BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Jelang Perjusami, Danramil 02/Tebing Tinggi Cek Kesiapan Anggota Saka Wira Kartika

 

Serma Agus Waskito Prabowo memberi Materi Wawasan Kebangsaan kepada Anggota Saka Wira Kartika.

Kwardariau.or.id, Selatpanjang - Pejabat Sementara Komandan Rayon Militer (Pjs Danramil) 02/Tebing Tinggi, Kodim 0303/BKLS Lettu Inf. Ucok Doni Samosir meninjau persiapan anggota Saka Wira Kartika di Gugusdepan MAN 1 Kepulauan Meranti, Rabu (15/1/2023). Hal ini dilakukan untuk memastikan kesiapan utusan Koramil 02 Tebing Tinggi dalam mengikuti kegiatan Perjusami Saka Wira Kartika yang dilaksanakan Korem 031 Wira Bima pada 17-19 Februari 2023 di Bumi Perkemahan Kwarda Riau, Rumbai, Pekanbaru.


Lettu Ucok didampingi Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Tebing Tinggi kak Syafrizal, S.Pd, pembina gugusdepan MAN 1 Kepulauan Meranti kak M. Fadir. Selain itu juga hadir Pamong Saka Wira Kartika kak Serma Agus Waskito Prabowo, Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi Sertu Pardin Parami dan Serda Eka Rafis.


Foto bersama usai pengecekan kesiapan kontingen, fhoto dari kiri Serti Pardin Parami (Babinsa), kak Syafrizal (KA Kwarran), Lettu Ucok (PLT.Danramil), M.Fadir (Pembina) dan Serma Agus W Prabowo (Pamong Saka) dan Anggota Saka Wira Kartika 02/ Tebing Tinggi


Menurut Lettu Ucok, kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Gerakan Pramuka dan TNI Angkatan Darat dalam wadah Satuan Karya Wira Kartika. Apalagi pramuka akan menjadi ujung tombak pemimpin masa depan yang andal, mandiri dan bertaqwa sekaligus menjadi motivasi adik-adik dalam ikut serta membangun masyarakat dan bangsanya dimasa yang akan datang.


“Saya sendiri yang akan cek perlengkapan sangga sebelum pemberangkatan” ucap Lettu Ucok. Ia juga membacakan beberapa daftar kelengkapan peserta dengan didampingi anggota Koramil 02/Tebing Tinggi.


Disela peninjauan, Pamong Saka kak Agus Waskito Prabowo, memberikan materi singkat tentang wawasan kebangsaan. Hal ini merupakan bentuk kepedulian terhadap generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan kepemimpinan di masa mendatang.


“Selain materi wawasan kebangsaan, kami sebagai pamong saka,  ingin mengenalkan materi-materi Saka Wira Kartika yaitu materi matra darat. Harapan kami Saka Wira Kartika Kepulauan Meranti akan aktif kembali sebagai wadah untuk membina bibit-bibit pemimpin masa depan, khususnya di Koramil 02/Tebing Tinggi” tutur kak Agus.


Dikatakannya, materi matra darat adalah pengetahuan tentang navigasi darat, pionering, mounteneering dan survival. Sehingga para anggota Saka Wira Kartika memiliki wawasan untuk mengembangkan pengetahuannya. Selain itu juga melatih kepemimpinan, membentuk karakter generasi muda.


“Kemudian harapan kami, skill, keilmuan tentang matra darat ini, adik-adik akan tumbuh kembang dan menjadi pandu-pandu muda pengganti generasi kami. Yang nantinya mendapatkan generasi penerus bangsa yang berkualitas, yang berbobot, yang berkarakter untuk membela Nusa dan Bangsa,” sambungnya.


Pada kesempatan tersebut kak Syafrizal, S.Pd yang juga Waka Binamuda Kwarcab Kepulauan Meranti mengatakan, peserta yang diutus mewakili Kodim 0303/BKLS dari Koramail 02/Tebing Tinggi adalah dua Sangga Pramuka Penegak MAN 1 Kepulauan Meranti.


"Peserta Perjusami Saka Wira Kartika Koramil 02 Tebing Tinggi akan bertolak menuju Kodim 0303/BKLS untuk bergabung dengan Peserta yang lainnya pada Jumat (17/2/2023) sebelum berangkat ke Pekanbaru," ungkapnya.


Penulis : kak Khoirudin

Editor : kak Lukman Prayitno

« PREV
NEXT »