BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Audiensi dengan Kwarda Riau, Rektor UIR Sambut Baik PMB Jalur Pramuka Berprestasi

 

Ketua Kwarda Riau Kak H Kasiarudin SH dan rombongan melaksanakan audiensi dengan Pimpinan Universitas Islam Riau di lantai 2 gedung Rektorat UIR, Jum'at, 17/2/2023

Kwardariau.or.id, Pekanbaru – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Riau kak H Kasiarudin SH dan rombongan mengunjungi Kampus Universitas Islam Riau (UIR) pada Jumat (17/2/2013) siang. Kunjungan dalam rangka audiensi tersebut disambut Rektor UIR yang diwakili Wakil Rektor I, Dr H Syafhendry M.Si di Gedung Rektorat UIR.


Dalam pertemuan tersebut turut hadir Wakil Rektor III UIR, Dr Admiral SH MH, Kepala Biro Administrasi Umum dan Personalia UIR, Tati Maharani SP MP serta Kabag Humas dan Protokoler UIR Dr Harry Setiawan.


Sementara itu dari Kwarda Riau turut hadir Wakil Ketua Kwarda Riau bidang Kehumasan dan Informatika kak Alfa Frisa Septania, Bendahara Kwarda Riau kak Joko Pujiono, Andalan Kwarda Riau kak M Setiagam, kak Muatin dan kak Dahliyusmanto. Kemudian Sekretaris Pusat Informasi Kwarda Riau kak Irwan Yuliadi, Pengurus Pusinfo Kwarda Riau kak Rasid Ahmad, Staf Kwarda Riau kak Mastomi dan kak Ahmad Syatiri.


Dalam pertemuan tersebut,  Ketua Kwarda Riau kak Kasiarudin mengatakan, sejak terbentuknya Gerakan Pramuka tahun 1961, kiprahnya dalam mendidik generasi muda melalui pendidikan non formal berjalan dengan baik. Potensi peserta didik di Provinsi Riau mulai dari Siaga sampai dengan Pandega berjumlah lebih kurang 465.000 orang.

Rektor UIR diwakili oleh Wakil Rektor I Dr Syafhendry M.Si bersama Wakil Rektor III Dr Admiral SH MH, Kepala Biro Administrasi Umum dan Personalia Tati Maharani SP MP dan Kabag Humas dan Protokoler Dr Harry Setiawan menerima audiensi dari Kwarda Gerakan Pramuka Riau di ruang rapat WR I Lantai 2 Gedung Rektorat UIR


Oleh karena itu, beliau mengajak Pimpinan Perguruan Tinggi di Provinsi Riau, agar anak-anak yang berprestasi di Pramuka bisa masuk ke perguruan tinggi melalui jalur prestasi. Salah satunya adalah Pramuka Garuda.


"Dan ini sudah dilakukan oleh Kwarda Jawa Barat dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Kami tahu masing-masing Universitas di Riau punya aturan dan berharap ada jalur beasiswa Pramuka Berprestasi," tutur kak Kasiaruddin.


Lebih lanjut, dikatakannya untuk pramuka berprestasi yang paling tinggi adalah Pramuka Garuda. Mereka telah memenuhi Syarat Kecakapan Umum (SKU), Syarat Kecakapan Khusus (SKK) dan Syarat Pramuka Garuda. Sehingga mendapatkan Tanda Kecakapan Umum, Tanda Kecakapan Khusus dan Tanda Pramuka Garuda.

Foto bersama setelah audiensi Kwarda Riau dengan Universitas Islam Riau


“Kami juga mencoba melakukan audiensi dengan seluruh Perguruan Tinggi. Baik negeri maupun swasta dan memungkinkan anak-anak kita bisa masuk ke universitas melalui jalur prestasi atau beasiswa” tambahnya.


Sementara Rektor UIR yang diwakili Wakil Rektor I Kak Dr H Syafhendry MSi menyambut baik atas rencana dari Kwarda Gerakan Pramuka Riau tersebut. Menurutnya selama ini ada beberapa jalur untuk bisa berkuliah di UIR, diantaranya melalui jalur umum yakni seleksi berbasis rapor (SBR) dan tes mandiri di masing-masing program studi (prodi) khususnya prodi yang peminatnya banyak.


Selain itu ada jalur khusus yakni melalui jalur prestasi akademik, jalur prestasi minat dan bakat, jalur tahfidz, jalur beasiswa KIP kuliah dan jalur atlet berprestasi.


“Terkait niat dari Kwarda, agar anggota Pramuka bisa kuliah di UIR, saya kira ini sangat potensi. Karena tidak menutup kemungkinan, jika dia kuliah di UIR bisa bisa mengembangkan diri dibidang kepramukaan," kata Dr H Syafhendry MSi.


Untuk itu, ia meminta agar terlebih dahulu dilakukan kerjasama kedua belah pihak. Terkait hal ini, perjanjian atau MoU tersebut terlebih dahulu akan didesain oleh Wakil Rektor III UIR.


“Wakil Rektor III akan mendesain perjanjian kerjasamanya dan langsung ke action. Pola kerjasama dari kami, silahkan dikoreksi, apa yang mau dikerjasamakan, siapa yang akan menghandel action dilapangan. Ini semua untuk kepentingan bangsa dan negara, dan demi kemajuan bangsa tentu tidak ada masalah” tegasnya.


Penulis : Kak Irwan Yuliadi (Humas Kwarda Riau)

Editor : Kak Lukman Prayitno

« PREV
NEXT »