BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Panganan, Tari Daerah dan Kerajinan Khas Riau Diperkenalkan di Rainas XII

 

Petugas anjungan pameran Kontingen Daerah Riau Mhd Rizal Helmi menjelaskan kepada peserta Raimuna Nasional XII tentang panganan khas daerah Riau dan mempersilahkannya untuk dicicipi


kwardariau.or.id, Cibubur, Jakarta - Kontingen Daerah (Konda) Riau menjadi salah satu peserta Beranda Nusantara di ajang kegiatan Raimuna Nasional (Rainas) XII tahun 2023. Kegiatan ini jadi momentum Konda Riau memperkenalkan pandangan, kebudayaan dan keterampilan khas Bumi Lancang Kuning, Riau. 


Beranda Nusantara merupakan etalase budaya yang ditampilkan setiap kontingen Provinsi yang hadir pada Raimuna Nasional XII. Kegiatan ini

berisi seputar kebudayaan, musik, tarian, cerita rakyat, makanan dan minuman daerah serta keunikan masing-masing Provinsi yang dipusatkan di Bumi Perkemahan.


Peserta Raimuna Nasional XII foto bersama dengan petugas anjungan Konda Riau Nuraini


Kegiatan Beranda Nusantara dilaksanakan tanggal 15, 16, 18 dan 19 Agustus 2023 yang dibagi dalam 3 sesi. Sesi 1 pukul 08.30 - 10.10, sesi 2 pukul 10.20 – 11.50

 dan sesi 3 pukul 13.30 – 15.00

WIB.


Petugas beranda  Nusantara dari Konda Riau, Mhd Rizal Helmi bersama Nuraini dan Ricky Andrean ketika dijumpai oleh Humas Konda Riau kak Irwan Yuliadi menjelaskan apa saja yang ditampilkan pada beranda Nusantara.


"Di stand beranda Nusantara, Konda Riau menampilkan makanan khas Riau seperti lempuk durian Bengkalis, keripik ubi ungu, keripik keladi, amplang, kopi liberika, roti jala danlainnya," kata Rizal.

Petugas anjungan Konda Riau Ricky Andrean menjelaskan kepada peserta Raimuna Nasional XII tentang kerajinan khas Riau


"Selain itu, juga ditampilkan kerajinan khas Riau seperti kain songket tenunan Riau, tudung saji, sendal, kipas, miniatur pakaian adat Riau dan lainnya. Peserta Rainas XII juga diajak belajar dasar-dasar tarian Riau," tambah Rizal.


Kak Muhammad Rezza Akmal, instruktur tari mengatakan pelatihan tari diberi pada saat peserta Rainas mengikuti kegiatan Beranda Nusantara.

Petugas anjungan pameran Konda Riau Mhd Rizal Helmi menjelaskan panganan khas Riau kepada peserta Raimuna Nasional XII yang mengunjungi stand


"Pelatihan tari yang diberikan kepada peserta saat mengunjungi stand tadi ialah dasar tarian riau. Peserta belajar ragam ragam tarian yang ada di riau misalnya zapin, lenggang dan joget. Tarian yang dipraktekkan bersama, merupakan zapin pecah 12 dari Pelalawan, peserta diminta menghapus ragam 1 dan 2 dari tarian zapin tersebut," jelas kak Rezza salah satu personil rumah budaya Tengku Mahkota ini.


Setelah mengikuti kegiatan Beranda Nusantara di stand Riau, peserta diberikan souvernir khas Riau dan mengaku senang serta mengetahui tentang kerajinan, kuliner, seni dan budaya Riau.


Penulis : kak Irwan Yuliadi

Peserta Raimuna Nasional XII mencoba mencicipi makanan ringan khas Riau



« PREV
NEXT »