Lantik Mabicab Gerakan Pramuka Kuantan Singingi, Ketua Kwarda Riau ingatkan peran dan fungsi Mabi

Tidak ada komentar
Ketua Kwarda Riau Kak Kasiarudin melantik Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kuantan Singingi masa bakti 2021-2026 di pendopo rumah dinas Bupati, Senin, 3/10/2022 malam




Kwardariau.or.id, Teluk Kuantan – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau Kak Kasiarudin melantik Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kuantan Singingi masa bakti 2021-2026 bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati pada Senin, 3/10/2022.


Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Riau nomor 47 tahun 2022 tanggal 15 Juli 2022 tentang Mabicab Kuantan Singingi masa bakti 2021-2026. Pelantikan ditandai dengan tanya jawab pelantikan, pengucapan tri satya, pemasangan tanda jabatan, pembacaan dan penandatanganan ikrar dan berita acara pelantikan.


Selain melantik Mabicab, Ka Kwarda menyaksikan pelantikan Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) dan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gerakan Pramuka Kuantan Singingi masa bakti 2022-2027 oleh Plt. Bupati Kuantan Singingi Kak H. Suhardiman Amby selaku Ketua Mabicab. 


Ketua Kwarda Kak Kasiarudin melantik Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kuantan Singingi masa bakti 2021-2026 di pendopo rumah dinas Bupati, Senin, 3/10/2022 malam



Pada sambutannya, ia mengucapkan selamat kepada Pengurus Mabicab, Kwarcab dan LPK yang sudah dilantik dan dikukuhkan. 


Lebih lanjut, mantan Penjabat Bupati Indragiri Hulu ini mengingatkan peran dan fungsi Majelis Pembimbing (Mabi) Gerakan Pramuka.


“peran dan fungsi Majelis Pembimbing sangatlah penting seperti yang telah diatur bahwa Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka adalah suatu badan yang memberikan bimbingan, bantuan moril, organisatoris, material dan finansial kepada Kwartir baik di Nasional, Daerah, Cabang, Ranting dan Gugusdepan” kata Kak Ilal sapaan akrab beliau.


Pembacaan Ikrar oleh Bupati Kuantan Singingi selaku Ketua Mabicab



“Mabi dalam melaksanakan fungsinya, wajib melaksanakan koordinasi secara periodik dengan jajaran masing-masing” tambahnya.


Selain itu, ia mengharapkan bahwa Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran), Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) dan Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka (Mabisaka) dapat berperan mengembangkan Gerakan Pramuka di daerah dan satuan masing-masing sehingga tugas pokok Gerakan Pramuka dapat dijalankan dengan baik.


Oleh karenanya, Ketua Kwarda menitipkan pesan kepada Plt. Bupati selaku Ketua Mabicab.





“kepada Bapak Bupati selaku Ketua Mabicab Kuantan Singingi, saya titipkan harapan untuk terus membantu Kwarcab Kuantan Singingi, sehingga proses kegiatan pendidikan kepramukaan di Kuantan Singingi dapat terus berjalan dengan baik” katanya.


“sehingga anak-anak, kaum muda harapan bangsa ini dapat mandiri dan berakhlak, serta mempunyai jiwa dan karakter serta semangat yang tinggi dalam meraih cita-citanya” tambahnya.    

 

Menutup sambutannya, Ka Kwarda menyampaikan dalam melaksanakan pembinaan dan pengembangan kepramukaan di Kuantan Singingi agar terus melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Majelis Pembimbing setiap saat.



Sementara Plt. Bupati Kuantan Singingi Kak Suhardiman Amby mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya acara pelantikan.


“terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya acara ini, terkhusus terima kasih kepada Kakak H.Kasiarudin, SH, Ketua Kwartir Daerah Riau beserta jajaran atas prosesi pelantikan pada hari ini” katanya.


Ia juga menyampaikan komitmen Pemerintah Daerah untuk terus membantu Gerakan Pramuka di Kabupaten Kuantan Singingi.


“Pemerintah Daerah berkomitmen penuh untuk mendukung Gerakan Pramuka dan siap memberikan dukungan moril dan materil untuk pengembangan Gerakan Pramuka secara penuh” katanya.

“kami Pemerintah Daerah pastinya siap dan selalu mendukung penuh segala kebijakan dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka” tambahnya.


“sehingga dengan Trisatya dan Dasa Darmanya kami berharap anggota Pramuka bisa menjadi contoh sebagai anggota muda yang bisa berkarya melalui implementasi Gerakan Pramuka dalam kehidupan sehari-hari” harapnya. 


Hadir pada pelantikan, Forkompida Kabupaten Kuantan Singingi, Andalan Kwarda, Ketua Kwarcab Kuantan Singingi Kak Hj. Yulia Herma, S.Pd beserta Pengurus, Pengurus LPK Kuantan Singingi, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, para Kepala Sekolah selaku Ketua Mabigus se-Kecamatan Kuantan Tengah, para Pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) dan undangan lainnya. 


Penulis : Kak Irwan Yuliadi


 













Tidak ada komentar

Posting Komentar