BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Buka KMD bagi Guru SLB se- Provinsi Riau, ini harapan Ka Kwarda Riau

 

Sambutan Ketua Kwarda Kak Kasiarudin SH sekaligus membuka Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) angkatan I pada kegiatan pengembangan karir pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan bidang PKPLK Dinas Pendidikan Provinsi Riau di ballroom hotel Furaya Pekanbaru, Kamis, 21/9/2023 malam


kwardariau.or.id, Pekanbaru - Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau kak Kasiarudin SH membuka secara resmi Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Angkatan I bagi Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Provinsi Riau pada Kamis, 21/9/2023 di ballroom hotel Furaya Pekanbaru.


Kegiatan KMD dilaksanakan oleh bidang pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus (PKPLK) Dinas Pendidikan Provinsi Riau pada kegiatan pengembangan karir pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan khusus. Kegiatan berlangsung mulai tanggal 21 s.d 27 September 2023 bertempat di Hotel Furaya Pekanbaru dan Bumi Perkemahan Pusdiklatda Riau dengan jumlah peserta 48 orang.


Pembukaan kegiatan ditandai dengan penyerahan Tunggul Latihan dari Ketua Kwarda kak Kasiarudin kepada Pemimpin Kursus kak Herry Syahrial dan pemasangan tanda peserta kepada perwakilan peserta.

Ketua Kwarda kak Kasiarudin SH menyerahkan Tunggul Latihan kepada Pemimpin Kursus kak Herry Syahrial


Ketua Kwarda dalam sambutannya menyampaikan sebagai calon tenaga pendidik di Gerakan Pramuka yang akan terjun langsung berhadapan dengan peserta didik, khususnya adik-adik Pramuka berkebutuhan khusus, peserta KMD diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat serta pengetahuan Kepramukaan di sekolah atau pangkalan masing-masing.


Selain itu, Ka Kwarda berharap kepada peserta KMD yang nantinya menjadi Pembina dapat mengembangkan kemampuan peserta didik agar mandiri, berkarya serta mempunyai kreatifitas.


"Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari calon Pembina Pramuka untuk mengembangkan potensinya, guna meningkatkan mutu penyelenggaraan program kegiatan peserta didik yang sesuai dengan aspirasi kaum muda dan perkembangan masyarakat dengan menerapkan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan secara efektif" kata kak Kasiarudin.

Pemasangan tanda peserta KMD oleh Ketua Kwarda kepada perwakilan peserta


"kemudian meningkatkan pembinaan anggota dewasa dalam Kepramukaan khususnya tersedianya Pembina Pramuka yang mahir dan bermotivasi tinggi dalam jumlah memadai agar tercipta kegiatan Kepramukaan yang berkualitas" tambahnya.


"Kami siap membantu Kakak-kakak semua. Kwarda Riau melalui Pusdiklatda Riau memiliki Pelatih-pelatih yang memiliki lisensi dalam melatih" ujar mantan Kepala BPSDM Provinsi Riau ini.


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau diwakili Kabid PKPLK kak Hendra Adi Nugraha SSTP MSi dalam sambutannya menyampaikan pendidikan kepramukaan di sekolah-sekolah berkebutuhan khusus saat ini dirasakan sangat perlu dan masih kekurangan Pembina Pramuka.



Beliau menambahkan secara bertahap Bidang PKPLK berencana akan melaksanakan kegiatan-kegiatan Kepramukaan bagi Gugusdepan yang berpangkalan di Sekolah Luar Biasa sehingga anak-anak yang berkebutuhan khusus merasakan pendidikan kepramukaan.


"Melalui kegiatan ini, saya berharap lahir Pembina-pembina Pramuka mahir sehingga peserta didik kita merasakan manfaat pendidikan kepramukaan" kata kak Hendra.



"Kepada Kwartir Daerah Riau terutama dari Pusdiklatda, saya mengucapkan terimakasih atas bantuan dan kerjasamanya" tambahnya.


Hadir pada acara pembukaan Wakil Ketua Kwarda bidang pembinaan anggota dewasa kak Mahadar SPd MM, Tim Pelatih KMD, Panitia Pelaksana dan Peserta KMD.


Penulis : Irwan Yuliadi 

« PREV
NEXT »