BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

2023 Mendatang Kwarda Riau Mencanangkan Program Pramuka Garuda

Ketua Kwarda Riau Kak Kasiarudin menjadi Narasumber podcast dengan topik Kiprah Pramuka Riau di 2022: dari Musdalub hingga Aksi Bumbung Kemanusiaan yang dipandu oleh Pemimpin Redaksi Tribun Pekanbaru Kak Syarif Dayan di studio podcast Tribun Pekanbaru, 20/12/2022


 

kwardariau.or.id, Pekanbaru - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau pada tahun 2022 telah memperkuat administrasi di Kwartir karena sebagian besar di Kwartir Daerah itu ada Ketua dan Wakil Ketua. Wakil Ketua ini ada bidang organisasi hukum, bidang pembinaan anggota muda, bidang pembinaan anggota dewasa, ada humas dan kelengkapannya dan sebagainya bahkan kita punya pusat pendidikan dan latihan dan kita juga punya pusat informasi (Pusinfo).

 

Hal itu disampaikan Ketua Kwarda Riau, Kak Kasiarudin saat menjadi tamu pada Podcast bersama Pemimpin Redaksi Tribun Pekanbaru, Kak Syarif Dayan, Selasa (20/12/2022) di studio Podcast Tribun Pekanbaru yang berada di Jalan Imam Munandar, Pekanbaru, Riau.

 

"Jadi saya memperkuat itu sebagai misal dalam rangka pemberdayaan personel kita kami membuka melimpahkan wewenang terkait dengan yang dahulunya sudah ada tetapi saya formalkan dengan SK," ujarnya.

 

Ketua Kwarda Riau Kak Kasiarudin menandatangani perjanjian kerjasama dengan Tribun Pekanbaru pada Selasa, 20/12/2022 di Tribun Pekanbaru

Lalu, kata Kak Kasiarudin, termasuk pendanaan dan di Kwartir Daerah ini kita memang dibantu sepenuhnya oleh APBD Provinsi dinaungi oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga yang kita sebut dengan belanja hibah.

 

"Jadi kegiatan masing-masing bidang tadi itu kita limpahkan kepada Wakil Ketua dan itu kita SK kan dan kami juga menyusun pedoman belanja Hibah," ungkapnya.

 

"Sesuai dengan aturan pemerintah," tambahnya.


 

Mengenai target pada 2023 nanti, Kak Kasiarudin menyampaikan kita belum ada yang spesifik tetapi pada 2023 kita akan mencanangkan adanya Pramuka Garuda. Kami akan fokus terkait hal itu. Pramuka Garuda itu peringkat sebetulnya mencapai tahap tertinggi mulai dari siaga, penggalang, penegak dan pandega.

 

"Jadi di Pramuka makanya saya bilang tadi bahwa pramuka itu adalah pendidikan informal yang diatur pemerintah sejak tahun 1961 melalui Keppres 238 lalu diperkuat oleh pemerintah lagi dengan Undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka artinya negara kita mengakui bahwa Pramuka mempunyai metode, kurikulum, pelatih berlisensi yang dapat dipertanggungjawabkan di bidang pendidikan karakter," pungkasnya.

 

Usai kegiatan podcast tersebut Kwarda Riau menandatangani kerjasama MoU dengan Tribun Pekanbaru dan ditutup dengan foto bersama.

 


Hadir pada kegiatan tersebut Ketua Kwarda Riau Kak Kasiarudin, Pemimpin Perusahaan Tribun Pekanbaru Kak Purnomo, Sekretaris Pusat Informasi Kwarda Riau Kak Irwan Yuliadi, Marketing Tribun Nandar, Anggota Pusinfo Kwarda Riau, Annisa Rahmaddini, Rasid Ahmad dan Amanda Wulandari.

 

Penulis : Rasid Ahmad (Pusat Informasi Kwarda Riau)





« PREV
NEXT »