BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Pojok Abdimasgana dan LH Terlihat Pada Kegiatan LT IV Kwarda, Berikut Penjelasannya

 

Penampakan Pojok Abdimasgana dan Lingkungan Hidup LT IV Kwarda Riau.

Kwardariau.or.id, Pekanbaru - Pelaksanaan Lomba Tingkat (LT) IV Kwarda Riau telah selesai digelar 10 Mei 2023 hingga 14 Mei 2023 di Bumi Perkemahan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah (Pusdiklatda) Riau, Rumbai Timur, Pekanbaru. 


Pada Pelaksanaan LT IV tersebut terlihat ada sebuah pojok yang menarik perhatian para peserta perkemahan yaitu Pojok Abdimasgana dan Lingkungan Hidup Kwarda Riau yang berada disebelah panggung pentas musik peserta LT IV. 


Terkait adanya pojok tersebut, Koordinator Panitia Bidang Kesehatan LT IV Kwarda Riau, Kak dr Febriandi ketika dikonfirmasi mengatakan, pojok Abdimasgana dan LH ini ada sebagai langkah Kwarda Riau dalam mewujudkan salah satu misi nya yaitu menuju Kwarda Riau yang Ramah Lingkungan. 


"Kita ikut mengambil peran di Kegiatan Lomba Tingkat Pramuka Penggalang IV (LT IV) tahun 2023 dengan membuat pojok Abdimasgana," kata dr Febriandi. 


Pria yang akrab disapa Kak Ebi ini menegaskan bahwa kita di Kwarda sudah mulai menerapkan konsep ramah lingkungan. 


"Didalam kegiatan LT IV yang diselenggarakan di Buper Pusdiklatda, Jalan Pramuka Rumbai Timur, Pekanbaru (10-14 Mei 2023) kita sudah mulai menggunakan Konsep Ramah Lingkungan," terangnya. 


"Pada bagian Pojok Abdimasgana ini disediakan 3 tong sampah yang bertujuan agar para peserta, panitia, bindam, pinkon dan juri dapat membuang sampah nya sesuai dengan kriteria yang ada di tiap-tiap tong sampah tersebut," jelas Kak dr Febriandi yang juga Sekretaris Bidang Abdimasgana dan Lingkungan Hidup Kwarda Riau ini.


Kemudian, masih kata dia, kita bekerjasama dengan panitia untuk tidak menggunakan botol air minum kemasan. 


"Ini kita lakukan dengan cara setiap peserta, bindam, pinkon, panitia dan juri membawa tempat minum masing-masing," ujarnya. 


"Bagi yang kehabisan minum bisa mengisi ulang dengan tempat minum yang dibawa tadi melalui dispenser yang disediakan di beberapa titik oleh panitia selama kegiatan," sambung dr Febriandi. 


Bidang Abdimasgana dan Lingkungan Hidup berharap ke depan di setiap kegiatan akan selalu ada Pojok Abdimasgana. 


"Insyaallah kedepan nya disetiap kegiatan kwarda Riau, akan selalu ada pojok abdimasgana tersebut sesuai dengan hasil Kesepakatan Rapat Paripurna Andalan Daerah bulan maret yang lalu," tuturnya. 


Kak dr Febriandi juga menambahkan nantinya pada setiap kegiatan tingkat Kwartir Daerah kita sudah mulai mengurangi penggunaan air minum kemasan.


"Setiap kegiatan tingkat kwarda kita sudah mulai mengurangi penggunaan air minum kemasan ini dilakukan sebagai upaya kampanye lingkungan mengurangi sampah plastik," tambahnya. 


Pojok Abdimasgana dan Lingkungan Hidup yang terlihat pada kegiatan LT IV Kwarda juga merupakan salah satu bentuk pengamalan Dasa Darma Pramuka yakni Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia.


Penulis: Rasid Ahmad

« PREV
NEXT »