BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Gudep MTsN 1 Kepulauan Meranti Kerja Bakti di TPA Sampah Desa Gogok

 

Penanaman pohon Pinang di Sepanjang TPA Gogok Oleh Pramuka MTsN 1 Kepulauan Meranti

Kwardariau.or.id, Tebing Tinggi Barat - Gudep MTs Negeri 1 Kepulauan Meranti menggelar kerja bakti dan penanaman pohon pinang di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Desa Gogok, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Jumat (11/8/2023). Kegiatan yang dibuka Kepala MTsN 1, Kak Desisraheti SPd ini sempena peringatan hari Pramuka ke-62. 


Kegiatan turut dihadiri Kabid Lingkungan Hidup Dinas LHK Kabupaten Kepulauan Meranti, Kak Dewi. 

Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 sampai dengan 10.30 diikuti seluruh anggota Pramuka kelas VII sebanyak 225 orang dan Pembina Gudep MTSN 1 Kepulauan Meranti dalam rangka menumbuhkan Dasa Darma Pramuka yang kedua yaitu Cinta Alam dan Kasih sayang sesama manusia.

Penyampaian Materi Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah oleh Kabid Lingkungan Hidup Kab. Kepulauan Merantiq


"Kegiatan ini bertujuan mengenalkan kepada Pramuka MTsN 1 Kepulauan Meranti tentang pentingnya peranan TPA Sampah di Desa Gogok dalam menjaga kebersihan lingkungan khususnya Selatpanjang. Agar peserta didik mendapat gambaran berapa banyak sampah yang dihasilkan dan ditampung di TPS setiap harinya. Juga agar mengetahui manfaat pohon yg ditanam di TPA untuk menambah jumlah oksigen dan mengurangi polusi udara disekitarnya," ujar Ka Desisraheti. 


Kegiatan diawali dengan pelepasan oleh Mabigus Kak Desisraheti selaku Kepala sekolah di Lapangan MTsN 1 dan doa bersama, dilanjutkan membawa peserta dengan Kendaran Satpol PP, peserta mengikuti materi tentang lingkungan hidup peranan TPA Sampah Desa Gogok dalam menjaga kebersihan lingkungan di Kabupaten Kepulauan Meranti Oleh Kabid Lingkungan Hidup Kepulauan Meranti Kak Dewi.

Penyerahan Piagam Penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup kepada Mabigus MTsN 1 Kepulauan Meranti


Kegiatan diakhiri dengan kerja bakti dan penanaman pohon pinang di sepanjang jalan TPA Gogok Tebing Tinggi Barat disertai wawancara dan membuat video kegiatan.


Kak Desisraheti selaku Mabi berharap kegiatan ini dapat membuka mindset peserta didik akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, dan mengetahui pengelolaan sampah yang diangkut oleh mobil kebersihan setiap pagi berakhir di tempat TPA Gogok.


"Pramuka harus menjadi pelopor kebersihan dimasa yang akan datang, menghargai peran petugas kebersihan dan berpikir kreatif memanfaatkan sampai untuk didaur ulang kedepannya" lanjut Kak oci sapaan Kak desisraheti



"Begitu juga mengapa alam sangat membutuhkan pohon dalam jumlah yang banyak untuk menjaga keseimbangan alam, kesegaran dan kebersihan udara, tanah dan air," imbuh Kak oci.


Kabid Lingkungan Hidup Kak Dwi berterima kasih karena Pramuka MTsN 1 menjadi sekolah pertama yang datang ke TPA Gogok. "Kita berharap diikuti oleh sekolah yang lain, agar mengetahui tentang pengolahan sampah selama ini," katanya. 

 

Kak Abdul Hafid, Pembina Gudep MTsN 1 menyampaikan bahwa Siswa sangat antusias, bisa menambah pengetahuan dan pengalaman, apalagi siswa berkesempatan mewawancarai narasumber, mendokumentasikan kegiatan baik dengan foto maupun video.


Pewarta : Kak Khoirudin 

Editor : Kak Sri Lestari 

« PREV
NEXT »