BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

BKKBN Riau Bersama Kwarda Riau Gelar Diskusi Asyik Dak Dik Duk

 

Sambutan Kepala BKKBN Perwakilan Riau kak Dra Mardalena Wati Yulia MSi bersama Ketua Kwarda Riau kak H Kasiarudin SH didampingi Kepala Pokja KSPK kak H Said Masri SH MSi di Aula Kwarda Riau, Senin (21/8/2023).



kwardariau.or.id, - Pekanbaru - Peringati Hari Pramuka ke-62 dan Hari Remaja Tahun 2023 BKKBN Riau bersama Kwarda Gerakan Pramuka Riau menggelar Diskusi Asyik Pendidikan Kependudukan (Dak Dik Duk) dan Fasilitasi serta Pembinaan Satuan Karya (Saka) Kencana Tingkat Provinsi Riau, Senin (21/8/2023).


Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kwarda Riau ini dihadiri Kepala BKKBN Perwakilan Riau, kak Dra Mardalena Wati Yulia MSi, Kepala Pokja KSPK kak H Said Masri SH MSi, Kepala Pokja Pengendalian Penduduk kak Ermayani SE Ak, Penata KKB Ahli Muda kak Fadli Ilhami SKom, Penata KKB kak Toyib Baldi Purba SH, Ketua Kwartir Daerah Riau kak Kasiarudin SH, Wakil Ketua Bidang Binamuda kak Jon Haril SPd MPd. 


Adapun jumlah peserta yang hadir pada diskusi tersebut berjumlah 36 orang yang terdiri dari Andalan Kwartir Daerah Riau, Andalan Kwarcab Pekanbaru, dan staf Kwartir Daerah Riau. 

Pemaparan Ketua Kwarda Riau kak H Kasiarudin SH pada Diskusi Asyik Pendidikan Kependudukan (Dak Dik Duk) dan Fasilitasi serta Pembinaan Satuan Karya (Saka) Kencana Tingkat Provinsi Riau, Senin (21/8/2023).


Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, kak Mardalena Wati Yulia mengatakan Saka Kencana kita ketahui bersama tujuannya bagaimana mewujudkan keluarga sejahtera melalui pembangunan keluarga bersama sesuai dengan siklus kehidupan salah satunya di usia remaja. 


"Pramuka remaja salah satunya peserta didik tentu ini sejalan dengan Satuan Karya Kencana. Karena SAKA Kencana ini bebas dan terbuka untuk anggota Pramuka Penegak dan Pendega untuk bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilannya terkait dengan program bangga kencana," kata kak Mardalena. 


"Salah satunya tadi di remaja adanya krida genre generasi berencana," ujarnya. 

Peserta tampak serius mendengarkan pemaparan dari Narasumber yang disampaikan oleh Kepala Pokja KSPK BKKBN Riau H Said Masri SH MSi pada diskusi asyik Pendidikan Kependudukan Fasilitasi dan pembinaan teknis SAKA Kencana Tingkat Provinsi.


Kepala BKKBN Riau itu berharap nanti anggota pramuka dididik belajar tentang Genre, pendewasaan usia perkawinan dan juga termasuk masalah stunting. "Stunting ini kita bergeraknya pencegahan dari hulu. Tentunya remaja ini tadi sebagai calon pengantin kita bekali dan apa yang harus mereka lakukan dalam rangka pendewasaaan usia perkawinan," katanya. 


Terkait masalah kependudukan, dikatakan kak Mardalena, remaja jumlahnya cukup besar. "Saat ini generasi milineal yang kita kenal dan salah satu pendekatan yang bisa kita lakukan adalah melalui Pramuka Satuan Karya Kencana," ungkap kak Mardalena.



Ia berharap anggota pramuka bisa menjadi wadah untuk penyebarluasan informasi dan edukasi terkait pencegahan stunting dari hulu. Mengingat saat ini remaja dihadapi dengan masalah yang cukup kompleks. "Sehingga bila tidak ditangani dengan baik bisa menimbulkan perilaku menyimpan," pungkasnya. 


Sementara itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Riau, kak Kasiaruddin  menambahkan pihaknya selalu bersedia mendukung program pemerintah terkait kependudukan.


"Termasuk berupaya menyelamatkan anak-anak dan remaja agar tidak terkena stunting ataupun menimbulkan kasus stunting baru," ujarnya.


Wakil Ketua Bidang Binamuda Kwarda Riau, kak Jon Haril menambahkan bahwa Kwarda Riau siap bersama-sama dengan Saka Kencana berbuat yang lebih baik untuk negeri ini dan generasi bangsa.



"Bagaimana nanti tindak lanjut eksekusinya tentu nanti ada pemikiran-pemikiran kita atau pun aksi aksi terlepas itu dari program yang sudah dilaksanakan Saka Kencana," tambah kak Jon Haril. 


Ia menyebut kalau berbicara tentang waktu dan materi ini. Materinya ini sangat bernas sekali. "Kita berharap masih ada pertemuan-pertemuan lain," tutup kak Jon Haril.


Usai pembukaan kegiatan diskusi asyik dilanjutkan dengan pemaparan materi yang dipandu oleh kak Jon Haril selaku moderator diskusi. Ada 3 orang yang menjadi narasumber pada diskusi asyik tersebut yakni Ketua Kwarda Riau kak Kasiarudin memberikan materi tentang Dukungan Kwartir Daerah di Saka Kencana, Kepala Pokja Pengendalian Penduduk kak Ermayani SE Ak memberikan materi tentang Dinamika Kependudukan, Kepala Pokja KSPK kak H Said Masri SH MSi memberikan materi tentang pencegahan stunting dari hulu dan optimalisasi pengasuhan 1000 hari pertama kehidupan (HPK). 


Pewarta: kak Rasid Ahmad 

Editor: kak Sri Lestari 

« PREV
NEXT »