BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Persiapan Lomba Gudep Ramah Lingkungan Daerah Riau Sudah 75 Persen

 

Rapat Panitia Lomba Gudep Ramah Lingkungan 2023 yang dipimpin oleh Ketua Panitia Kak Ismed Aununi dan dihadiri langsung oleh Waka Kwarda bidang Abdimasgana dan Lingkungan Hidup Kak Ario Wibowo di Aula Pertemuan Kwarda, Senin 17 Juli 2023.

kwardariau.or.id - Pekanbaru - Panitia Lomba Gugus Depan (Gudep) Ramah Lingkungan Daerah Riau 2023 mengadakan rapat persiapan pelaksanaan Kegiatan Lomba Gudep Ramah Lingkungan Daerah Riau di Aula Kwarda Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Senin (17/7/2023). Hingga saat ini persiapan sudah mencapai 75 persen. 


Ketua Panitia Kegiatan, Kak Ismed Ainuni mengatakan rapat ini bertujuan untuk mempersiapkan pelaksanaan penilaian dan verifikasi kepada 9 Gudep utusan Kwarcab yang ikut serta pada pelaksanaan Lomba Gudep Ramah Lingkungan yang dimulai akhir Juli hingga Agustus 2023 mendatang.



"Dari hasil rapat kita tadi ada beberapa poin yang kita hasilkan yang pertama sesuai dengan time schedule kita akan melakukan verifikasi ke Gugus Depan Gugus Depan dimulai 28 Juli besok," kata Kak Ismed.


Dijelaskan, proses penilaian akan dimulai dari Indragiri Hulu, 28 Juli, Indragiri Hilir 29 Juli. Nanti 1 tim untuk melaksanakan verifikasi ke seluruh 9 Gudep yang ada di 9 Kwarcab.


Dijelaskan, persiapan kegiatan Lomba Gugus Depan Ramah Lingkungan Daerah Riau sudah 75 persen. "Persiapan yang kita lakukan itu sudah 75 persen. Kita hanya menunggu penilaian secara mandiri yang dikirimkan oleh Gugus Depan. Berdasarkan penilaian mandiri itulah nanti kita akan melakukan verifikasi ke Gugus Depan. Untuk nilai mandiri itu kita terima paling lambat 22 Juli dan kemudian kita godok dan kita lihat," jelas Kak Ismed. 


"Itulah dasar kita untuk melakukan verifikasi. Nanti tim turun ke lapangan melakukan verifikasi sesuai dengan penilaian mandiri yang disampaikan ke kita pada tanggal 22 itu," urainya. 


Terkait rencana pelaksanaan Lomba Gudep Ramah Lingkungan ke depan diadakan kwarcab, Kak Ismed menerangkan semestinya dan idealnya memang lomba Gudep Ramah Lingkungan ini dimulai dari tingkat Kwartir Ranting. Kwarda Riau akan mendorong agar kwartir cabang kwartir cabang juga melaksanakan lomba Gudep Ramah Lingkungan ini.


"Sehingga ke depan ketika Kwartir Daerah melaksanakan lomba Gugus Depan Ramah Lingkungan ini, jadi Kwartir Cabang itu sudah punya Gudep yang memenangkan lomba di tingkat Kwarcab yang diutus ke tingkat Kwartir Daerah. Karena idealnya Gugus Depan Ramah Lingkungan ini adalah Gugus Depan yang melaksanakan ramah lingkungan ini kontinyu setiap tahun," terangnya. 


Menurut Kak Ismed, jadi bukan begitu ditunjuk baru melaksanakan persiapan. Jadi memang kegiatannya berkesinambungan di Gugus Depan.


Sementara untuk total juri yang akan melakukan penilaian dan verifikasi, kata Ismed, itu ada 9 orang bersama panitia. "Totalnya ada 15 orang," ujarnya.  


Kak Ismed menyebut yang turun ke lapangan itu ada juri kemudian ada panitia. "Intinya memang bahwa tim verifikasi itu sebagaimana usulan-usulan kwarcab memang kita buat 1 tim saja untuk menghindari kesalahan-kesalahan dan subjektivitas yang kalau misalnya dibagi dalam banyak tim," tutup Kak Ismed. 


Wakil Ketua Bidang Abdimasgana dan Lingkungan Hidup Kwarda Riau Kak Ario Wibowo menambahkan ini merupakan kegiatan kedua kita di tahun 2023. 


"Adapun semangat dari kegiatan lomba Gudep Ramah Lingkungan 2023 se daerah Riau ini adalah kita mendorong agar Gudep sudah mempersiapkan diri ramah lingkungan," kata Kak Ario.  


Kak Ario menyampaikan pemenang lomba Gudep Ramah Lingkungan ini penghargaannya akan diserahkan pada Hari Pramuka ke-62. 


Kak Ario berharap agar ke depan sosialisasi Gudep Ramah Lingkungan ini dilaksanakan di Kwarcab-kwarcab yang ada di Riau. "Semoga kegiatan lomba ini nantinya berjalan dengan lancar," harapnya. 


Penulis : Kak Rasid Ahmad

Editor : Kak Sri Lestari

« PREV
NEXT »