BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Kwarda Riau selenggarakan Rakor Binamuda se-Daerah Riau

 

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau diwakili Kabid Layanan Kepemudaan kak Helfandi SE MSi memberikan sambutan sekaligus membuka Rakor Binamuda se-Daerah Riau pada Minggu, 17/12/2023 di Hotel Winstar Pekanbaru


kwardariau.or.id, Pekanbaru – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau melalui bidang pembinaan anggota muda menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda) se-Daerah Riau pada tanggal 17-19 Desember 2023 bertempat di hotel Winstar Pekanbaru.

 

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Riau diwakili oleh Kabid Layanan Kepemudaan kak Helfandi SE MSi dalam sambutannya saat membuka Rakor menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kwarda Riau yang telah menyelenggarakan kegiatan Rakor Binamuda.

 


“kami mengucapkan terimakasih kepada Kwarda Riau yang telah menyelenggarakan Rakor ini. Melalui Rakor ini diharapkan dapat mengevaluasi target yang dicapai di tahun 2023 dan target untuk tahun 2024” kata Kak Helfandi.

 

“yang penting tetap bersemangat. Gerakan Pramuka ini luar biasa, membantu tugas pemerintah” tambahnya.

 

Terkait pencapaian Pramuka Garuda, beliau berpesan agar betul-betul disiapkan strategi pencapaiannya.

 

Beliau mengungkapkan kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan oleh Kwarda Riau dapat terlaksana dengan baik dan Kwarda Riau juga memiliki berbagai prestasi di even nasional yakni Lomba Tingkat V Nasional serta mengirimkan peserta pada Jambore Dunia di Korea Selatan.

 

Gerakan Pramuka sebagai garda terdepan dalam pembinaan generasi muda dan menghasilkan generasi yang berkarakter dan mampu menghadapi tantangan zaman.

 


“ikuti kegiatan Rakor dengan baik dan diharapkan dari Rakor ini ada rekomendasi terkait bidang pembinaan anggota muda” pesan kak Helfandi.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Rakor Binamuda se-Daerah Riau kak Rasul Pratama Mulia menyampaikan untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka dijajaran Kwarda Riau, diperlukan sinergi antara bidang-bidang khususnya Bidang BInamuda, yang ada  di Kwartir Daerah dengan Kwartir Cabang se-Daerah Riau dalam bentuk kegiatan Rapat Koordinasi. Hal ini sangat penting dilakukan sebagai upaya mendorong pengelolaan dalam pembinaan Anggota Muda Gerakan Pramuka dan Pembinaan Satuan Komunitas Pramuka se-Daerah Riau.

 


Ia menjelasakan tujuan dilaksanakan Rakor Binamuda adalah pertama, mendapatkan masukan dari narasumber tentang peran Gerakan Pramuka dalam upaya pembinaan anggota muda khususnya dalam pencapaian Pramuka Garuda dan pembinaan Satuan Komunitas Pramuka pada masing-masing Kwartir Cabang, kedua, menyamakan persepsi dan aksi dalam Pembinaan Anggota Muda Gerakan Pramuka untuk Pencapaian Pramuka Garuda dan Pengelolaan Satuan Komunitas Pramuka yang terstruktur, ketiga, menyepakati konsep dalam Pembinaan Anggota Muda Gerakan Pramuka untuk Pencapaian Pramuka Garuda dan Pengelolaan Satuan Komunitas Pramuka di masing-masing Kwartir Cabang dan keempat mendorong pencapaian Pramuka Garuda dan Satuan Komunitas di setiap Kwartir Cabang.

 

Tema Rapat Koordinasi Binamuda Kwarda Riau mengambil tema “Sinergi Binamuda Tingkatkan Capaian Pramuka Garuda Riau Tahun Tahun 2024”.

 

Kak Rasul menambahkan peserta Rapat Koordinasi terdiri dari utusan Kwarda berjumlah 2 (dua) orang merupakan Andalan Binamuda dan utusan Kwarcab berjumlah 1 (satu) orang yang merupakan Wakabinamuda atau Andalan Binamuda. Hadir utusan dari Kwarcab Indragiri Hilir, Kampar, Kota Dumai, Kota Pekanbaru, Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Siak, Pelalawan dan Kepulauan Meranti.

 

Lebih lanjut kak Rasul menambahkan guna mendapatkan informasi tentang Peran Gerakan Pramuka dalam pembinaan anggota muda khususnya dalam pencapaian Pramuka Garuda dan pembinaan Satuan Komunitas Pramuka pada masing-masing Kwartir Cabang, Panitia menghadirkan narasumber yang terdiri dari Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Riau, Sekretaris Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Riau, Wakil Ketua Kwartir Daerah Riau Bidang Pembinaan Anggota Muda dan Andalan Daerah Bidang Binamuda sebagai Fasilitator.

 

Materi pada Rakor Binamuda terdiri dari kebijakan Kwartir Daerah Riau, organisasi dan program kerja, laporan perkembangan pembinaan Pramuka Garuda dan Satuan Komunitas di masing-masing Kwarcab, paparan dan pembahasan SK Kwarnas Gerakan Pramuka nomor : 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda, pembahasan SK Kwarnas Gerakan Pramuka nomor : 177 tahun 2012 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Komunitas Pramuka, kegiatan dan rencana aksi pencapaian Pramuka Garuda dan Satuan Komunitas Pramuka tahun 2024 dan penyusunan rekomendasi dan penandatanganan hasil rakor bidang binamuda se-Daerah Riau tahun 2023.

 

Penulis : kak Irwan Yuliadi

« PREV
NEXT »