KSAD Jenderal Dudung: Peserta Jambore Nasional Pramuka adalah Tunas Harapan Bangsa

Tidak ada komentar
Ketua Kwarnas Kak Budi Waseso bersama Kepala Staf TNI Angkatan Darat Kak Dudung, Sesjen Kwarnas Kak Bachtiar, Ketua Panitia Pelaksana Kak Budi Prayitno menabuh gendang sebagai tanda dibukanya Jambore Nasional XI 2022 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta, 14 Agustus 2022




Kwardariau.or.id ,Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Dudung Abdurachman berharap bahwa pelaksanaan Jambore Nasional yang berlangsung pada 14-21 Agustus 2022 akan berjalan dengan sukses. “Semoga Jamnas ini akan sukses karena peserta adalah tunas-tunas harapan bangsa,” kata Jenderal Dudung pada Upacara Pembukaan Jamnas di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta pada Minggu, 14 Agustus 2022.

Kak Dudung Abdurachman mengatakan bahwa saat sekolah di Bandung, dirinya menjadi anggota Gerakan Pramuka. Kemudian melanjutkan ke Akademi Militer (Akmil) Magelang dan lulus tahun 1988 dari kecabangan Infanteri.  Pada saat itu, ujarnya, hampir 90 persen  yang masuk menjadi mahasiswa Akademi Militer berasal dari Praja Muda Karana (pramuka).

Dalam Upacara Pembukaan Jambore Nasional Gerakan Pramuka XI Tahun 2022 (Jamnas XI Tahun 2022) ini, tampil  drumband dari Akademi Militer. “Untuk membangkitkan semangat adik-adikku sekalian. Saya berharap ke depannya, adik-adik terus terlibat, menjaga disiplin, loyalitas dan penuh semangat pada kegiatan Jambore ini. Nantinya akan melahirkan kegiatan-kegiatan yang sangat bermanfaat dan justru memunculkan jiwa korsa satuan dan kesatuan,” kata Kak Dudung, yang pernah sebagai loper koran dan penjual kue klepon tahun 1981, pada saat kelas 2 SMP di Bandung.




Jambore Nasional yang diadakan tiap lima tahun sekali kali ini diikuti oleh 8.042  pramuka penggalang, 1013 pembina pendamping dan 242 pimpinan kontingen daerah  yang  berasal dari 34 Kwarda dan  528  utusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka dan Satuan Komunitas Pramuka. Ikut menjadi peserta adalah Pramuka Berkebutuhan Khusus dari 4 kekhususan yaitu Tuna Netra, Tuna Daksa, Tuna Rungu dan Tuna Grahita. Jumlah mereka ada 66 orang pramuka. 

Peserta lainnya berasal dari Gugus Depan yang berpangkalan di KBRI/ KJRI yaitu dari Kuala Lumpur  15 orang,  Davao (Filipina)  12 orang dan  dari NSO yaitu dari Persekutuan Pengakap Malaysia 21 orang dan dari  UK Muslim Scout Fellowship (4 orang putri).  Selain itu hadir perwakilan  dari  WOSM, APR dan World Scout Foundation (WSF)  serta National Scout Organization of Thailand.




Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Budi Waseso menjadi Pembina Upacara Pembukaan Jamnas dan Hari Pramuka ke-61.  Tema Jamnas ke-11 adalah ‘Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi’ yang berisikan berbagai kegiatan. “Baik kegiatan untuk meningkatkan keterampilan fisik maupun kegiatan untuk menambah wawasan dan pemahaman mental dan rohani,” ujar Kak Budi Waseso. Diadakan pula kegiatan berupa wisata edukasi dan yang juga dilaksanakan adalah kegiatan bakti masyarakat berupa jambanisasi dan pembagian bahan pokok, yang akan dilakukan para Pembina pendamping. 

Di Buperta Cibubur juga telah disiapkan Kebun Buah Nusantara dan Kebun Tanaman Keras Nusantara. Dalam pelaksanaan Jamnas, diterbitkan pula seri prangko peringatan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Penerbitan prangko ini antara lain merupakan bagian dari pendokumentasian sejarah kepramukaan dan menginformasikan kegiatan Jamnas XI kepada masyarakat luas.

Kak Budi Waseso mengatakan bahwa dalam kaitan dengan upaya Gerakan Pramuka membantu menanggulangi pandemi Covid-19, berbagai kegiatan telah dilaksanakan Satuan Tugas Pramuka Peduli Penanggulangan Covid-19. Antara lain Gerakan Kedisiplinan Nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan, maupun Gerakan Kepedulian Nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati menolong sesama hidup, khususnya mereka yang terdampak akibat pandemi Covid-19 ini.

Di dalam Jamnas XI ini, seluruh yang terlibat baik peserta maupun panitia juga telah divaksin minimal dua kali. Kak Budi Waseso menjelaskan pihaknya berharap agar semuanya tetap sehat dan dapat mengikuti Jamnas XI dengan baik. Kegiatan swab ini sekaligus sebagai bagian dari upaya Gerakan Pramuka ikut menanggulangi pandemi Covid-19.

“Keunikan lainnya pada Jambore Nasional kali ini adalah karena masih dalam situasi pandemi, maka setiap peserta diberikan fasilitas satu orang satu tenda,” kata Ketua Panitia Pelaksana Jamnas XI, Kak Budi Prayitno. Penempatan tenda tersebut dilakukan melalui sistem aplikasi agar menghindari penggunaan kertas dan meminimalisir adanya kontak mata secara langsug.

Upacara Pembukaan Jambore Nasional XI dibuka secara simbolis dengan pemukulan dol oleh Ketua Kwartir Nasional Kak Budi Waseso dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Kak Dudung. Tepuk tangan yang meriah, serta penampilan pemukulan dol dan atraksi 35 personel dari Kwartir Daerah Bengkulu terdengar di Buperta Cibubur. 

Pada akhir upacara ditampilkan atraksi keterampilan pramuka dan seni budaya oleh peserta dari Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Tengah. Selain itu adalah penampilan drumband Akademi Militer  Magelang, yakni Genderang Suling Canka Lokananta (GSCL),



Tidak ada komentar

Posting Komentar