Pengalaman peserta Peransakanas 2022 di kegiatan Subcamp Saka Dirgantara

Tidak ada komentar
Peserta Peransaka Nasional foto bersama setelah mengikuti kegiatan di Subcamp Saka Dirgantara



Kwardariau.or.id, Pangkal Pinang - Kegiatan Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Nasional Tahun 2022 yang telah berlangsung sejak Ahad (2/10/2022) di Bumi Perkemahan Depati Amir Desa Balun Ijuk Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah resmi ditutup oleh Ketua Kwarnas diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kak Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar, S.IP.,M.AP pada Sabtu (8/10/2022). Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Riau dalam kegiatan ini mengutus 21 orang Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang mewakili Kontingen Daerah (Konda) Riau, yang merupakan utusan dari tiap Satuan Karya (Saka) dari Kwartir Cabang se-Riau.

Salah satu kegiatan yang menarik di Peran Saka adalah kegiatan Saka Academy yang mana peserta selama 3 hari melakukan kegiatan pendalaman materi tentang Saka masing-masing peserta dengan menginap di Subcamp yang berada di luar Bumi Perkemahan. Seperti misalnya peserta atas nama Kefrinal yang berasal dari Saka Dirgantara utusan Kwarcab Kota Pekanbaru.

Peserta Peransaka Nasional Konda Riau, Kefrinal memperlihatkan Chuck Glider yang telah dibuatnya pada kegiatan Saka Dirgantara



"Selama 3 hari kami bersama seluruh peserta Peran Saka yang berasal dari Saka Dirgantara menginap di GOR Sahabudin Pangkal Pinang. Tidak hanya belajar teori tapi juga langsung melakukan praktek dengan bimbingan Pamong Saka Dirgantara." ucap Kefrinal.

Kegiatan Saka Academy untuk Saka Dirgantara terdiri dari kegiatan Materi Drone, Paralayang, Aeromodelling, Paramotor, Aeromodelling dan Paper Craft. Ditambahkan Kefrinal, selain pemberian materi tentang Saka Dirgantara kegiatan juga diisi dengan pemutaran film bertema Dirgantara seperti Serigala Langit dan Kadet 1947.

Peserta Peransaka Nasional di Subcamp Saka Dirgantara tengah memperlihatkan proses pembuatan Chuck Glider



"Pengalaman mengikuti Peransaka ini sangat berharga sekali bagi saya. Banyak hal baru yang saya dapatkan dan tentunya menambah ilmu yang nanti akan saya sebarkan untuk teman-teman di Saka Dirgantara Cabang Pekanbaru." kata Kefrinal.

Kegiatan Saka Academy di subcamp berakhir pada (6/10/2022) dan seluruh peserta kembali ke Bumi Perkemahan Depati Amir untuk melanjutkan kegiatan Peran Saka Nasional 2022 hingga Ahad.

Penulis dan foto : Kak Deny Rendra 





Tidak ada komentar

Posting Komentar