BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Berbagi Ratusan Takjil Hingga Sahur Bersama, Ini Agenda Kegiatan Ramadhan Saka Wira Kartika Kodim 0313/KPR

 



Kwardariau.or.id, Kampar - Saka Wira Kartika Kodim 0313/KPR kembali gelar kegiatan tahunan di bulan suci Ramadhan. Ada yang berbeda dengan kegiatan tahunan ini dari biasanya. Kali ini kegiatan berlangsung selama dua hari, mulai dari Sabtu hingga Minggu, 08-09 April 2023. Bertempat di Makodim 0313/KPR.


Ketua Dewan Saka Wira Kartika Kodim 0313/KPR,  M. Doni Saputra katakan kegiatan kali ini digelar dengan rangkaian agenda, salah satu yang mencolok ialah berbagi ratusan takjil hingga Sahur Bersama.


“Biasanya kita hanya buka bersama dan itu sudah mainstream. Kali ini kita menggelar sahur bersama juga,” ucapnya.

Saka Wira Kartika Kodim 0313/KPR berbagi takjil kepada masyarakat di depan gapura Kodim 0313/KPR


Doni menyampaikan bahwa ide untuk sahur bersama didapat dari hasil rapat Dewan Saka bersama pembina dan pamong saka. Hal itu dikarekan banyak dari anggota yang rumahnya jauh dan akan sangat beresiko untuk pulang malam. Ditambah para anggota kemungkinan tidak melaksanakan shalat tarawih karena sedang diperjalanan.


“Mengapa tidak sekalian sahur aja? Toh malamnya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan ibadah. Karena itulah dewan saka bersama Pembina dan pamong saka sepakat untuk menggelar sahur bersama ini” ujarnya.

Anggota Saka Wira Kartika Kodim 0313/KPR kepada pengendara sepeda motor


Agenda kegiatan dimulai dengan pembagian takjil di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di depan gapura Makodim 0313/KPR menjadi lokasi yang dipilih. Para anggota bersama pamong dan didampingi pembina saka membagikan ratusan takjil kepada masyarakat yang lewat didepan Makodim 0313/KPR.


Kegiatan dilanjutkan dengan buka bersama. Sembari menunggu adzan magrib berkumandang, para anggota terlebih dahulu diberikan arahan. 


Komandan Kodim 0313/KPR diwakili Pembina Saka, Kak Koptu Dedi Hendri menekankan, penting bagi anggota untuk memahami organisasi dan alur instruksi sesuai dengan pertaturan Saka Wira Kartika.

Komanda Kodim diwakili pembina Saka Wira Kartika Kodim 0313/KPR Kak Koptu Dedi Hendri tengah memberi arahan kepada anggota Saka Wira Kartika Kodim 0313/KPR



Kak Dedi juga sampaikan bahwa anggota harus memiliki jiwa untuk mencintai Saka Wira Kartika. Para anggota akan terus dididik dan dibina, tak peduli suka atau tidak semua dilakukan untuk kebaikan anggota. Layaknya keluarga harus saling silaturahmi antar sesama anggota keluarga dan orang tua. 


“Disini rumah kalian. Tanamkan dalam hati masing-masing. Meski telah selesai sekolah, kuliah, bekerja, menikah bahkan telah punya anak sekalipun, kalian tetaplah aggota Saka Wira Kartika Kodim 0313/KPR,” terang Kak Dedi.

Dokumentasi buka bersama anggota Saka Wira Kartika Kodim 0313/KPR di sanggar Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0313/KPR


Usai buka bersama kegiatan dilanjutkan dengan shalat isya berjamaah di Mushalla Kodim 0313/KPR. Lalu penyampaian tausiyah oleh pamong Saka Wira Kartika Kodim 0313/KPR Kak Catur Abiyanto dan dilanjutkan dengan salat tarawih, salat witir, hingga tadarus Alquran. 


“Kegiatan malam ini merupakan implementasi dari dasa darma (poin) pertama” ucap Kak Catur. 


Setelah kegiatan ibadah para anggota melanjutkan kegiatan dengan malam keakraban. 


Pembina putri Saka Wira Kartika Kodim 0313/KPR Kak Putri Rahayu katakan bagian ini salah satu kegiatan krusial bagi para anggota.


“Ini merupakan momen bagi anggota untuk saling berkenalan antara anggota lama dengan yang baru. Karena kesibukan masing-masing sulit bagi anggota untuk berkumpul dan saling saling mengenal satu sama lain. Mengingat kuantitas anggota tiap tahun selalu bertambah,” ucap Kak Putri.


Pukul 04.00 WIB anggota melaksanakan kegiatan sahur bersama. Ini merupakan yang pertama kali dalam Saka Wira Kartika Kodim 0313/KPR. Kegiatan dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah dan penutupan. Pagi menjelang tampak mentari terbit di ufuk timur. Para anggota bersiap-siap dan pulang kerumah masing-masing.


Pewarta: Kak Amanda Wulandari

Editor: Kak Rasid Ahmad

« PREV
NEXT »