Buka Jambore Ranting I Binawidya, Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru ucapkan Selamat ber-Jambore

Tidak ada komentar
Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru Kak Masykur Tarmizi membuka secara resmi Jambore Ranting I Binawidya di Bumi Perkemahan Pramuka Universitas Riau, Jum'at, 2/9/2022




Kwardariau.or.id, Pekanbaru – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru Kak Masykur Tarmizi, S.STP, M.Si membuka Jambore Ranting I Binawidya pada Jum’at, 2/9/2022 sore di Bumi Perkemahan Pramuka Universitas Riau.


Ka Kwarcab dalam sambutannya mengatakan bahwa Kwartir Ranting (Kwarran) Binawidya adalah Kwarran yang kesekian kalinya yang melaksanakan Jambore Ranting di setiap Kecamatan dan ini merupakan program kerja Kwarcab Kota Pekanbaru bekerjasama dengan Kecamatan.


“kegiatan yang disupport di APBD Kota Pekanbaru untuk melaksanakan kegiatan kepramukaan di setiap ranting” kata Kak Masykur.


Penaikan bendera kegiatan Jambore Ranting I Binawidya



“di tahun 2021 telah melaksanakan 3 kegiatan, yang pertama, Gladian Pimpinan Satuan, kemudian Kursus Orientasi dan Pramuka Peduli” jelasnya.


“di tahun kedua yang kita laksanakan adalah Pesta Siaga dan Jambore, yang kita laksanakan merupakan program selama masa kepengurusan kami dan teman-teman lainnya tentunya di Kwarcab Kota Pekanbaru” tambahnya.


Lebih lanjut, Masykur berharap dan meminta kepada seluruh Kamabiran se-Kota Pekanbaru dan terkhusus kepada Ketua Mabiran Binawidya untuk kembali menganggarkan, merencanakan, memprogramkan pelaksanaan kegiatan kepramukaan di setiap ranting di setiap kecamatan untuk tahun 2023.


Laporan Ketua Panitia Pelaksana Jambore Ranting I Binawidya Kak M. Ihsanul Zikri



“kami sudah menyusun beberapa alternatif kegiatan yang bisa dilaksanakan, ada beberapa kegiatan yang kita laksanakan di tahun 2023, kegiatan Lomba Tingkat (LT) dan Kursus Orientasi bagi Kakak-kakak Majelis Pembimbing yang ada di setiap Kelurahan” ujarnya.


“pada prinsipnya kami mempersilahkan kepada Kwartir Ranting untuk menyusun sendiri kegiatan apa sekiranya yang akan dilaksanakan di tahun 2023” pintanya.


“intinya, kami ingin anggaran kepramukaan di setiap Kecamatan, berlanjut di tahun-tahun mendatang tentunya” tegasnya.


Pemasangan tanda peserta Jambore Ranting Binawidya oleh Ketua Kwarcab kepada perwakilan peserta



“dan pada tahun ini pelaksanaan Jambore Cabang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Sialang Rampai tanggal 29 September – 2 Oktober 2022”.


“silahkan Kakak-kakak dan adik-adik yang ada di Kecamatan Binawidya, persiapkan diri dan persiapkan segala sesuatunya untuk mengikuti Jambore Cabang yang kita laksanakan di akhir bulan ini”.


“saya mengucapkan selamat mengikuti Jambore Ranting, kalian patut berbangga, tidak semua anak-anak seusia kalian, apapun yang ditemui dalam pendidikan kepramukaan pasti akan sangat berharga, akan ada manfaatnya untuk masa depan kalian kelak nantinya” ucapnya.


Pelepasan balon pada pembukaan Jambore Ranting I Binawidya Tahun 2022



“tidak semua anak-anak Indonesia, tidak semua dari teman-teman kalian mendapatkan pendidikan kepramukaan” ungkapnya.


“untuk itu, patut disyukuri dan jadikan sebagai pengalaman hidup dan itu berguna bagi masa depan kalian kelak nantinya” pintanya.


Selain itu, beliau menjelaskan bahwa Kwarcab terus berupaya melakukan terobosan-terobosan dalam melakukan pembinaan kegiatan kepramukaan di setiap satuan tentunya.





“yang pertama tahun 2022 ini kita juga melaksanakan kegiatan di Ranting, kita juga melaksanakan kegiatan lainnya, diantaranya kegiatan Saka. Ada tiga Saka yang diprioritaskan yang dibina yakni Saka Dirgantara, Saka Wira Kartika dan Saka Bhayangkara” katanya.


“kepada adik-adik yang berminat mengikuti kesakaan bisa menghubungi Pembinanya” tambahnya.

“Selamat bergembira dan ikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya sesuai arahan dari Kakak-kakak Pembina” ucap Kak Masykur.    


Sementara Ketua Panitia Penyelenggara Kak M. Ihsanul Zikri dalam laporannya menyampaikan Jambore adalah salah satu kegiatan rekreasi dan edukasi kepada anggota Pramuka Penggalang yang dilaksanakan di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar sebagai sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang memprioritaskan program pada kegiatan persaudaraan demi persatuan dan kerukunan serta kesatuan.





“Jambore Ranting I Kwarran Binawidya Tahun 2022 dilaksanakan pada hari Jum’at s.d Minggu tanggal 2-4 September 2022 bertempat di Bumi Perkemahan Pramuka Universitas Riau” kata Kak Zikri.


“Kegiatan diikuti oleh Pramuka Penggalang utusan Gugusdepan yang berpangkalan di SD/MI, SMP/MTs Negeri dan Swasta se-Kecamatan Binawidya yang berjumlah 1 regu putera dan 1 regu puteri dimana setiap Regu berjumlah 8 orang serta didampingi 1 orang Pembina Pendamping Putra dan 1 orang Pembina Pendamping Putri” tambahnya.


“dengan rincian peserta dan pembina pendamping, MTs Darel Hikmah 36 orang, SMP Negeri 20 sebanyak 36 orang, SMP Al Ulum 22 orang, SMP Negeri 23 sebanyak 18 orang, SDIT Darel Hikmah 19 orang, SD Negeri 192 sebanyak 9 orang dan SD Negeri 187 sebanyak 18 orang” jelasnya.


“total keseluruhan berjumlah 158 orang” tambahnya.





Lebih lanjut ia menjelaskan kegiatan Jambore Ranting I Kwarran Binawidya Tahun 2022 yakni Upacara Pembukaan dan Penutupan, Pentas seni, Lomba Pionering, Lomba Yel-yel, Lomba Hiking, Keterampilan Kepramukaan (Semaphore, Morse, Tali Temali, Pemetaan, Menaksir, Kompas), materi media sosial dan fungsinya, materi memasak, permainan rakyat, api unggun dan kegiatan rutin.


Pembukaan Jambore ditandai dengan pengibaran bendera kegiatan, pemasangan tanda peserta dan pelepasan balon.


Hadir pada pembukaan Upacara Pembukaan, Wakil Ketua Kwarcab bidang pembinaan anggota muda Kak Jacky Nurwandy, Camat Binawidya Kak Edi Suherman, Danramil 06/Sukajadi Tampan, Lurah Tobek Godang Kak Yasir Arafat, Lurah Binawidya Kak Syamsurizal, Ketua Kwarran Binawidya Kak Irwan Yuliadi beserta Pengurus, para Kepala SD se-Kecamatan Binawidya dan undangan lainnya.   

 

Penulis : Kak Irwan Yuliadi



Tidak ada komentar

Posting Komentar