BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Ketua Kwarda Riau Sambut Kepulangan Kontingen LT V: Proses Tidak Akan Menghianati Hasil

Foto bersama setelah penyambutan kontingen LT V Kwarda Riau




Kwardariau.or.id - Pekanbaru – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau Kak Kasiarudin SH menyambut kepulangan Kontingen Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima (LT V), Sabtu (24/6/2023) malam di Gedung VIP Lancang Kuning, Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Dia pun mengapresiasi keberhasilan kontingen Riau mengukir prestasi di agenda lima tahunan tingkat nasional itu. 

 

Turut serta dalam penyambutan itu, Wakabinamuda Kak Jon Haril MPd, Wakabinawasa Kak Mahadar MPd, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak Kak Drs Arfan Usman MPd, Ketua Kwarcab Siak Kak Drs Jamaluddin MSi. 


Diiringi musik kompang, penyambutan kontingen dilakukan dengan pengalungan bunga oleh Ketua Kwarda Riau Kak Kasiarudin dan pemberian bunga oleh Sekda Siak Kak Arfan Usman kepada Pemimpin Kontingen, Pembina Pendamping dilanjutkan kepada Pramuka Penggalang peserta LT V Nasional tahun 2023.

Sambutan Ketua Kwarda Riau Kak Kasiarudin saat menyambut kontingen LT V Kwarda Riau di VIP Room Lancang Kuning Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Sabtu, 24/6/2023 malam


Ketua Kwarda Kak Kasiarudin dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Regu Sakura yang meraih peringkat 3 nasional dan Regu Rajawali peringkat 4 nasional pada LT V Nasional dari 33 Provinsi se-Indonesia.


“Hasil yang baik ditentukan dari proses yang baik. Proses tidak akan menghianati hasil.  Kerja besar hasilnya besar, dan adik-adik sudah membuktikan itu,” kata Kak Ilal sapaan akrabnya.


Dirinya mengaku haru dan bangga atas raihan prestasi yang diukir Kontingen Riau tersebut. Prestasi itu adalah prestasi bersama. “Ini juga dibina oleh Pembina yang hebat dan uniknya peserta LT V Kwarda Riau tahun 2023 baik putra dan putri berasal dari satu kecamatan yakni Tualang, Kabupaten Siak,” ungkapnya.



“Ini adalah hasil dari proses yang dilakukan oleh Pembina selama ini, kemudian Pelatih dan dukungan dari semua pihak baik Kwarda, Kwarcab, Kwarran dan Gugusdepan,” pungkasnya.


Ka Kwarda mengungkapkan proses yang dilalui adik-adik hingga mencapai LT V sangat panjang. Mereka harus menjadi regu berprestasi tinggi di LT I, LT II, LT III dan LT IV. 


Selanjutnya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Riau selaku Ketua Mabida Gerakan Pramuka Riau yang telah memfasilitasi penyambutan kontingen LT V Kwarda Riau.


Beliau bersyukur bisa menyaksikan keberhasilan adik-adik Pramuka Penggalang di LT V dan berpesan untuk berpegang dan merealisasikan satya dan darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari karena Pramuka membangun karakter, akhlak.

Sambutan Bupati Siak diwakili Sekda Kabupaten Siak Kak Arfan Usman saat menyambut kontingen LT V Kwarda Riau di VIP Room Lancang Kuning Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Sabtu, 24/6/2023 malam


“adik-adik sekalian, sekali lagi terimakasih. Adik-adik adalah anak-anak yang hebat. Terimakasih kepada Pembina Pendamping, Pimpinan Kontingen. Syukur Alhamdulillah. Bahagia betul saya, terimakasih betul saya” ucapnya.


Sementara itu, Bupati Siak diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Kak Arfan Usman menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Siak yang tidak bisa hadir langsung menyambut kedatangan peserta LT V Kwarda Riau karena pada saat bersamaan beliau ada acara tahlilan 7 hari atas meninggalnya ayahanda beliau dan beliau menitipkan salam kepada peserta LT V.


Selanjutnya beliau menyampaikan pesan dari Bupati Siak. “Saya sangat bangga dengan prestasi yang diraih dan melalui kami beliau menyampaikan ucapan selamat kepada peserta LT V Kwarda Riau,” kata Kak Arfan Usman.





Dia mengakui bahwa apa yang diraih adalah bukti kerja keras yang dilakukan selama ini di Gugusdepan dan Kwarran. "Usaha tidak akan menghianati hasil dan adik-adik semua sudah membuktikannya,” ungkapnya.


Prestasi ini dikatakannya dipersembahkan kepada Gudep, Kwarran, Kwarcab, Kwarda. "Sekali lagi saya ucapkan selamat, semoga ini menjadi cemeti dan teladan bagi adik-adik Pramuka yang ada di Kabupaten Siak,” pungkasnya.    


Penyambutan secara khusus ini dilakukan dikarenakan kontingen LT V Kwarda Riau tahun 2023 mampu memecahkan rekor prestasi Riau dimana prestasi tertinggi terakhir yang diraih adalah di LT V tahun 2017 meraih peringkat 5 nasional untuk regu putri dan peringkat 6 untuk regu putra. Sebagaimana diketahui, LT V sudah 11 kali diselenggarakan oleh Kwartir Nasional mulai tahun 1966 sampai dengan tahun 2023. 



Kontingen LT V Kwarda Riau tahun 2023, regu putri diwakili oleh Regu Sakura dari Gugusdepan 04-040 pangkalan SMP Negeri 1 Tualang Kwarran Tualang Kwarcab Siak meraih Regu Berprestasi Tinggi Putri (peringkat 3) tingkat Nasional dimana peringkat 1 diraih oleh Kalimantan Timur dan peringkat kedua dari Bali. Regu putri juga meraih Regu Berprestasi Tinggi (peringkat 1) regional I (Sumatera) disusul oleh Regu Berprestasi Baik (peringkat 2) dari Sumatera Barat dan Regu Berprestasi Cukup (peringkat 3) dari Lampung.


Kemudian regu putra diwakili oleh Regu Rajawali dari Gugusdepan 04-043 pangkalan SMP Negeri 3 Tualang Kwarran Tualang Kwarcab Siak dan meraih Regu Berprestasi Cukup (peringkat 3) regional I (Sumatera) sedangkan Regu Berprestasi Tinggi (peringkat 1) diraih oleh Lampung dan Regu Berprestasi Baik (peringkat 2) diraih oleh Jambi.   


Susunan kontingen Riau pada LT V Nasional adalah Pemimpin Kontingen Putra Kak Lukman Hakem SPd, Pemimpin Kontingen Putri Kak Linda Usmayati SH, Staf Kontingen Kak Herry Syahrial, Pembina Pendamping Putra Kak Ferdy Fardian, Pembina Pendamping Putri Kak Irdawita SPd, regu putra (Rajawali) Ghalib Safari Desmon, Habib Nino Azis, Farel Foniza, Rendy Ramdhani, Gian Perdana, Khalfi Azmi Syadri, Ibnu Fajar, Syahrul Rizki. 


Sementara itu regu putri (Sakura) digawangi Nazua Sri Mulya, Annisa Fauziyah, Oktaria Rahayu, Indah Latifah, Isnaini Tamimah Siregar, Suci Melandri, Nikeisha Michaela Queena Rhea dan Keisha Putri.


Hadir saat penyambutan kontingen perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau Kak Sudirman, Wakabinamuda Kwarda Kak Jon Haril MPd, Wabinawasa Kwarda Kak Mahadar MPd, Ketua Kwarcab Siak Kak Drs Jamaluddin MSi, Wakabinamuda Kwarcab Siak Kak Supriyadi SPd, Wakaabdimasgana dan LH Kwarcab Siak Kak Jon Efendi MSi, Sekretaris Kwarcab Siak Kak Kadri MPd, Ketua Kwarran Tualang Kak Zahroni MPd, Kepala SMP N 1 Tualang Kak Nur Jamliah MPd, Kepala SMP N 3 Tualang Kak Surtini SSi MPd dan undangan lainnya.


Penulis : Kak Irwan Yuliadi 

Editor : Kak Sri Lestari




« PREV
NEXT »