BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

39 Peserta Ikuti KMD Mandiri di Kampar Kiri

Pemimpin Kursus Kak Rasul Pratama menyampaikan materi KMD pada Selasa (1/8/2023) malam. Foto: Kak Lukman Prayitno



Kwardariau.or.id, Lipatkain - Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang digelar secara mandiri oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kampar di Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kampar Kiri, diikuti oleh 39 peserta. Kegiatan KMD golongan penggalang tersebut dilaksanakan di Taman Bendungan, Desa Sei Paku, Kampar Kiri pada 1 sampai 6 Agustus 2023.


Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kampar Kiri, kak Jasri didampingi Andalan Ranting kak Apep Nowelgia mengharapkan para peserta yang mengikuti KMD mandiri bisa mendapatkan bekal untuk membina di gugusdepan masing-masing. Sehingga nantinya peserta didik di gudep bisa mendapatkan ilmu sesuai dengan metode kepramukaan.



"Terlebih lagi kami mengharapkan latihan gugusdepan lebih aktif kembali dengan adanya pembina mahir. Sehingga selalu siap sedia untuk mengikuti kegiatan di kwarran maupun ditingkat kwarcab dan kwarda," harapnya.


Terkait tempat pelaksanaan KMD digelar Taman Bendungan, Sei Paku, Ketua Panitia Palaksana KMD, kak Ridarma, S.Pd mengaku memang sangat tepat. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan seperti ketersediaan air yang cukup ruang kelas hingga pemandangan alam yang menyejukkan mata.


"Tempat ini sangat mendukung untuk pelaksanaan karena dekat dengan air dan lumayan jauh dari keramaian. Selain itu peserta juga bisa berwisata di sela-sela kegiatan dan tentunya kegiatan ini diharapkan bisa membantu perekonomian masyarakat sekitar," tuturnya.


Sementara itu Pemimpin Kursus, kak Rasul Pratama Mulia mengaku kegiatan KMD ini juga merupakan wadah pengembangan para pelatih. Untuk itu ia berharap para pelatih selalu kompak dan berinovasi dalam menyampaikan materi pada peserta kursus.


"Inovasi harus dilakukan agar peserta kursus yang menerima materi tidak merasa bosan ataupun jenuh sesuai dengan metode kepraamukaan," ungkap kak Rasul yang juga merupakan Sekretaris Pusdiklatcab Datuk Tabano Gerakan Pramuka Kampar tersebut.


Selain itu kak Rasul berpesan pada para peserta kursus agar setelah mengikuti KMD bisa lebih mengenal gerakan pramuka sehingga tumbuh rasa cinta yang akhirnya turut mengembangkan kepramukaan di gugusdepan masing-masing.


"Kami juga mengapresiasi panitia pelaksana karena mampu menggelar KMD secara mandiri. Kami harapkan setiap tahunnya bisa menggelar kursus. Apalagi selain golongan penggalang masih ada golongan siaga dan juga penegak. Dengan adanya kursus tentunya bisa melahirkan pembina-pembina yang mahir untuk mengabdi di gudepnya dan memajukan kwarran maupun kwarcab Kampar," papar pria yang juga Andalan Bina Muda Kwartir Daerah Riau tersebut.


Penulis : Kak Lukman Prayitno

« PREV
NEXT »