Buka Pesta Siaga I Kwarran Binawidya, ini pesan dan harapan Camat Binawidya

Tidak ada komentar
Camat Binawidya Kak Edi Suherman memasang tanda peserta sebagai tanda dibukanya Pesta Siaga I Kwarran Binawidya Tahun 2022



Kwardariau.or.id, Pekanbaru – Camat Binawidya selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Gerakan Pramuka Binawidya Kak Edi Suherman membuka secara resmi Pesta Siaga yang ke-I se-Kecamatan Binawidya pada Kamis, 1/9/2022 bertempat di SD Negeri 176 Pekanbaru.


Kak Edi Suherman saat membuka Pesta Siaga mengatakan Pesta Siaga dalam Gerakan Pramuka merupakan alat pendidikan untuk membentuk watak dan kepribadian seorang anggota pramuka yang dikemas secara menarik, menyenangkan, menantang serta kreatif.


“saya berpesan kepada ananda siaga semua, selamat mengikuti kegiatan, ikutilah kegiatan dengan riang gembira, cari temanmu sebanyak-banyaknya dari sekolah yang berbeda dan jadikan kegiatan ini sebagai bekal di masa depan” kata Kak Edi.


“saya berharap ananda semua nantinya menjadi orang-orang yang hebat dan sukses di negeri ini tentunya salahsatu untuk mewujudkannya menempa diri melalui kegiatan kepramukaan dan mengikuti latihan pramuka dengan sungguh-sungguh” harapnya.


Lebih lanjut beliau berpesan kepada Pembina di Gugusdepan untuk membina anak-anak melalui pendidikan kepramukaan dengan serius dan penuh tanggungjawab agar terbentuknya karakter anak-anak sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka.


Beliau juga mengajak Kepala Sekolah untuk memberikan dukungan yang terbaik apakah itu moril maupun materil untuk pembinaan kepramukaan di sekolah.


“Bapak/Ibu Kepala Sekolah adalah ujung tombak maju atau tidaknya Pramuka di sekolah, kalau tidak kita siapa lagi, kalau tidak sekarang kapan lagi” kata Kak Edi.


“mari bersama membina generasi bangsa untuk kejayaan bangsa di masa yang akan datang” tambahnya.


“saya selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Binawidya bersama perangkat kecamatan dan kelurahan akan terus memberikan dukungan kepada Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Binawidya sebagai bentuk komitmen kami dalam menjalankan tugas sebagai Majelis Pembimbing dan memajukan Gerakan Pramuka di Kecamatan Binawidya” ujarnya.


“saya ucapkan terimakasih kepada Kwartir Ranting, Kepala Sekolah yang telah mengirimkan pesertanya pada kegiatan ini dan pihak-pihak lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu guna terselenggaranya kegiatan ini dengan baik, sukses dan lancar” tambahnya.


Sementara Ketua Panitia Penyelenggara Pesta Siaga yang diwakili oleh Sekretaris Panitia, Ahmad Sopian melaporkan Pesta Siaga I Kwarran Binawidya Tahun 2022 dilaksanakan selama satu hari yakni Kamis tanggal 1 September 2022 bertempat di SD Negeri 176 Pekanbaru.


Kegiatan diikuti oleh Pramuka Siaga utusan Gugusdepan yang berpangkalan di SD/MI Negeri dan Swasta se-Kecamatan Binawidya yang berjumlah 1 barung putera dan 1 barung puteri dimana setiap barung berjumlah 6 orang serta didampingi 1 orang Pembina Pendamping Putra dan 1 orang Pembina Pendamping Putri.


“adapun daftar sekolah yang mengikuti SD Negeri 176, SD Negeri 187, SD Negeri 192, SDIT Bintang Cendekia, SD Al Ulum, SDIT Darul Hikmah, SD Heaven Kids dan SD Humairah” kata Kak Sopian.


“Jumlah peserta keseluruhan berjumlah : 8 barung putra dan 8 barung putri =  96 orang Pramuka Siaga + Pembina Pendamping 16 orang. Total 112 orang” jelasnya.


“Kegiatan Pesta Siaga Kwarran Binawidya Tahun 2022 terdiri dari Lomba hafalan Juz Amma, Lomba Baris berbaris, Lomba Tali Temali, Lomba Berbusana Rapi dan Benar, Lomba Menggambar, Lomba Puisi, Lomba Hasta Karya dan Permainan” tambahnya.


Lebih lanjut Kak Ahmad Sopian melaporkan Pesta Siaga I Kwarran Binawidya Tahun 2022 akan memperebutkan Piala Bergilir Kwarran Binawidya yang terbagi dalam dua kategori yakni Juara Umum Putra dan Juara Umum Putri dengan harapan kegiatan Pesta Siaga ini dapat terselenggara setiap tahunnya. 


Selain itu pada setiap masing-masing lomba akan diberikan Piala Tetap untuk Juara I, II, III baik putra maupun putri dan khusus permainan diberikan hadiah hiburan untuk Juara I, II, III baik putra maupun putri. Peserta diberikan tanda peserta, Piagam Penghargaan dan tanda ikut serta kegiatan (Tiska) sedangkan Pembina Pendamping diberikan tanda Bindam dan Piagam Penghargaan.


Hadir saat pembukaan kegiatan, Ketua Harian Mabiran Kak M. Kasir, Lurah Binawidya Kak Syamsurizal, Lurah Tobek Godang Kak Yasir Arafat, Kasi Kesiswaan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ketua Kwarran Binawidya Kak Irwan Yuliadi beserta Pengurus, Ketua K3S Kecamatan Binawidya Kak Raja Seatinis, Ketua Kwarran Marpoyan Damai Kak Agus Rahman, Ketua Kwarran Pekanbaru Kota Kak M. Khairi, Sekretaris Kwarran Tuah Madani Kak Febri Andi, Kepala SD Negeri 192, Kepala SD Heaven Kids, dan undangan lainnya. 

 

Penulis : Kak Irwan Yuliadi


 








Tidak ada komentar

Posting Komentar