BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Raimuna Nasional XII 2023 usai, ini dia kesan dan pesan peserta

 

Peserta Raimuna Nasional XII kontingen daerah Riau, Karmanis dari Kwarcab Kepulauan Meranti foto bersama dengan peserta dari Papua dan Kalimantan


kwardariau.or.id, Cibubur, Jakarta - Raimuna Nasional (Rainas) XII resmi berakhir pada Minggu, 20/8/2023 malam usai ditutup oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI kak Dito Ariotedjo di lapangan utama Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur.


Even lima tahunan ini selalu ditunggu-tunggu oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega serta memberikan kesan tersendiri bagi yang mengikutinya.


Mirda Indriani, salah seorang peserta Rainas XII dari Kwarcab Kota Pekanbaru menyampaikan kesan dan pesannya.

Pimpinan Kontingen Cabang (Pinkoncab) Rokan Hulu, Lestari foto bersama dengan Pembina Pendamping dari Kwarda saat kunjungan ke tapak perkemahan putri


"Kesan saya bangga berada disini. Banyak hal baru dari belahan dunia lain yang selama ini tidak diketahui saya ketahui disini" kata Mirda.


Ia juga berpesan semoga Rainas lebih baik lagi kedepannya, dan tetap menjadi tempat untuk saling bertemu dan bertukar cerita.


Sementara itu, salah satu Pimpinan Kontingen Cabang (Pinkoncab) dari Rokan Hulu (Rohul), Lestari menyampaikan kisahnya selama mengikuti Rainas XII kepada Humas Konda Riau kak Irwan Yuliadi. 


"Untuk kesehatan peserta Rohul putri secara umum sehat kak, namun ada beberapa peserta yang terserang batuk dan flu akibat cuaca panas. Tapi bisa diatasi dengan persediaan obat yang dibawa, obat bantuan dari dokter kontingen daerah, serta rumah sakit Raimuna kak" kata Lestari.

Mirda Indriani, peserta Raimuna Nasional XII dari Kontingen Daerah Riau, Kwarcab Kota Pekanbaru saat tampil di panggung kegiatan Youth Contingent Talent Raimuna Nasional XII Tahun 2023


"Untuk natura sudah baik kak. Kita mendapatkan bahan bahan pokok yang sangat cukup seperti beras, minyak goreng, makanan kalengan. Selain itu setiap hari masing masing umpi mendapatkan natura berupa daging ayam, sayur sayuran, dan buah buahan. Namun agak sedikit terkendala dalam hal air minum kak. Karena banyak kontingen lainnya yang juga memesan air galon isi ulang, sehingga kita harus cepat agar tidak kehabisan" tambahnya.


Menurutnya secara umum, Rainas sudah baik. Kegiatan yang seru berupa wisata, kampus bangkit, Youth Development Town, Rover Challenge dan kegiatan malam berupa Youth Contingent Talent, jumpa tokoh, dan konser dari artis artis terkenal membuat rasa lelah setelah kegiatan peserta dari pagi hingga sore menjadi hilang.



Tak kalah dengan Mirda dan Lestari, peserta Rainas XII asal Kwarcab Kepulauan Meranti, Karmanis juga menyampaikan kesan dan pesannya selama mengikuti Rainas XII.


Karmanis menyampaikan  banyak hal yang mengajarkan kepadanya sebagai Pramuka Penegak dan Pandega dimana Rainas XII adalah wadah dimana dapat berjumpa Pramuka Penegak dan Pandega dari Sabang sampai Merauke dari miangas sampai pulau Rote seluruh Indonesia berkumpul menjadi satu, bahkan ada Pramuka dari Negara Malaysia, India, Jepang, Timor Leste.


"Kesan yang kami ambil dari Raimuna Nasional XII Cibubur Jakarta adalah mengajarkan kami Pramuka Penegak dan Pandega tentang kebersamaan, bertanggung jawab, kreatif yang berkualitas tinggi, dan lainnya" kata Karmanis.



"Raimuna Nasional XII adalah wadah Pramuka Penegak dan Pandega belajar bermacam bahasa, suku dan budaya. Raimuna Nasional XII adalah Raimuna yang Luar biasa di Tahun 2023, sesuai dengan motto Bangun Generasi Kita (Bangkit)" tambahnya.


Lebih lanjut, Ia berpesan untuk pelaksanaan Rainas selanjutnya agar kepanitian lebih efektif baik dari keamanan dan sebagainya, dan ia menekankan yang paling penting untuk dievaluasi adalah kegiatan menggunakan aplikasi e- Rainas yang berjalan tidak efektif sehingga banyak peserta mengikuti kegiatan tidak sesuai dengan juknis.


Kemudian Ia menambahkan kurangnya pengawasan dari kepanitian terhadap peserta saat mengikuti kegiatan. Selain itu hal yang selalu bermasalah adalah Natura dan konsumsi seperti telatnya pembagian Natura.


Hal lainnya untuk transportasi kegiatan peserta agar kedepannya diterapkan Satuan Terpisah.


"Kami harap untuk kedepannya lebih baik dari tahun ini untuk kesiapannya. Semoga 5 Tahun Kedepannya Raimuna Nasional XIII lebih efektif dan Luar Biasa" harap Karmanis.


Penulis : kak Irwan Yuliadi

« PREV
NEXT »