BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Mabida Riau laksanakan pembinaan dan pembimbingan kepada Mabicab dan Kwarcab Kuantan Singingi


 

Anggota Mabida Harian Gerakan Pramuka Riau kak Prof Drs H Soewardi MS memberikan arahan pada kegiatan pembinaan dan pembimbingan kepada Mabicab dan Kwarcab Kuantan Singingi di SMA Negeri Pintar Provinsi Riau, Teluk Kuantan, Kamis, 21/12/2023

kwardariau.or.id, Teluk Kuantan - Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau melalui Mabida Harian melaksanakan pembinaan dan pembimbingan kepada Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kuantan Singingi (Kuansing) pada Kamis, 21/12/2023 bertempat di Gugusdepan 01-663 dan 01-664 pangkalan SMA Negeri Pintar Provinsi Riau. Pada kesempatan ini juga dilaksanakan monitoring dan evaluasi oleh Kwarda Riau.

 

Mabida dan rombongan disambut langsung oleh Ketua Kwarcab Kuansing kak Yulia Herma SPd bersama Pengurus dan Kepala SMA Negeri Pintar Provinsi Riau kak Dr Familus SPd MPd.

 


Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota Mabida Gerakan Pramuka Riau kak Prof Drs H Soewardi MS, kak H Amrin Am SH, Kak Irwan Yuliadi SIP MM, Wakil Ketua Kwarda Riau bidang kehumasan dan informatika kak Alfa Frisa Septania, Pengurus Kwarcab Kuantan Singingi, perwakilan Kwarran, perwakilan Mabigus dan undangan lainnya.

 

Ketua Kwarcab Kuantan Singingi kak Hj. Yulia Herma, S. Pd menyampaikan ucapan selamat datang kepada Mabida Harian dan rombongan.

 

"Saya mengucapkan selamat datang kepada kak Prof Soewardi MS beserta rombongan Mabida, Kwarda Riau, mohon arahan dan bimbingannya kepada kami selaku pengurus Kwarcab untuk pengembangan program kegiatan di masa mendatang, " ungkap kak Yulia.

 


Sementara itu, kak Nonie sapaan akrab Waka Humas Kwarda Riau menyampaikan pentingnya peran Kehumasan dan Pusat Informasi sebagai corongnya Gerakan Pramuka.

 

"Humas dan Pusinfo menjadi corong untuk mewartakan apa pun kegiatan kepramukaan kepada masyarakat luas melalui berbagai media sosial yang ada saat ini. Sesuai jargon bahwa setiap Pramuka adalah pewarta, dan setiap Pramuka adalah kantornya berita maka citra positif Pramuka akan tetap melekat di mata masyarakat," ungkap kak Nonie.

 

Kak Soewardi MS mewakili Ketua Harian Mabida Riau dalam paparannya menyampaikan beberapa hal dan mengingatkan kembali tentang tugas pokok Gerakan Pramuka, Mabi, Kwartir, Gudep, Saka dan arahan dalam pembinaan kepada Mabicab dan Kwarcab.

 

Anggota Mabida Harian Gerakan Pramuka Riau kak Prof Drs H Soewardi MS memberikan arahan pada kegiatan pembinaan dan pembimbingan kepada Mabicab dan Kwarcab Kuantan Singingi di SMA Negeri Pintar Provinsi Riau, Teluk Kuantan, Kamis, 21/12/2023

“tugas pokok Gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa yang berkarakter agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik” kata kak Soewardi.

 

“Oleh karenanya diperlukan sinergitas antara Majelis Pembimbing (Mabi) dengan Kwartir baik di tingkat Cabang maupun ranting begitu juga antara Mabi di Gugusdepan dengan Pengurus Gugusdepan dan Saka dengan Pimpinan Saka” tambahnya.

 

Anggota Mabida Harian Gerakan Pramuka Riau kak Prof Drs H Soewardi MS memberikan arahan pada kegiatan pembinaan dan pembimbingan kepada Mabicab dan Kwarcab Kuantan Singingi di SMA Negeri Pintar Provinsi Riau, Teluk Kuantan, Kamis, 21/12/2023

Agar tercapainya tujuan Gerakan Pramuka khususnya di Provinsi Riau, Mabida Gerakan Pramuka Riau memberikan arahan sebagai berikut :

1.   Mabicab agar memberikan bantuan material dan finansial kepada Kwarcab sesuai dengan kemampuan anggaran pemerintah daerah.

2.   Mabi di tingkatannya masing-masing melaksanakan Rapat (Koordinasi, Konsultasi) dengan Kwartir, Gudep atau Saka sekurang-kurangnya 1 x setahun.

3.   Pengurus Kwartir, Gudep dan Saka untuk aktif berkonsultasi dan berkoordinasi dengan Mabi serta memberikan laporan secara tertulis kepada Mabi dan Kwartir di atasnya terkait pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka diwilayahnya.

4.   Satuan Pendidikan Kepramukaan yang terdiri dari Gugus depan dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan diberikan perhatian khusus oleh Kwartir Cabang karena proses pembinaan dan tercapainya tujuan Gerakan Pramuka berasal dari dua satuan pendidikan ini.

5. Badan Kelengkapan Kwartir di Cabang dan Ranting (Dewan Kehormatan, Satuan Pengawas Internal dan Dewan Kerja) difungsikan dengan baik.

6.   Organisasi Pendukung di tingkat Cabang (Saka, Sako, Gugus Darma, Puslitbang, Pusat Informasi dan Badan Usaha) dibentuk dan difungsikan dengan baik.

7.   Kwarcab agar melaksanakan Akreditasi Gugusdepan, Pencapaian Pramuka Garuda, Lomba Gudep Ramah Lingkungan, dan kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas anggota Gerakan Pramuka di Gugus depan.

 

Pada kesempatan ini juga, kak Prof Drs Soewardi MS menginformasikan bahwa Gubernur Riau selaku Ketua Mabida telah mengeluarkan surat edaran nomor 428/Mabida/14313 tentang
Gugus depan yang berpangkalan SMA/SMK/MA dan SLB se-Provinsi Riau
dengan harapan Gugus depan yang berpangkalan di satuan pendidikan dapat berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku dan terlaksananya pendidikan kepramukaan dengan baik.

 


Sedangkan kak Irwan Yuliadi menegaskan bahwa kunci keberhasilan pendidikan kepramukaan terletak di Gugusdepan. 

 

"Gugusdepan menjadi kunci awal keberhasilan pendidikan karakter melalui Gerakan Pramuka, maka seyogyanya proses latihan di Gugusdepan lebih ditekankan untuk pencapaian Tanda Kecakapan Umum (TKU) dan Tanda Kecakapan Khusus (TKK), jika TKU dan TKK tidak tercapai artinya proses latihan yang dijalani di Gudep belum berjalan dengan baik." imbuh kak Irwan.

 

Pewarta: kak Ina Pergiyati

Editor : kak Irwan Yuliadi


« PREV
NEXT »