komentar